Mediator Manajemen Pengetahuan terhadap Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Bisnis

Main Article Content

Steven Cristian
Ida Puspitowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis pada coffee shop di Jakarta Utara dengan manajemen pengetahuan sebagai variabel mediasi. Pertumbuhan industri coffee shop yang signifikan di Indonesia menuntut penerapan strategi inovasi dan kewirausahaan untuk meningkatkan daya saing. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh 87 responden yang terdiri dari pemilik atau manajer coffee shop, menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan metode SmartPLS 4. menunjukkan bahwa inovasi dan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis. Selain itu, manajemen pengetahuan berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara inovasi, orientasi kewirausahaan, dan kinerja bisnis. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan strategi inovasi, orientasi kewirausahaan, dan pengelolaan pengetahuan dalam meningkatkan daya saing dan kinerja bisnis coffee shop, khususnya di wilayah dengan persaingan tinggi seperti Jakarta Utara.


This study aims to identify the influence of innovation and entrepreneurial orientation on business performance in coffee shops in North Jakarta, with knowledge management as a mediating variable. The significant growth of the coffee shop industry in Indonesia necessitates the implementation of innovation and entrepreneurial strategies to enhance competitiveness. Data were collected through questionnaires completed by 87 respondents, consisting of coffee shop owners or managers, using purposive sampling. Data analysis using the SmartPLS 4. method revealed that innovation and entrepreneurial orientation have a significant positive effect on business performance. Furthermore, knowledge management acts as a mediating variable that strengthens the relationship between innovation, entrepreneurial orientation, and business performance. These findings underscore the importance of adopting innovation strategies, entrepreneurial orientation, and knowledge management to enhance competitiveness and business performance, particularly in highly competitive areas such as North Jakarta.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Steven Cristian, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

Ida Puspitowati, Universitas Tarumanagara

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara Jakarta

References

Afiyati, A., Murni, S., & Hariadi, P. (2019). Keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada pengaruh strategi diferensiasi dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis UMKM di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(3), 1-15. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i3.1371

Amelia, Wirastomo, J. T., & SBR, K. (2023). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, serta keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha pada UMKM depot air minum isi ulang (studi kasus pada UMKM depot air minum isi ulang di Cikarang Pusat). Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 9(4), 1368-1377. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1330

Aryo, T., Prasetya, W., & Jayadi, J. (2022). Orientasi kewirausahaan & niat kewirausahaan: peran kewirausahaan pengalaman sebagai moderator. Labs: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 27(3), 60-76. https://doi.org/10.57134/labs.v27i3.26

Asih, D., Setini, M., & Rekarti, E. (2020). The business performance of culinary sector: a study of smes sector in bali. International Journal of Economics and Business Administration, VIII(Issue 4), 184-196. https://doi.org/10.35808/ijeba/578

Az-Zahra, A. D., & Pratomo, L. A. (2022). Antesden dan konsekuensi dari customer satisfaction pada industri coffee shop di lampung, indonesia. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 16852-16868. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10396

Buulolo, P. (2018). Pentingnya Inovasi dalam Meningkatkan Kinerja Koperasi. Jurnal Ilman,

Cahyani, A. A., Mallongi, S., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, keunggulan bersaing, terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 219-232. https://doi.org/10.33096/paradoks.v4i1.768

Chaudhary, S., Dhir, A., Farronato, N., Nicotra, M., & Pironti, M. (2023). Nexus between entrepreneurial orientation and intellectual capital. Journal of Intellectual Capital, 24(1), 70-114. https://doi.org/10.1108/jic-09-2021-0256

Daneswara, P., & Muafi, M. (2021). Pengaruh manajemen pengetahuan dan pembelajaran organisasional terhadap kinerja organisasional: peran mediasi inovasi. Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 1-20. https://doi.org/10.35590/jeb.v8i1.2331

Dess, G. G., Lumpkin, G., Eisner, A. B., & McNamara, G. (2014). Strategic Management: Text and Cases. McGraw-Hill Education.

Dewi, A. R., & Putra, S. P. (2017). Keterkaitan manajemen pengetahuan dan kecakapan organisasional dengan kinerja inovasi serta fungsi mediasi orientasi kewirausahaan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(3), 281. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i3.69

Dewi, K. I. S., & Sundari, M. S. (2018). Orientasi kewirausahaan dalam turbulensi lingkungan bisnis.. https://doi.org/10.31219/osf.io/kbj89

do Adro, F., Fernandes, C., Veiga, P., & Kraus, S. (2021). Social entrepreneurship orientation and performance in non-profit organizations. International Entrepreneur Managing, 1591-1618. https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/29844

Filianty, F. (2013). Strategi imitasi dan manajemen pengetahuan dalam pengembangan inovasi pla (poly lactic acid) pada agroindustrikemasan biodegradabel di indonesia. Jurnal Teknik Industri, 3(2). https://doi.org/10.25105/jti.v3i2.1574

