PENGARUH PERUBAHAN VISUAL KONTEN TERHADAP PERFORMA INSTAGRAM UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Main Article Content

Ryan Jonathan
Anny Valentina

Abstract

Nowadays, people use social media to share information, both for educational and business purposes. With good management of visual elements, social media can work as a promotional medium. Instagram is one of the most popular social media to share photos or videos, both for personal and business purposes. Instagram is also a public need to find information in the education sector, so private universities carry out promotions to increase their competitiveness in society. Universitas Tarumanagara has been promoting via Instagram since 2015. The research method is collecting data by observing on Tarumanagara University's Instagram. The approach used in this writing is descriptive qualitative. A case study was conducted to examine the results of Tarumanagara University's social media reports during 2022. Communication with image media is more effective than written media, therefore the use of photography is important to adjust the concept. The content design on Instagram @untarjakarta from October to December 2022 used the form of photo design combined with various graphics. Meanwhile, the content design for January – March 2023 focused more on photographs and copywriting as additional information, with checker pattern for posts. The new design is more focused on photos, and good photography techniques are needed to match the message you want to convey. From the data, it can be concluded that visual changes that focus on photography are more effective at attracting users and get positive responses from the public, because the number of likes per posts, reach and engagement rates have increased quite significantly.


 


Saat ini, masyarakat memanfaatkan media sosial untuk berbagi informasi, baik untuk keperluan edukasi maupun berbisnis. Dengan pengelolaan elemen visual yang baik, media sosial dapat bekerja sebagai media promosi. Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer sebagai tempat untuk berbagi foto atau video, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. Instagram juga menjadi kebutuhan masyarakat untuk mencari informasi di bidang Pendidikan, maka perguruan tinggi swasta melakukan promosi demi meningkatkan daya saing di masyarakat. Universitas Tarumanagara telah melakukan promosi secara online melalui Instagram sejak tahun 2015. Metode penelitian yaitu mengumpulkan data dengan observasi pada Instagram Universitas Tarumanagara. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Studi kasus dilakukan untuk meneliti hasil laporan media sosial Universitas Tarumanagara selama tahun 2022 Komunikasi dengan media gambar lebih efektif daripada media tulis, penggunaan fotografi penting untuk menyesuaikan konsep yang ingin ditemui Desain konten yang ada di Instagram @untarjakarta bulan Oktober sampai Desember 2022 menggunakan bentuk desain foto yang digabung dengan berbagai grafik. Sedangkan desain konten bulan Januari – Maret 2023 lebih memfokuskan kepada foto dan copywriting sebagai tambahan informasi, dengan pola checker untuk postingannya. Desain yang baru lebih terfokus kepada foto, dan teknik fotografi yang baik dibutuhkan agar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan. Dari data, disimpulkan bahwa perubahan visual yang berfokus kepada fotografi lebih efektif menarik perhatian dari pengguna dan mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat, dikarenakan jumlah likes per konten yang di posting, reach serta engagement rate yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Article Details

Section
Artikel

References

Amriel, E. E. Y., & Ariescy, R. R. (2021). Analisa engagement rate di instagram: fenomena like dan komentar. Media Manajemen Jasa, 9(2). https://doi.org/10.52447/mmj.v9i2.5555.

Helen, H., & Rusdi, F. (2018). Pengaruh penggunaan media sosial akun instagram@ jktinfo terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Prologia, 2(2), 355-362. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3712.

Jasjfi, E. F., Ds, M., Damayanti, R. A., Ds, S., Puspaningtyas, V. A., & Sastranegara, K. L. Evaluasi Desain Media Sosial Untuk Branding Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti.

Kosasi, S. B., & Endri, E. P. (2022). New media: Instagram@ bolalobfootball sebagai media informasi sepakbola masyarakat kota Tangerang. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 13(01), 108-117. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v13i01.4369.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9.

Puspita, R., & Suciati, T. N. (2020). Mobile phone dan media sosial: penggunaan dan tantangannya pada jurnalisme online Indonesia. Ekspresi dan persepsi: Jurnal ilmu komunikasi, 3(2), 132-146. https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1781.

Sarraf, M., & Bruneau, M. (1998). Ductile seismic retrofit of steel deck-truss bridges. II: Design applications. Journal of Structural Engineering, 124(11), 1263-1271. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-9445(1998)124:11(1263).

Setia, F., & Barkah, C. S. (2022). Usulan strategi optimalisasi akun media sosial dalam upaya meningkatkan reach melalui instagram advertising (Studi kasus: Humingbad clothing). Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 6(1), 24-34. https://doi.org/10.31104/jsab.v6i1.265.

Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang dilakukan humas pada perguruan tinggi swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 171-182. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.347.

Sholihah, A. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk Teh Thailand Pikameame di Yogyakarta) [Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga].