PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA-SISWI SMA BHINNEKA TUNGGAL IKA JAKARTA

Main Article Content

Urbanus Ura Weruin

Abstract

Along with the development of science, technology, and industrialization, the values of life change, including
religious life. Spiritual and religious values are getting eroded. Life is increasingly opportunistic and materialistic.
Hate speech, the spread of radical ideology, extreme religion, are easy to find on social media. As a pluralistic
nation in terms of ethnicity, race, region and religion, Indonesia needs to develop an attitude of inclusiveness,
tolerance, openness, solidarity and cooperation among various religious communities. Religious moderation
education for every segment of society, especially educational institutions, is part of this ef ort. Because besides
aiming to develop intellectual abilities, education is also an ef ort to shape the moral character of students. It is in
this spirit that the PKM for Religious Moderation Education is being carried out with PKM partners for SMA
Bhinneka Tunggal Ika Jakarta. Because the vision and mission of this school also emphasize religious values and
social values such as openness, solidarity, tolerance and inclusiveness. This PKM activity which is carried out
of line uses the 6D learning method (define, discover, dream, design, deliver, debrief) and jointly studies the
meaning of religious moderation, the purpose and relevance of religious moderation education, moderation as the
essence of religion, traditions religious moderation, and moderate attitudes in religion. The students are able to
actively understand, formulate, and apply the values of religious moderation. This PKM succeeded in stimulating
students' moderate religious attitudes because students could formulate what is meant by religious moderation,
moderate religious principles, and could cite examples of moderate attitudes in religion. The students are also
determined to apply these principles in their lives.


ABSTRAK


Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan industrialisasi, nilai-nilai kehidupan berubah, termasuk
kehidupan keagamaan. Nilai-nilai spiritual dan religius semakin tergerus. Hidup semakin oportunis dan
materialistik. Ujaran kebencian, penyebaran ideologi radikal, beragama secara ekstrim, mudah dijumpai di media
sosial. Sebagai bangsa yang majemuk dari segi suku, ras, daerah, dan agama, Indonesia perlu mengembangkan sikap
inklusif, toleran, terbuka, solider, dan kerja sama antar berbagai umat beragama. Pendidikan moderasi beragama
bagi setiap segmen masyarakat terutama lembaga pendidikan merupakan bagian dari upaya tersebut. Karena selain
bertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual, pendidikan juga merupakan upaya untuk membentuk
watak moral peserta didik. Dalam semangat itulah PKM Pendidikan Moderasi Beragama ini dilakukan bersama
mitra PKM SMA Bhinneka Tunggal Ika Jakarta. Karena visi dan misi sekolah ini pun menekankan nilai-nilai
keagamaan dan nilai-nilai sosial seperti terbuka, solider, toleran, dan inklusif. Kegiatan PKM yang dilakukan secara
luring ini menggunakan metode pembelajaran 6D (define, discover, dream, design, deliver, debrief) dan secara
bersama-sama mempelajari pengertian moderasi beragama, tujuan dan relevansi pendidikan moderasi beragama,
sikap moderat sebagai esensi beragama, tradisi-tradisi moderasi beragama, dan sikap-sikap moderat dalam
beragama. Para siswa mampu secara aktif memahami, merumuskan, dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama.
PKM ini berhasil menstimulasi sikap moderat beragama para siswa karena para siswa dapat merumuskan apa yang
dimaksud dengan moderasi beragama, prinsip-prinsip beragama secara moderat, dan dapat menyebutkan
contoh-contoh sikap moderat dalam beragama. Para siswa juga bertekad menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam
kehidupan mereka.

Article Details

How to Cite
Weruin, U. U. (2023). PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA BAGI SISWA-SISWI SMA BHINNEKA TUNGGAL IKA JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(2), 242–249. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i2.23752
Section
Articles
Author Biography

Urbanus Ura Weruin, Universitas Tarumangara - Jakarta

Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara

References

Abdilaa, Zahrani. 2020. “Pentingnya Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan di Indonesia”, diakses online dari https://www.kompasiana.com/zaharaniabdilaa9455/61a20c6b06310e13cb4bfc33/pentingnya-moderasi-beragama-dalam-dunia-pendidikan-di-indonesia

Amin, Sitti Jamilah (ed.). 2021. Indahnya Moderasi Beragama, Parepare, IAIN Parepare Nusantara Press.

Anwar, Sholihul. 2022. Metode dan Strategi Pengembangan Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pedagogy, Volume 20 Nomor 1 Juli 2022, diakses online dari http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/112/103

Badruzzaman. 2022. “Being Moderate in Religious Societies: Reality and Thought on Religious Moderation Education”, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 660, Proceedings of the 9th Asbam International Conference (Archeology, History, & Culture In The Nature of Malay) (ASBAM 2021)

Barla, Shanti Muka dan Yadav, Rishikesh. 2022. “A Study of Approaches and Strategies of Moral Education Values in India”, IJARIIE-ISSN(O)-2395-4396, Vol-8 Issue-2 2022.

Fahri, Mohamad dan Zainuri, Ahmad. 2019. “Moderasi Beragama di Indonesia”. Intizar, Vol. 25, No. 2, Desember 2019, diakses online dari http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar

Faruq, Umar dan Novinai, Dwi. 2021. “Pendidikan Moderasi Beragama sebagai Perisai Radikalisme di Lembaga Pendidikan”, Jurnal Taujih, Vol. 14 No. 01 Januari-Juni 2021 P-ISSN : 2085-793, diakses online dari

Hatmoko, Tomas Lastari Hatmoko, dan Mariani, Yovita Kurnia. 2022. “Moderasi Beragama dan Relevansinya untuk Pendidikan di Sekolah Katolik”, Jurnal Pendidikan Agama Katolik (JPAK), Vol. 22 No. 1, April 2022 p-ISSN: 2085-0743, diakses online dari https://doi.org/10.34150/jpak.v22i1.390

Hasan, Mustaqim, “Prinsip Moderasi Beragama dalam Kehidupan Berbangsa,” dalam Mubtadiin, Vol.7 Nomor 02, Juli-Desember 2021.

Kementrian Agama RI, 2019a. Moderasi Beragama? Tanya Jawab Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Kementrian Agama RI, 2019b. Apa Itu Moderasi Beragama? Tanya Jawab Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama RI, 2019, Moderasi Beragama, Jakarta, Kementrian Agama.

Naj’ma, Dinar Bela Ayu dan Bakri, Syamsul. 2021. “Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan”, Academica, Vol. 5 No. 2, July - December 2021

Singh, Ajay. 2020. “Develop Critical Thinking Skills In Students”. The Asian School, Dehradun, New Delhi, diakses online dari https://www.theasianschool.net/blog/develop-critical-thinking-skills-in-students/

Zainiyati, Husniyatus Salamah, 2021. “Membumikan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan”, 28 September 2021. Diakses online dari https://old.uinsby.ac.id/study/magister-pendidikan-agama-islam/informasi/kolom-detail/membumikan-moderasi-beragama-di-lembaga-pendidikan