PELATIHAN PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL KEPADA GENERASI Z SISWA SMA KEBOMAS GRESIK

Main Article Content

Gilang Gusti Aji
Mutiah
Anam Miftakhul Huda
Ade Firmannandya
Jauhar Wahyuni
Farah Nabila Rahmawati

Abstract

Dalam era ini, Generasi Z dikenal sebagai kelompok yang hidup seiring dengan teknologi, memanfaatkannya secara alami, dan memiliki kecakapan teknologi yang tinggi. Siswa-siswi SMAN 1 Kebomas Gresik, sebagai bagian dari Generasi Z, memiliki potensi besar untuk menjadi digital creator yang kreatif dan berpengaruh di dunia digital. Sebagai generasi yang terhubung erat dengan teknologi. Kemampuan mereka dalam memahami dan memanfaatkan teknologi secara kreatif adalah potensi yang dapat dikembangkan untuk menciptakan konten menarik dan relevan di dunia  digital. Namun disisi lain hadirnya sosial media tidak memberikan kedalaman dalam suatu kefokusan maupun produktivitas yang semakin menyempit dikarenakan segala sesuatu disajikan dengan instan.  Berdasarkan hal tersebut, maka solusi yang ditawarkan adalah dengan membuat workshop bagi siswa siswi kelas 10 dan 11 di SMAN 1 Kebomas Gresik optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik sehingga dapat membekali siswa siswi SMAN 1 Kebomas Gresik untuk menghadapi persaingan dunia digital. Salah satu hasil yang didapatkan dalam pelatihan workshop ini, salah satunya berupa keterampilan  dan produktivitas  dalam pemanfaatan strategi sosial media marketing untuk menjadi digital creator. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini dengan menggunakan metode pemecah  masalah mitra berupa Identifikasi pemahaman dan pengetahuan mitra terhadap teknologi komunikasi, FGD, merancang materi mengenai produksi konten guna optimalisasi produktivitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mitra, sebagai bahan kajian pada saat sosialisasi dan melakukan pendampingan secara berkala agar kedepannya mitra mampu mandiri dalam menjalankan hasil kegiatan ini. Selanjutnya yaitu Monitoring dan Evaluasi yang bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan kendala yang muncul pada saat proses pelaksanaan yang sudah dilakukan.


Article Details

How to Cite
Aji, G. G., Mutiah, Huda, A. M., Firmannandya, A., Wahyuni, J., & Farah Nabila Rahmawati. (2025). PELATIHAN PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL KEPADA GENERASI Z SISWA SMA KEBOMAS GRESIK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(1), 88–94. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i1.32541
Section
Articles

References

Aditiya. R, Rahayu. S, dan Rumangkit. S. 2021. Pelatihan Starup Digital dan Marketing bagi siswa siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Metro

Alfikri, A. 2023.Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan DiEra Society 5.0

Bahri, H. , dkk. 2023. Pelatihan Konten Kreator untuk Meningjatkan Pendapatan GenerasiMilenial di Desa Lancang Garam, Kecamatan

Banda Sakti, Kota Lhokseymawe. Akademia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Bucovetchi, O., Slusariuc, G.C., & Cincalova, S. 2019. Generation Z –Key Factor for Organizational Innovation. Quality-Access to Success. Vol. 20. S3, pp. 25-30.

Daniswara, A. 2022. Peran program Jatim Kerja Millenial Job Center dalam PengembanganKompetensi Kerja Bagi Jawa Timur

Firamadhina. F, dan Krisnani. H. 2021. Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: Tiktok sebagai media Edukasi dan Aktivisme. Jurnal Universitas Padjajaran

Lanier, K. 2018. 5 Things HR Professionals need to know about generation Z: Thought Leaders Share Their Views on the HR Profession and its direction for the Future, Strategic HR Review, Vol 16 No 6, pp. 288-290)

Melita. Y. 2023. Prospek Kerja Content Creator Gen Z di Era 5.0( Studi Parcipatory MediaCulture). Gadiwa

Muhmudah, D. 2020. Upaya Pemberdayaan TIK dan Perlindungan Generasi Z di Era Digital

Nafira. S dan Sari. T.D, 2021. Strategi Pengembangan Kualitas SDM “Generasi Millenial dan Generasi Z” dalam Menghadapi Persaingan Gloal Era 5.0. Prosiding Seminar Manajemen S1 (Vol 1, No 1, pp (22-25)

Nurmulya. F. 2023. Pelatihan Digital marketing dan Persiapan Siwa Siswi SMK Teratai Putih Global 3 untuk Menghadapi Era Persaingan dan Ketidakpastian.

Sulaeman, dkk. 2023. Pelatihan Digital marketing Menggunakan Aplikasi Tiktok pada Siswa SMA Terbuka Desa Mekarjaya Kecamatan Compreng. Jabdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 1 No 2. 2023.

Zis. Sirajut., Effendi N., Roem. E. 2021. Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenialdan Generasi Z di Era Digital

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.