Efektivitas Penggunaan Media Sosial @Kemendagri Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Publik (Survei Pada Pengikut Akun Instagram @Kemendagri)

Main Article Content

Novita Olivia
Farid Rusdi

Abstract

 

In this digital era, it is easier for people to find information. The development of the digital era is currently happening very quickly in society with the internet. The emergence of the internet is then the existence of social media such as Instagram. Currently, many institutions have created special Instagram accounts to provide information to the public. One of the Ministry of Home Affairs government agencies has an Instagram social media account, namely @Kemendagri to upload information about the Ministry of Home Affairs. This study discusses the effectiveness of the use of @kemendagri social media in meeting the needs of public information. The theory in this study is satisfaction and use which explains that individuals can choose media to fulfill their needs through these media. This study uses quantitative research methods, survey methods and data collection techniques in this study through distributing questionnaires to 100 samples determined through probability sampling and simple random sampling. The results obtained by the correlation coefficient indicate a strong relationship between the variable X and variable Y. From the results of the coefficient of determination the contribution of variable X to variable Y is 54.2%. The results of hypothesis testing in this study showed that the independent variable had a positive and significant effect on the dependent variable. The conclusion that can be given is that the use of social media Instagram @kemendagri is effective in meeting the needs of public information through theory testing. 



Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat semakin mudah untuk mencari informasi. Perkembangan era digital saat ini terjadi sangat cepat di masyarakat dengan adanya internet. Munculnya internet ini kemudian adanya media sosial seperti Instagram. Saat ini banyak institusi yang membuat akun Instagram khusus untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu instansi pemerintah Kementerian Dalam Negeri memiliki akun media sosial Instagram yaitu @Kemendagri untuk mengunggah informasi seputar Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media sosial @kemendagri dalam memenuhi kebutuhan informasi publik. Teori dalam penelitian ini adalah kepuasaan dan penggunaan yang menjelaskan bahwa individu dapat memilih media untuk pemenuhan kebutuhannya melalui media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode survei dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada 100 sampel yang ditentukan melalui probability sampling dan simple random sampling. Hasil yang diperoleh koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil koefisien determinasi kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 54,2%. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah  penggunaan media sosial Instagram @kemendagri Efektif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi publik melalui pengujian teori.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Novita Olivia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ardianto, E. (2011). Komunikasi massa. https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_massa/euYPzgEACAAJ?hl=en

Helen, H., & Rusdi, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355–362. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3712

Maunley, Y. (2016). Pengertian Efektivitas - EFEKTIVITAS. https://teoriefektivitas.blogspot.com/2016/02/pengertian-efektivitas.html

Perdana, C. R. G., Rizal, E., & Khadijah, U. L. S. (2012). Hubungan Twitter Jatinangorku dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Seputar Daerah Jatinangor bagi Followers. Students E-Journal, 1(1), 19. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1247

Solis, B. (2011). The Complete Guide for B R A N D S and and Measure Success in the New Web BRIAN SOLIS Foreword by.

Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif. In Alfabeta, cv.

Susanti, D. (2019). ANALISIS REGRESI DAN KORELASI - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/ANALISIS_REGRESI_DAN_KORELASI/98XODwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+regresi+dan+korelasi&printsec=frontcover

Wahyuni, S. (2020). KINERJA SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY INDEX DAN FAKTOR DETERMINAN - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/KINERJA_SHARIA_CONFORMITY_AND_PROFITABIL/wHUJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Kinerja+Sharia+Conformity+And+Profitability+Index+Dan+Faktor+Determinan.&printsec=frontcover

Widhiarso, W. (2012). Tanya Jawab tentang Uji Normalitas. 1–5. http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/Tanya Jawab tentang Uji Normalitas.pdf

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi SPPS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. PT Elex Media Komputindo.