Hubungan Pendekatan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara
Main Article Content
Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil yang didapatkan daripada aktivitas belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah pendekatan belajar. Pendekatan belajar adalah suatu metode, strategi atau cara yang digunakan seseorang dalam proses belajar untuk meraih tujuan pembelajaran. Pendekatan belajar secara umum dibagi menjadi deep approach dan surface approach. Pendekatan deep approach biasanya bagi orang-orang yang tertarik dan berusaha memahami apa yang tengah dipelajari. Pendekatan surface approach lebih cendrung menghafal supaya lulus ujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendekatan belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross- sectional dengan menggunakan kuesioner Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-2F). Data hasil belajar adalah nilai IPK (Indeks Prestasi Komulatif). Sampel penelitian ini adalah 107 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angakatan 2020 . Hasil penelitian didapatkan, sebanyak 94 mahasiswa dengan pendekatan deep approach dan 13 mahasiswa dengan pendekatan surface approach. Hasil uji chi-square didapatkan p value = 0,014 (p<0,05) yang berarti terdapat terdapat hubungan signifikan antara pendekatan belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2020.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain dan tidak sedang dalam proses untuk dimuat dalam majalah lain dalam waktu yang bersamaan. Naskah yang diterbitkan merupakan hak milik penerbit dan tidak akan dikembalikan, sedangkan naskah yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan. Naskah yang masuk akan dinilai oleh mitra bestari. Tim editor mempunyai hak melakukan pengeditan sesuai gaya selingkung untuk naskah yang akan diterbitkan.
References
Wulan ER, Rusdiana A. Evaluasi Pembelajaran [Internet]. Pustaka Setia; 2015. Available from: http://www.mediafire.com/file/5xkaoyjkdzfa2na/BUKU%252520EVALUASI%252520PEMBELAJARAN%25281%2529.pdf/file
Lisiswanti R, Saputra O, Carolia N, Malik MM. Hubungan Pendekatan Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya [Internet]. 2015;2(1):79–84. Available from: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk/article/view/2535
Arini A, Malik R. Hubungan pendekatan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014. Tarumanagara Medical Journal [Internet]. 20191(2):254–8. Available from: https://journal.untar.ac.id/index.php/tmj/article/view/3824
Cevany W, Chairilsyah D. Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2009 [Internet]. Unri.ac.id. Available from: http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2215
Khasanah U, Sulistiyana CS, Permatasari TO, Meidianawaty V. Pendekatan Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam Menghadapi OSOCA (Studi di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung jati Cirebon). Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan [Internet]. 2018;4(1). Available from: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/tumed/article/view/1266
Dolmans DHJM, Loyens SMM, Marcq H, Gijbels D. Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Adv Health Sci Educ Theory Pract [Internet]. 2016;21(5):1087–112. Available from: http://dx.doi.org/10.1007/s10459-015-9645-6
Gurpinar E, Kulac E, Tetik C, Akdogan I, Mamakli S. Do learning approaches of medical students affect their satisfaction with problem-based learning? Adv Physiol Educ [Internet]. 2013;37(1):85–8. Available from: http://dx.doi.org/10.1152/advan.00119.2012
Cebeci S, Dane S, Kaya M, Yigitoglu R. Medical students’ approaches to learning and study skills. Procedia Soc Behav Sci [Internet]. 2013;93:732–6. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.271
Novaldy R, Oktaria D, Warganegara E, Mahasiswa F, Kedokteran U, Kedokteran BP, et al. Hubungan antara Learning Approach dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung [Internet]. Unila.ac.id. Available from: https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/2365
Rantari ZM, Zulharman Z, Asni E. Hubungan Learning Approach Dengan Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Kedua. J Ilmu Kedokt [Internet]. 2019;12(2):128. Available from: http://jik.fk.unri.ac.id/index.php/jik/article/view/133
Osekiz C, Baris C. Approaches to learning and grade point average. Turkey. Journal of College Teaching and Learning. 2016; 13(1):21-28.