DAMPAK GAYA VIDEO EDITING TERHADAP PENINGKATAN RESPON AUDIENS TERHADAP VIDEO REELS INSTAGRAM

Main Article Content

Elen Angelie
Anny Valentina

Abstract

In the modern era, which is advancing rapidly in the development of social media to facilitate human interaction, there is a need for intermediary media. One such social media support application well-known among the public is Instagram. Within the Instagram application, two types of media are provided: photos and videos. Many social media users prefer video content as an option because visually dynamic content is often more appealing than content that only presents text and images. The presence of the Instagram Reels video feature has received positive feedback. Video editing styles are essential in society because more engaging videos with unique video techniques are recognized by the public. The ever-changing global trends require video editors to continuously evolve and enrich themselves with various innovative editing styles that can be embraced by users of all ages. Research results show that editing techniques involving smooth transitions, attractive visual effects, and appropriate image and sound selections can create an engaging visual experience and elicit positive responses from users, such as likes, comments, and content sharing. Furthermore, a unique video editing style can distinguish content from others, enhance its appeal, and encourage users to interact more actively. The research, which employed a qualitative method in the form of a survey conducted through Google Forms with subjects consisting of young adults and teenagers in the Jakarta area who are Instagram users, highlights the importance of a video editing style that significantly impacts user interactions with Instagram Reels videos.


 


Dalam era modern yang semakin maju dalam pengembangan media sosial untuk menunjang kemudahan manusia dalam berinteraksi dengan satu sama lain dibutuhkannya sebuah media perantara. Salah satunya aplikasi penunjang bermedia sosial yang cukup dikenal dikalangan masyarakat yaitu Instagram. Didalam aplikasi Instagram yang menyediakan dua jenis media pendukung seperti foto dan video. Kebanyakan pengguna media sosial lebih memilih media video sebagai opsi konten, karena konten yang berbau visual bergerak seringkali lebih banyak diminati daripada visual yang hanya menyajikan teks dan gambar belaka. Adanya fitur video reels Instagram memberikan sebuah umpan balik yang positif. Gaya video editing penting di masyarakat karena semakin menarik video yang memiliki teknik video yang unik banyak masyarakat yang mengenal identitas video itu sendiri. Tren dunia yang terus berkembang dan berubah-ubah membuat editor video harus selalu mengembangkan diri dan memperkaya diri dengan berbagai inovasi gaya teknik editing yang bisa diterima pengguna dari segala usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik editing yang melibatkan transisi yang mulus, penggunaan efek visual menarik, dan pemilihan gambar dan suara yang tepat dapat menciptakan pengalaman visual yang menarik dan mengundang respon positif dari pengguna, seperti memberikan like, komentar, dan berbagi konten. Selain itu, gaya video editing yang unik dapat membedakan konten dari yang lain, meningkatkan daya tarik, dan mendorong pengguna untuk berinteraksi lebih aktif. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk survei melalui Google Form dengan subjek kalangan remaja sampai dewasa muda di daerah sekitar Jakarta pengguna Instagram. Didapati pentingnya sebuah gaya teknik editing video yang sangat berdampak pada interaksi pengguna terhadap video reels Instagram.

Article Details

Section
Artikel

References

Aji, H. K., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2021). Produksi konten televisi dan konten media digital. Unisri Press.

Fitri, R. S. I. S. K. A. (2020). Video Tutorial pembuatan kompres kayu manis (cinnamomum burmanii) sebagai upaya menurunkan nyeri sendi pada lansia hak kekayaan intelektual (HKI). [Disertasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo].

Irwanto, L. R. H., Sitasi, C., & Irwanto, H. L. R. (2019). Identitas diri pada media sosial (Konstruksi Sosial dan Potensi Rumor Pengguna Instagram). Jurnal Komunikasi, 10(2), 184-190.

Kaswadi, D. A., Wulandari, E., & Trisiana, A. (2018). Pentingnya komunikasi sosial budaya di era globalisasi dalam perspektif nilai pancasila. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2).

Menon, D. (2022). Factors influencing instagram reels usage behaviours: An examination of motives, contextual age and narcissism. Telematics and Informatics Reports, 5. https://doi.org/10.1016/j.teler.2022.100007.

Purwanto, A. (2011). Teknik editing video dengan multi kamera. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 12(2), 7.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122.

S. I. K. M. I. K. Haryo Kusumo Aji, “Produksi Konten Televisi dan Konten Media Digital,” 2021.