PENGENALAN PAJAK SECARA DINI KEPADA SISWA SMA BHK

Main Article Content

Widyasari
Adeline Kurniawan
Madelyn Agrata

Abstract

ABSTRACT


The importance of tax knowledge in shaping awareness and responsibility as a tax-compliant citizen is crucial. Although tax has been integrated into the curriculum, students' understanding and interest in tax remain limited. This activity aims to increase students' understanding of basic taxation concepts and the importance of tax for national development. This community service will be implemented through a series of interactive learning activities involving teaching-learning processes, group discussions, and direct practice using case studies. This activity is planned to be conducted face-to-face at SMA BHK, using interactive learning media and guide modules to strengthen students' understanding. The expected outcomes from this activity include increased student interest in tax, a better understanding of tax obligations, and a more positive view of the role of tax in society. The success of this activity is expected to help students make more informed decisions about the role of tax and encourage them to become tax-compliant citizens


ABSTRAK


Pengetahuan tentang pajak sangat penting dalam membentuk kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang patuh pajak. Meskipun pajak telah diintegrasikan dalam kurikulum, pemahaman dan minat siswa terhadap pajak masih terbatas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dasar perpajakan dan pentingnya pajak bagi pembangunan negara. Pengabdian pada masyarakat ini akan dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan pembelajaran interaktif yang melibatkan proses mengajar belajar, diskusi kelompok, dan praktik langsung menggunakan studi kasus. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan secara tatap muka di SMA BHK, dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan modul panduan untuk memperkuat pemahaman siswa. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini mencakup peningkatan minat siswa terhadap pajak, pemahaman yang lebih baik tentang kewajiban perpajakan, serta membentuk pandangan yang lebih positif terhadap peran pajak dalam masyarakat. Kesuksesan kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam membuat keputusan yang lebih terinformasi mengenai peran pajak dan mendorong mereka untuk menjadi warga negara yang taat pajak

Article Details

How to Cite
Widyasari, Kurniawan, A., & Agrata, M. (2025). PENGENALAN PAJAK SECARA DINI KEPADA SISWA SMA BHK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3), 704–710. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.31462
Section
Articles

References

Booklet kesadaran Inklusi Pajak 2023.www.pajak.go.id

Hanjarwadi, W. (2022). LSI Sebut 50 Persen Masyarakat Paham Literasi Pajak. Diakses dari

https://www.pajak.com/pajak/lsi-sebut-50-persen-masyarakat-paham-literasi-pajak/#:~:text=Rinciannya%20adalah%2C%20sebanyak%2024%2C5%20persen%20dan%2024%2C3%20persen,persen%20mengaku%20kurang%20paham%20terkait%20manfaat%20uang%20pajak.

Harsono, B., Hendi, Nazara, E. P., Tryany, J., Natalia, S. C., Selvia, & Frederica, V. (2022). Sejak Muda Sadar Pajak – Peran Generasi Milenial Dalam Peningkatan Pengetahuan Untuk Kepatuhan Wajib Pajak Demi Pemulihan Ekonomi. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 499-505.

Kurniati, D. (2021, Agustus 25). Sri Mulyani Jelaskan Pentingnya Generasi Muda Sadar Pajak. Diakses dari https://news.ddtc.co.id/sri-mulyani-jelaskan-pentingnya-generasi-muda-sadar-pajak-32267.

Permata, M. I., & Zahroh, F. (2022). Pengaruh pemahaman perpajakan, tarif pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(12), 5432-5443.

Sari, N. P., Centiviola, R., Alysa, R., Priyanika, S., & Susilo, D. E. (2023). Sosialisasi Kesadaran Pajak Sejak Dini Pada Pendidikan Dasar Di Kecamatan Jogoroto Jombang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (J-PMas), 2(1), 22-27. https://e-journal.unbita.ac.id/home/index.php/J-PMas/article/view/59/70.

Suripto, S., Berutu, J. S., Wulandari, A., Redonoarsi, R. R., Widodo, W., & Ardianto, D. (2024). Sosialisasi Kesadaran Pajak Sejak Dini Pada Siswa Madrasah Aliyah Soebono Mantofani Jombang, Ciputat – Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS, 2(2), 418-426. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i2.618.

Triandani, S., Tasriani, Zuhra, F., Rustam, M.H., & Armiyani. (2023). Pengaruh Edukasi Terhadap Kesadaran Pajak Siswa Smk Al-Izhar Pekanbaru: Tax Goes To School Sebagai Variabel Moderating. The Journal of Taxation : Tax Center , 4(1), 53-68. http://dx.doi.org/10.24014/jot.v4i1.27849

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.