EFEKTIVITAS TEAM BASED LEARNING TERHADAP MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA
Main Article Content
Abstract
Team-Based Learning (TBL) merupakan metode pembelajaran aktif yang terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang perlunya pengembangan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan kerja sama dan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas TBL dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan data yang diperoleh melalui kuesioner yang mencakup lima aspek utama, yaitu motivasi, kerja tim, learning objectives, penerapan pengetahuan, dan fasilitas. Penelitian menunjukkan bahwa aspek learning objectives dan penerapan pengetahuan memperoleh skor tertinggi, masing-masing sebesar 3,16 (0,50) dan 3,17 (0,51), sementara aspek motivasi mencatat skor terendah sebesar 2,95 (0,65). TBL merupakan metode pembelajaran yang efektif, meskipun diperlukan peningkatan pada elemen motivasi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara keseluruhan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain dan tidak sedang dalam proses untuk dimuat dalam majalah lain dalam waktu yang bersamaan. Naskah yang diterbitkan merupakan hak milik penerbit dan tidak akan dikembalikan, sedangkan naskah yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan. Naskah yang masuk akan dinilai oleh mitra bestari. Tim editor mempunyai hak melakukan pengeditan sesuai gaya selingkung untuk naskah yang akan diterbitkan.
References
1. Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar [Internet]. Palangka Raya: UPT Perpustakaan IAIN Palangka Raya; [cited 2024 Dec 3]. Available from: https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=4107&keywords=.
2. Zurinal Z, Sayuti W. Ilmu Pendidikan Pengantar & Dasar-Dasar Pelaksanaan Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta dan UIN Jakarta Press; 2006.
3. Michaelsen LK, Davidson N, Major CH. Team-Based Learning Practices and Principles in Comparison with Cooperative Learning and Problem-Based Learning. J Excell Coll Teach. 2014;25:57–84.
4. Dwirahayu G. Penerapan Team-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi statistik [Internet]. Jakarta: UIN Jakarta; 2018 Apr [cited 2024 Dec 3]. Available from: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45553.
5. Parmelee D, Michaelsen LK, Cook S, Hudes PD. Team-based learning: a practical guide: AMEE guide no. 65. Med Teach. 2012;34(5):e275–87.
6. St. Clair K, Chihara L. Team-Based Learning in a Statistical Literacy Class. J Stat Educ. 2012;20(1).
7. Setyani FAA. Evaluasi Manajemen Tim Pertandingan DASH Karate Club Taman-Sidoarjo. J Prestasi Olahraga [Internet]. 2013 Jan 31 [cited 2024 Dec 3]. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/1646.