EDUKASI MENGELOLA KEINGINAN DAN KEBUTUHAN MELALUI MENABUNG PADA SISWA SDN PANYAWEUYAN

Main Article Content

Azkia Rahmah
Fransisca Iriani Roesmala Dewi
Salsabila
Renshi Yehezkiel

Abstract

ABSTRACT


Saving activities are important to form habits in managing positive finances, it is highly recommended to be taught to children from an early age. The habit of saving for children is not only to save money, but saving also involves the process of learning to manage finances, self-control, and planning for the future. By saving children, they become more responsible and do not have a consumptive nature. The purpose of this activity is to teach 4th grade students of SDN Panyaweuyan about the importance of saving as a form of self-control and being able to distinguish between wants and needs in using their pocket money. This activity was carried out on February 24, 2025 and was attended by 32 students from grade 4 of SDN Panyaweuyan. To determine the success of this activity, the implementation team conducted measurements using a qualitative approach with random interview observation and a quantitative approach with questionnaires. Observations that have been made show that saving at school is not the desire of students, but the initiative of the students' parents. The activity began with a pre-test using the adaptation of the Brief Self-Control Scale (BSCS) measuring tool using a likert scale for 30 minutes. Next, socialization about the difference between wants and needs, followed by the game "Desire vs Need", then continued with a quiz with rewards, and finally making a dream piggy bank. After the series of activities is completed, it will be closed with a post-test to evaluate changes in students' understanding and habits. The results show that the savings program as a form of self-control still does not have a consistent impact on improving self-control scores. Saving programs as a form of self-control need to be carried out in a sustainable manner with a long-term formation strategy.


Keywords: saving, self-control, wants, needs


ABSTRAK


Kegiatan menabung penting untuk membentuk pembiasaan dalam mengelola finansial yang positif, sangat dianjurkan untuk diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Kebiasaan menabung bagi anak tidak hanya untuk menyimpan uang, akan tetapi menabung juga melibatkan proses belajar mengelola keuangan, pengendalian diri, dan perencanaan untuk masa depan. Dengan menabung anak menjadi lebih bertanggung jawab dan tidak memiliki sifat yang konsumtif. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengajarkan siswa kelas 4 SDN Panyaweuyan tentang pentingnya menabung sebagai bentuk pengendalian diri (Self-Control) serta dapat membedakan antara keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) dalam menggunakan uang sakunya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2025 dan diikuti oleh 32 siswa kelas 4 SDN Panyaweuyan. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan ini, tim pelaksana melakukan pengukuran menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan observasi wawancara secara acak dan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner. Observasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa menabung di sekolah bukan keinginan dari siswa, melainkan inisiatif orang tua para siswa. Kegiatan dimulai dengan pre-test menggunakan adaptasi alat ukur Brief Self-Control Scale (BSCS) dengan menggunakan skala likert selama 30 menit. Selanjutnya sosialisasi tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan, diikuti dengan permainan “Keinginan vs Kebutuhan”, lalu dilanjutkan dengan quiz dengan reward, dan yang terakhir membuat celengan impian. Setelah rangkaian kegiatan selesai akan ditutup dengan post-test untuk mengevaluasi perubahan pemahaman dan kebiasaan siswa. Hasil menunjukan bahwa program menabung sebagai bentuk pengendalian diri masih belum memberikan dampak yang konsisten terhadap peningkatan skor pengendalian diri. Program menabung sebagai bentuk pengendalian diri perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan strategi pembentukan dalam jangka panjang.


Kata kunci: menabung, pengendalian diri, keinginan, kebutuhan

Article Details

How to Cite
Rahmah, A., Iriani Roesmala Dewi, F., Salsabila, & Yehezkiel, R. (2025). EDUKASI MENGELOLA KEINGINAN DAN KEBUTUHAN MELALUI MENABUNG PADA SISWA SDN PANYAWEUYAN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(2), 400–408. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i2.34727
Section
Articles

References

Angelina, I., Sutjiono, G. L., Citrawati, I., & Linawati, N. (2024). Pentingnya Media Pembelajaran: Meningkatkan Kualitas Pemahaman Tentang Kebutuhan Dan Keinginan Pada Siswa Taman Kanak - Kanak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(1), 124-135.

Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (n.d.). The Strength Model of Self-Control. Current Directions in Psychological Science, 16(6), 315-355.

Dewi, F. I. R., & Sakuntalawati, L. R. D. (2023). Membangun Karakter dan Keterampilan Sosial Anak Berbasis Tari Tradisional. CV Sintesia.

Diantary, Y. A., Made, N., Wayan, I., Gunawijaya, T., Mpu, S., & Singaraja, K. (2022). Strategi Pengembangan Pengabdian Masyarakat Prodi Teologi Hindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Kariman, 7(2), 265-282.

Igamo, A. M., Azwardi, Effendi, A., Imelda, Apriani, D., & Andaiyani, S. (2021). Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Desa Kota Daro II. Jurnal Pengabdian Aceh, 1(4), 214-218.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing, Global Edition (15th ed.). Pearson Education. ISBN: 978-1-292-34120-0

Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). Self-Control sebagai Moderasi antara Pengetahuan Keuangan, Financial Attitude, dan Uang Saku terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 83-98.

Mischel, W. (2014). The Marshmallow Test: Mastering Self-Control. Little, Brown.

Talli, D. O., Leki, A., Kuroumaan, M., & Mukin, M. U. J. (n.d.). Sosialisasi Gemar Menabung Sejak Dini pada Murid Kelas 1 dan 2 SDK Yaswari Benlutu. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 2023.

Vidia, M. P., & Muslih. (2022). Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak Dini Di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7.

Wahyuti, S., Nasrun, A., & Zannati, S. L. (2023, Maret). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini untuk Bekal Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Gama, 1(1), 16-19. https://jurnal.fekon-uwgm.ac.id/index.php/dharmagama

Wardani, P. D., & Susanti. (2019). Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(2).

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.