STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL EVENT 2023 INDONESIAN E-COMMERCE CONFERENCE

Main Article Content

Desnalia Maharani
Anny Valentina

Abstract

This research aims to develop an effective visual communication strategy to increase customer engagement at the 2023 Indonesian E-commerce Conference organized by PT. X. In the context of the growth of e-commerce in Indonesia, PT. X seeks to expand its reach and improve the company's image by holding this event. The research method used is descriptive-qualitative, collecting data through literature and interviews with company owners. The results of interviews with owners reveal that the 2023 Indonesian E-commerce Conference aims to bring together e-commerce companies, especially those engaged in technology, and introduce PT. X to a new target. The desired theme is technology and futuristic. To achieve the goal of increasing customer engagement, this study uses the SICAS model (Sense, Interest and Interactive, Connect and Communication, Action, Share). In addition, the "Show the Need" and "Presenter Testimonial" communication approaches were used in this event to directly promote the target's needs and provide positive testimonials at the event booth. Through the implementation of the right visual communication strategy, it is expected to increase customer engagement with PT. X through the 2023 Indonesian E-commerce Conference.


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi komunikasi visual untuk meningkatkan customer engagement dalam 2023 Indonesian E-commerce Conference yang diselenggarakan oleh PT. X. Dalam konteks pertumbuhan e-commerce di Indonesia, PT. X berupaya memperluas jangkauan dan meningkatkan citra perusahaan dengan mengadakan event ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara dengan owner perusahaan. Hasil wawancara dengan owner mengungkapkan bahwa 2023 Indonesian E-commerce Conference bertujuan untuk mempertemukan perusahaan-perusahaan e-commerce, terutama yang bergerak di bidang teknologi, serta memperkenalkan layanan jasa PT. X kepada target baru. Tema yang diinginkan adalah teknologi dan futuristik. Untuk mencapai tujuan meningkatkan customer engagement, penelitian ini menggunakan penerapan model SICAS (Sense, Interest and Interactive, Connect and Communication, Action, Share). Selain itu, pendekatan komunikasi "Show the Need" dan "Presenter Testimonial" digunakan dalam acara ini untuk secara langsung mempromosikan kebutuhan target dan memberikan kesaksian positif di booth acara. Melalui penerapan strategi komunikasi visual yang tepat, ditemukan peningkatan customer engagement terhadap PT. X melalui 2023 Indonesian E-commerce Conference.


 

Article Details

Section
Artikel

References

Zhang Li, Y. Y. (2023). Research on Deep Cooperationand Collaborative Development Between China and Indonesia Cross-Border E-commerce Based on Silk Road E-Commerce. MANDARINABLE: Journal ofChinese StudiesLanguage, Literature,Culture, and Journalism, 58-59.

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal RIset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 188.

Prayetno, M. P., Chandra, T., & Putra, R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Konsultan Bisnis Menggunakan Metode IPA Dan CSI (Studi Kasus Pada CV. ABC). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1803.

Rambe, D. N., & Aslami, N. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Ramadhania, P. K. (2022). Pengaruh Event Pocari Sweat Futsal Championship Terhadap Citra Perusahaan PT Amerta Indah Otsuka. Repository Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Permatasari, D. N. (2022). Strategi Peningkatan Brand Awateness dan Aktifitas Promosi dalam Sport Event Studi Kasus Event Maybank Bali Marathon. Jurnal Kepariwisataan, 2.

Yan, X.-X., Hu, Z.-Q., Xu, J., & Liu, J.-Y. (2017). Research on the Social E-commerce Marketing Model Based on SICAS Model in China. International Journal of Marketing Studies, 115-116.

rita, R., & Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertisingdan Event Marketingterhadap Brand Awarenessdan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah.

Suprijanto, A. (2011). Dampak Globalisasi Ekonomi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah CIVIS.

Sembiring, E. E., Rini, E. S., & Situmorang, S. H. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Pengalaman Konsumen terhadap Intensi Pembelian dengan Mediasi Keterlibatan Konsumen menggunakan Aplikasi Grabfood dan Gofood Delivery. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan.