PERAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL BAGI SEORANG CONTENT CREATOR

Main Article Content

Chelsea Fernanda Gautama
Anny Valentina

Abstract

Human life has experienced major changes since digitalization occurred in various fields. Today's digital transformation can really be felt by society in all the activities they carry out in their daily lives. Along with this progress, a new job has emerged in the technology and creative industry, namely content creator or what is now more widely known as content creator. Content creators can help introduce, promote, support sales, and increase brand awareness of a targeted product or thing. Ways that can be done to help achieve these things are by creating interesting and quality content, collaborating with other parties, and also becoming a model. To achieve the visual content target, qualitative methods are used starting from the observation stage to publishing the content on the company's Swepo social media. From the various results obtained from the target audience regarding content on the Swepo Company's social media, it is very important to have effects and also writing on the video to help promote the video in the form of visual media in the form of content that will be posted via social media, Sweaterpolos. id has a variety of clothing products that can improve the dressing style of Indonesian people. The creation of this content has the potential to become a bridge between the clothing products owned and consumers with a very wide reach. By carrying out internship activities at Sweaterpolos.id where content children help in completing all the required tasks, while Sweaterpolos.id provides a platform for gaining experience and channeling their knowledge and creativity. By carrying out the duties of a content creator, it is hoped that it can help the company compete with other parties and also increase consistency in content creation. The results of creating interesting content increase content views, increase engagement, get the desired brand awareness, and continue product sales.


 


Kehidupan manusia mengalami perubahan besar sejak terjadinya digitalisasi pada berbagai bidang. Transformasi digital saat ini benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sampai dengan segala aktivitas yang dijalaninya di kehidupan sehari-hari. Bersamaan dengan kemajuan ini, munculah suatu pekerjaan baru di industri teknologi dan kreatif yaitu pembuat konten atau yang saat ini lebih dikenal luas dengan sebutan content creator. Content creator dapat membantu dalam memperkenalkan, mempromosikan, mendukung penjualan, dan menaikkan brand awareness dari suatu produk atau suatu hal yang ditargetkan. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu mencapai hal-hal tersebut adalah dengan membuat konten menarik dan berkualitas, berkolaborasi dengan pihak lain,dan juga menjadi model. Untuk mencapai target visual konten tersebut,penggunaan metode kualitatif mulai dari pada tahap observasi hingga publikasi konten ke media social perusahaaan swepo. Dari berbagai hasil yang didapat dari target audiens seputar konten-konte yang ada di media social Perusahaan swepo, sangat penting dengan adanya effect dan juga tulisan di video untuk membantu mempromosikan video dalam bentuk media visual yang berupa konten yang akan diposting lewat media social, Sweaterpolos.id memiliki berbagai variasi produk pakaian yang dapat meningkatkan gaya berpakaian masyarakat Indonesia. Pembuatan konten tersebut berpotensi menjadi jembatan penghubung antara produk-produk pakaian yang dimiliki dan konsumen dengan jangkauan yang sangat luas. Dengan melaksanakan kegiatan magang di Sweaterpolos.id yang dimana anak konten membantu dalam menyelesaikan segala tugas yang dibutuhkan, sementara Sweaterpolos.id menyediakan wadah bagi untuk mendapatkan pengalaman serta menyalurkan pengetahuan dan kreatifitas yang dimiliki. Dengan terlaksananya tugas-tugas dari seorang content creator diharapkan dapat membantu perusahaan dalam persaingan dengan pihak-pihak lain dan juga meningkatkan konsistensi dalam pembuatan konten. Hasil dari pembuatan konten yang menarik membuat views konten meningkat, engagement meningkat, mendapatkan brand awareness yang diinginkan, dan penjualan produk yang terus berlanjut.

Article Details

Section
Artikel

References

Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi transformasi digital dalam dunia pendidikan mengenai peluang dan tantangan di era disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570-1580.

Arianto, B. (2021). Pandemi Covid-19 dan transformasi budaya digital di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(2), 233-250. https://doi.org/10.22437/titian.v5i2.15309.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2). https://doi.org/10.53845/infokam.v15i2.178.

Isroissholikhah, O, W. (2022). Efektivitas content creator dalam startegi promosi di era digital. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(1), 121-128.

Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 4(2), 226-239. https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i2.1244.

Hermawan, D. (2019). Content creator dalam kacamata kreatif: peran personal branding dalam media sosial. [Skripsi Universitas Paramadina].

Rizal, F., & Mukaromah, H. (2021, February). Kebijakan pemerintah indonesia dalam mengatasi masalah pengangguran akibat pandemi Covid-19. In AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (Vol. 1, pp. 1-12).

Sari, M, R. (2023). Produksi video reels instagram dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan spa mba ita. [Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro].

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena content creator di era digital. Prosiding Hubungan Masyarakat, 432-437. http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11408.