Hubungan Pendekatan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Dila Kurnia Rabbiyanti
Rebekah Malik

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang didapatkan daripada aktivitas belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah pendekatan belajar. Pendekatan belajar adalah suatu metode, strategi atau cara yang digunakan seseorang dalam proses belajar untuk meraih tujuan pembelajaran. Pendekatan belajar secara umum dibagi menjadi deep approach dan surface approach. Pendekatan deep approach biasanya bagi orang-orang yang tertarik dan berusaha memahami apa yang tengah dipelajari. Pendekatan surface approach lebih cendrung menghafal supaya lulus ujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendekatan belajar dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross- sectional dengan menggunakan kuesioner Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-2F). Data hasil belajar adalah nilai IPK (Indeks Prestasi Komulatif). Sampel penelitian ini adalah 107 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angakatan 2020 . Hasil penelitian didapatkan, sebanyak 94 mahasiswa dengan pendekatan deep approach dan  13 mahasiswa dengan pendekatan surface approach. Hasil uji chi-square didapatkan p value = 0,014 (p<0,05) yang berarti terdapat terdapat hubungan signifikan antara pendekatan belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2020.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Wulan ER, Rusdiana A. Evaluasi Pembelajaran [Internet]. Pustaka Setia; 2015. Available from: http://www.mediafire.com/file/5xkaoyjkdzfa2na/BUKU%252520EVALUASI%252520PEMBELAJARAN%25281%2529.pdf/file

Lisiswanti R, Saputra O, Carolia N, Malik MM. Hubungan Pendekatan Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya [Internet]. 2015;2(1):79–84. Available from: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk/article/view/2535

Arini A, Malik R. Hubungan pendekatan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014. Tarumanagara Medical Journal [Internet]. 20191(2):254–8. Available from: https://journal.untar.ac.id/index.php/tmj/article/view/3824

Cevany W, Chairilsyah D. Hubungan Learning Approach Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2009 [Internet]. Unri.ac.id. Available from: http://repository.unri.ac.id:80/handle/123456789/2215

Khasanah U, Sulistiyana CS, Permatasari TO, Meidianawaty V. Pendekatan Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam Menghadapi OSOCA (Studi di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung jati Cirebon). Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan [Internet]. 2018;4(1). Available from: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/tumed/article/view/1266

Dolmans DHJM, Loyens SMM, Marcq H, Gijbels D. Deep and surface learning in problem-based learning: a review of the literature. Adv Health Sci Educ Theory Pract [Internet]. 2016;21(5):1087–112. Available from: http://dx.doi.org/10.1007/s10459-015-9645-6

Gurpinar E, Kulac E, Tetik C, Akdogan I, Mamakli S. Do learning approaches of medical students affect their satisfaction with problem-based learning? Adv Physiol Educ [Internet]. 2013;37(1):85–8. Available from: http://dx.doi.org/10.1152/advan.00119.2012

Cebeci S, Dane S, Kaya M, Yigitoglu R. Medical students’ approaches to learning and study skills. Procedia Soc Behav Sci [Internet]. 2013;93:732–6. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.271

Novaldy R, Oktaria D, Warganegara E, Mahasiswa F, Kedokteran U, Kedokteran BP, et al. Hubungan antara Learning Approach dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung [Internet]. Unila.ac.id. Available from: https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/2365

Rantari ZM, Zulharman Z, Asni E. Hubungan Learning Approach Dengan Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Kedua. J Ilmu Kedokt [Internet]. 2019;12(2):128. Available from: http://jik.fk.unri.ac.id/index.php/jik/article/view/133

Osekiz C, Baris C. Approaches to learning and grade point average. Turkey. Journal of College Teaching and Learning. 2016; 13(1):21-28.