PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN DOKUMENTASI PROGRAM BEASISWA

Main Article Content

Michael Brandon Hugo Woe
Anny Valentina

Abstract

The college participation rate in Indonesia is still relatively low. Additionally, there is a prevailing belief among Indonesian society that men have a higher status than women, thus women are not entitled to equal education and treatment compared to men. PT. XYZ, with a vision and mission to improve the welfare of society, particularly women, has initiated a scholarship program for high school female students to pursue higher education and aims to eliminate the perception that women have a lower status than men. The scholarship program serves as an important means to provide financial assistance to high-achieving students. However, often the information related to this program is difficult to access and lacks appeal to potential scholarship recipients. Technological advancements have made information dissemination through various media more diverse and accessible, including the internet and social media. By designing visually appealing videos using moving graphic elements and animations, information about the scholarship program can be widely disseminated to various segments of society. The method used in creating the video is a design approach with data analysis and 5W+1H analysis to find suitable promotional and creative strategies. Through the creation of motion graphic videos, the promotion, documentation, and distribution of scholarship information can be effectively conveyed. Additionally, the creation of motion graphic videos should be tailored to the needs, company identity, and target audience of the video.


 


Angka partisipasi perguruan tinggi di Indonesia masih berada di tingkat yang cukup rendah. Ditambah lagi dengan pemikiran masyarakat indonesia yang masih beranggapan bahwa laki-laki memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan wanita, sehingga wanita tidak berhak untuk mendapatkan pendidikan dan perlakuan yang setara dengan laki-laki. PT. XYZ yang memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya wanita dengan mengadakan program beasiswa bagi para siswi SMA / Sederajat agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan ingin menghapuskan pemikiran masyarakat bahwa wanita memiliki derajat yang lebih rendah dibandingkan pria. Program beasiswa merupakan sarana penting untuk menyediakan bantuan finansial kepada siswa yang berprestasi. Namun, seringkali informasi terkait program ini sulit diakses dan kurang menarik bagi calon penerima beasiswa. Perkembangan teknologi membuat media penyebaran informasi menjadi semakin berkembang dan beragam.  Salah satunya adalah melalui internet dan media sosial. Dengan perancangan video yang menyajikan informasi yang menarik secara visual, dengan menggunakan elemen-elemen grafis bergerak dan animasi, informasi kegiatan beasiswa akan dapat disebarkan dengan luas ke berbagai lapisan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pembuatan video adalah metode perancangan dengan analisis data dan analisis 5W+1H untuk menemukan strategi promosi dan strategi kreatif yang sesuai. Melalui pembuatan video motion graphic ini kegiatan promosi, dokumentasi, dan penyebaran informasi mengenai beasiswa dapat tersampaikan dengan lebih efektif. Selain itu, pembuatan video motion graphic harus disesuaikan dengan kebutuhan, identitas perusahaan, dan juga target audiens dari video tersebut.

Article Details

Section
Artikel

References

Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design. Sage Publications.

Dellamita, M. F., Achmad Fauzi, D. H., & Yulianto, E. (2014). Penerapan personal selling (penjualan pribadi) untuk meningkatkan penjualan. studi pada pt adira quantum multifinance point of sales (pos) dieng computer square Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)(Online), 9(2). 1-6.

Efendy, R. (2014). Kesetaraan gender dalam pendidikan. AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 7(2), 142-165.

Misrah, M. (2014). Peningkatan kemampuan siswa membuat kalimat tanya melalui teknik 5w 1h di kelas iv sd inpres lobu gio. Jurnal Kreatif Online, 1(4). 55-66.

Rizal, M., Butsiarah, B., & Pahany, M. A. (2021). Perancangan animasi motion graphic sebagai media promosi STMIK AKBA. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 8-15. https://doi.org/10.24076/joism.2021v3i2.514.

Saeful, A. (2019). Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 1(1), 17-30.

Rosyid, M. Z, Latifah, Y. & Tarina, D. D. Y. (2022). Kesetaraan gender dalam pendidikan di Indonesia, [Skripsi Universitas Pembangunan Nasional Veteran]

Sidik, A. (2018). Pembuatan video motion graphic data penerimaan mahasiswa baru universitas negeri Jakarta tahun 2017. [Skripsi Universitas Negeri Jakarta].

Sunarya, L., Maimunah, M., & Budiyanto, K. (2020). Video promosi beasiswa student get student pada universitas raharja. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 6(1), 90-99.

Umam, N. C. (2016). Perancangan Motion Graphic Pengenalan Batik Gemawang Khas Kabupaten Semarang. [Skripsi Institut Seni Indonesia].

Valentina, A., Chrissandy, R., Jesslyn, B., & Setyanto, Y. (2022). Digital Communication & Socialization Using Media Video Content During Pandemic. Jurnal Komunikasi, 14(2), 494-506. https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.17407.