PERAN SASTRA DALAM MEMBENTUK IDENTITAS KULTURAL DAN SOSIAL BUDAYA

Main Article Content

Kamelia
Elsan Octavia Hakim
Evellyn Octavia
Yuwono Prianto

Abstract

Literature is an aspect of culture that plays an important role in life.  Literature has an influence on culture, and vice versa.  In literary works, culture can act as a force in the form of narrative and influence the characters.  The characters we mean here are humans, who are objects of literature and culture. Literature has the ability to write or describe events that occur in social life, so that its presence has the ability to shape the cultural and social identity of society.  Literature often appears in our everyday environment, and is very easy to find around our lives.  Every human being certainly has a character that describes themselves, that image is represented by the existence of culture.  Literary works are often valuable cultural heritage, preserving traditional values, folklore and knowledge about the past.  Studying literature helps us understand our own cultural roots, appreciate the contributions of other cultures, and preserve our invaluable intellectual heritage.  The qualitative method is a research method that focuses on an in-depth analysis system.  Therefore, the use of qualitative methods in research can produce a more comprehensive study of a phenomenon.  The aim of qualitative research is to find as detailed information as possible.  The more detailed the information obtained, the better the quality of the research.  In contrast to quantitative research which focuses on the quantity of information, qualitative research focuses on how complete and comprehensive the information the researcher receives.


Sastra merupakan salah satu aspek kebudayaan yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Sastra memiliki pengaruh terhadap budaya, begitupun sebaliknya.  Dalam karya sastra, budaya dapat berperan sebagai kekuatan dalam bentuk narasi dan mempengaruhi tokohnya. Tokoh yang kita maksud di sini adalah manusia, yang merupakan objek dari sastra dan budaya.. Sastra mempunyai kemampuan untuk menuliskan atau menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga kehadirannya mempunyai kemampuan untuk membentuk identitas budaya dan sosial masyarakat. Sastra pun kerap muncul dalam lingkungan kita sehari-hari,dan sangat mudah ditemukan di sekitar kehidupan kita. Setiap manusia pastinya memiliki karakter yang menggambarkan diri mereka sendiri, gambaran itulah yang diwakili oleh keberadaan budaya. Karya sastra sering kali merupakan warisan budaya yang berharga, menyimpan nilai-nilai tradisional, cerita rakyat, dan pengetahuan tentang masa lalu. Mempelajari sastra membantu kita memahami akar budaya kita sendiri, menghargai kontribusi budaya lain, dan menjaga warisan intelektual yang tak ternilai harganya. Metode kualitatif adalah sebuah  metode penelitian yang memiliki fokus pada sistem menganalisa yang mendalam. Oleh karena itu, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mencari informasi sedetail mungkin. Semakin detail informasi yang diperoleh maka semakin baik pula kualitas penelitiannya. Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang berfokus pada kuantitas informasi, penelitian kualitatif berfokus pada seberapa lengkap dan menyeluruh informasi yang diterima peneliti.

Article Details

Section
Artikel

References

Fizriyani, W. (2014). Peranan sastra indonesia dalam membangun keragaman budaya: perspektif sejarah. Jurnal Dialektika, 1(1), 131-148.

Mahayana, M. S. (2017). Peranan budaya, bahasa, dan sastra dalam menumbuhkan toleransi dan sikap saling menghormati. In prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.

Septiningsih, L. (2019). Mengoptimalkan peran sastra dalam pembentukan karakter bangsa. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fizriyani, W. (2014). Peranan Sastra Indonesia dalam Membangun Keragaman Budaya: Perspektif Sejarah. Jurnal Dialektika, 1(1), 131-148.

Mahayana, M. S. (2017, December). Peranan budaya, bahasa, dan sastra dalam menumbuhkan toleransi dan sikap saling menghormati. Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang.