Interaksi Simbolik Influencer dengan Konsumen dalam Membangun Brand Recognition (Studi Kasus Pada Brand Doppel)

Main Article Content

Patricia Michelle Wijaya
Muhammad Adi Pribadi

Abstract

Doppel (@doppel_id) is a local eyewear brand that has been established since 2016, having products of fashion and optical sunglasses with brand concepts with holiday, cheerful, and beach themed. The research aims to determine the symbolic interaction of influencers with consumers in building brand recognition, the research subject under study is the local eyewear brand Doppel, with the research concept understanding from the point of view of brand owners and consumers from Doppel on brand awareness that is known from influencers with the help of the Instagram ads feature. As stated in the title, the theory used is the theory of symbolic interaction with 3 important concepts in it (mind, self, and society) and the theory of brands which will lead to brand recognition. In the research process, the research method used is to use a qualitative case study model approach. Through the interview methodology that will be conducted by researchers, it will be conducted with several sources such as brand owners and several consumers as well as Instagram social media followers from Doppel. Researchers choose related sources because of credibility, valid information that they have at the same time because they are directly related to the brand, even the product. The results of the study show that the symbolic interaction that influencers do with consumers on the Doppel brand will make this brand even more known in the community.


 


Doppel (@doppel_id) adalah brand kacamata lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2016, mempunyai produk berupa kacamata hitam fashion maupun optik dengan konsep merek bernuansa liburan, ceria, dan pantai. Penelitian bertujuan mengetahui interaksi simbolik influencer dengan konsumen dalam membangun pengenalan merek, di sini subjek penelitian yang diteliti adalah brand eyewear lokal Doppel, dengan konsep penelitian memahami dari sudut pandang pemilik brand dan konsumen dari Doppel terhadap kesadaran brand yang diketahui dari influencer dengan bantuan fitur Instagram Ads. Seperti yang ada pada judul, teori yang dipakai adalah Teori Interaksi Simbolik dengan tiga konsep penting yang ada di dalamnya (mind, self, dan society) dan teori mengenai merek yang akan mengerucut ke brand recognition. Dalam proses penelitian, metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif model studi kasus. Melalui metode wawancara yang dilakukan peneliti, dilakukan dengan beberapa narasumber seperti pemilik brand dan beberapa konsumen sekaligus followers media sosial Instagram dari Doppel. Peneliti memilih narasumber terkait karena kredibilitas, informasi valid yang dimiliki sekaligus karena mereka berkaitan langsung dengan brand, bahkan produknya. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik yang dilakukan influencer dengan konsumen terhadap merek Doppel akan membuat brand ini semakin dikenal lagi di masyarakat.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Patricia Michelle Wijaya, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Muhammad Adi Pribadi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Christofer, D., & Pribadi, M. A. (2021). Interaksi Simbolik dalam Word of Mouth Untuk Mengenalkan Iphone di Kalangan Persahabatan (Studi Etnografi Teori Peran Pengambilan Keputusan dalam Lingkungan Persahabatan). Prologia, 5(1), 15. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8075

Febricha, A., & Pribadi, M. A. (2020). Proses Interaksi Simbolik dalam Pembentukan PProses Interaksi Simbolik Perencanaan Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus pada Instagram @Appetonindonesia). Prologia, 4(2), 272. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6503

Fristian, W., Darvina S, V. S., & Sulismadi, S. (2020). Upaya Penyesuaian Diri Mantan Narapidana Dalam Menanggapi Stigma Negatif Di Kecamatan Klakah, Lumajang. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(1), 101–120. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i1.8205

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501

Hartanto, A., Salbrenda, D., Monica, F. Y., Christie, J., & Darmo, B. (n.d.). Identitas Visual untuk Gerakan Remaja Positif. 17–23.

Heridiansyah, J. (2012). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC ( Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Kecap Pedas ABC di Kota Semarang ) Abstrak. Jurnal Stie Semarang, 4(2), 53–73.

Notoatmodjo, S. (2012). Pengolahan dan Analisis Data. Metode Penelitian Kesehatan.

Putra, A. B., & Pribadi, M. A. (2020). Interaksi Simbolik dalam Kegiatan After Sales di Dealer Nissan (Studi Kasus PT. Wahana Wirawan). Prologia, 4(1), 135–140. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6453

Qinthara, F. N., Alifa, A. N., Iman, M. R., Ghassani, I. A., Huwaida, L., Srisayekti, W., & Sulistiobudi, R. A. (2020). Strategi Menggambar untuk Meningkatkan Kemampuan Long-Term Memory dalam Menghafal Istilah dan Definisi. Jurnal Psikologi, 16(1), 24. https://doi.org/10.24014/jp.v16i1.9435

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Runtuwene, I. K. (2015). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Yamaha Mio-J di Kota Tomohon. JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 3(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/7518

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3589

Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020a). Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia, 4(1), 201. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6476

Siena, C., & Pribadi, M. A. (2020b). Interaksi Simbolik Dalam Sales Promotion Menciptakan Brand Loyalty (Studi Kasus Pengguna Kartu Starbucks Di Jakarta). Prologia, 4(1), 201–208. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6476

Sugiharto, S. A., & Ramadhana, M. R. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(2). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1333

Tansil, S., Aditomo, A., & Tjahjono, E. (2009). Reflected Appraisals dan Mathematic Academic Self-Efficacy pada Siswa SMA. Indonesian Psychological Journal, 24(2), 183–188.

Vildayanti, R. A., Ekonomi, F., & Luhur, U. B. (2019). Analisis Strategi Brand Awareness (Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Unaware Of Brand) Sepeda Motor Piaggio Vespa Di Jakarta. Relasi : Jurnal Ekonomi, 15(1), 113–134. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i1.304

West, A. R. L., & Turner, L. H. (2013). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (A. Susilia (ed.); 5th ed.). Salemba Humanika.

Wulandari, R. (2017). Tradisi Mengibung (Studi Kasus Sinkretisme Agama Di Kampung Islam Kepaon Bali). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 2(1), 29. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v2i1.1358