Hubungan pendekatan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014

Main Article Content

Anggi Arini
Rebekah Malik

Abstract

Pendekatan belajar adalah suatu strategi yang digunakan individu dalam proses belajar untuk mendapatkan pengetahuan. Pendekatan belajar dapat dikelompokkan menjadi deep learning dan surface learning. Pendekatan belajar dapat memengaruhi prestasi belajar. Pemahaman terhadap pendekatan belajar mahasiswa merupakan hal penting karena berkaitan dengan kualitas pembelajaran yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendekatan belajar dan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014 sebanyak 189 diambil menggunakan metode purposive non-random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-2F). Dari hasil penelitian, jumlah mahasiswa yang menggunakan pendekatan belajar deep learning yang memiliki prestasi belajar yang memuaskan 128 (87,67%). Kemudian mahasiswa yang menggunakan pendekatan belajar deep learning mendapatkan prestasi belajar yang kurang memuaskan sebanyak 15 (34,88 %). Dari hasil uji statistik didapatkan adanya hubungan bermakna antara pendekatan belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2014 (p <0,05).

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Rebekah Malik, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Patologi Klinik

References

Santoso SS. Problem based learning metode belajar berdasarkan masalah di fakultas kedokteran dan kesehatan universitas muhammadiyah jakarta. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 2005;1(2):209-15

Student approaches to learning and studying [Internet]. (cited: 17 oktober 2016). Available from: http://web.cortland.edu/andersmd/learning/Biggs.htm

Dariyo A. Dasar – dasar pedagogi modern. Jakarta: Indeks; 2013

Harsono. Student-centered learning di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia 2008;3(1):4-8. Available from: http://luk.staff.ugm.ac.id/mmp/Harsono/SCLdiPT.pdf

Harsono. Pengantar problem-based learning. Edisi ke-2. 2005. MEDIKA Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Shafira NNA, Jusuf A, Budiningsih S. Hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan strategi pembelajaran mahasiswa program studi pendidikan dokter Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia.2014;3(1): 28-37

Fitriani A, Hamidy MY, Masdar H. Hubungan pendekatan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa tahun kedua fakultas kedokteran universitas riau tahun akademik 2011/2012. Bagian Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Subasinghe SDLP, Wanniachchi DN. Approach to learning and the academic performance of a group of medical students – any correlation? University of Colombo. 2003

Ladan MA, Balarabe F, Sani DK, Musa HA, Salihu AA, Salihu MA. Learning approaches as predictors of academic performance of undergraduate students in Ahmadu Bello Universiy, Zaria. Journal of Nursing and Health Science. 2014; 3(3): 45-50

Wijayanto R, Harsono , Kumara A. Hubungan antara persepsi situasi pembelajaran dengan pendekatan belajar mahasiswa blok muskuloskeletal di fakultas kedokteran universitas pelita harapan. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia.2012;1(3):212-2