Hamni, M. (2022). Pengaruh manajemen risiko, modal intelektual dan inovasi terhadap nilai perusaahan dimediasi kinerja perusahaan.. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6zkh

Hidayat, D., Abdurachman, E., Elidjen, E., & Hutagaol, Y. (2021). The mediating role of entrepreneurial orientation on the knowledge creation-firm performance nexus: evidence from indonesian it companies. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 6(1), 922-927. https://doi.org/10.25046/aj0601101

Hidayat, T., Fikri, M. A., & Kusuma, D. R. (2022). Peran pembelajaran organisasi pada pengaruh kapabilitas manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisasi. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(4), 553-568. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i4.250

Hutagalung, D., Novitasari, D., Silitonga, N., Asbari, M., & Supiana, N. (2021). Membangun inovasi organisasi: antara kepemimpinan transformasional dan proses manajemen pengetahuan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4568-4583. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1522

Jeklin, A. (2016). Kewirausahaan. July, 1–23.

Kevin, & Puspitowati, I. (2020). Pengaruh penggunaan media sosial dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(3), 612-620. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i3.9573

Kusnadi, F. R., & Utama, L. (2023). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi terhadap kinerja usaha pada UMKM batik semarang. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 5(1), 167-174. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22564

Kusuma, H., & Priyandari, Y. (2017). Manajemen pengetahuan di divisi engineering pt. skf indonesia. Performa :Waj Media Ilmiah Teknik Industri, 16(2). https://doi.org/10.20961/performa.16.2.16982

Maulana, B. R., & Yuliani, N. L. (2023). Pengaruh ketahanan usaha, karakter wirausaha, dan pertumbuhan usaha terhadap keberlangsungan usaha melalui kinerja bisnis. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 20(1), 63. https://doi.org/10.30651/blc.v20i1.15933

Nti, N. K. (2022). Entrepreneurial management as a predictor of business performance in the greater accra region, ghana. Journal of Management and Entrepreneurship Research, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.34001/jmer.2022.6.03.1-24

Pranoto, T., Setiawan, A., & Widodo, S. S. (2022). Pengaruh inovasi teknologi dan manajemen pengetahuan terhadap kinerja personel. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 10(2), 107-115. https://doi.org/10.20527/jwm.v10i2.203

Putri, Y. D., & Ie, M. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan, lingkungan dan media sosial terhadap kinerja usaha UMKM di jakarta. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 1106-1114. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9896

Rachmasari, A. D., & Suprapti, N. W. S. (2022). Peran inovasi produk dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis ukm kedai kopi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(2), 318. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i02.p06

Rompis, J. E. H., Mananeke, L., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran (studi kasus usaha kerajinan kayu di kecamatan tagulandang kabupaten sitaro). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 447. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.40691

Sariono, E., Waluyo, T., & Sitorus, M. (2024). Pengaruh manajemen pengetahuan terhadap komitmen (studi pada kantor sekretariat daerah kota depok). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(4), 2284-2295. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i4.14904

Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Untitled. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1481. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p13

Sentanu, I. G. E. P. S., & Praharjo, A. (2020). Effect of entrepreneurial orientation and knowledge sharing on business performance. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(01). https://doi.org/10.22219/jiko.v5i01.9859

Soeparto, W. H. (2019). Pencapaian kinerja perusahaan keluarga melalui tingkat kesiapan suksesor dan hubungan antar anggota keluarga dan bisnis. Accounting and Management Journal, 3(2), 95-104. https://doi.org/10.33086/amj.v3i2.1412

Sofyan, S. (2017). Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Inovasi Dan Kinerja Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Sentra Industri Tas Desa Kadugenep. JBRM Tirtayasa, 1(1), 65–80.

Sondra, T. C., & Widjaja, O. H. (2021). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi terhadap kinerja usaha UKM bidang konveksi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(2), 500-508. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11897

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif Dan R&D.

Suprapto, M. N., Geo Iraiasa, W., & Sri Wahyuni, L. F. (2023). Implementasi knowledge management system untuk meningkatkan efektivitas distribusi pengetahuan dan pembelajaran di pt. mass rapid transit jakarta. Journal of Economics and Business UBS, 12(6), 3947-3958. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i6.1393

Uddin, B., Ananda, R. R., Fahrezi, D. A., & Riyadi, V. A. (2024). Usulan model manajemen pengetahuan perpustakaan universitas esa unggul menggunakan analisis swot. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 6(6), 789-797. https://doi.org/10.32672/jnkti.v6i6.7216

Umarsyah, D., & Zulkarnaini, Z. (2021). Tipologi inovasi sistem pelayanan kependudukan kabupaten pasaman barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik, 180-188. https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i3.278

Wajdi, F., & Wibowo, R. T. J. (2017). Pemodelan persamaan struktural : penerapan manajemen pengetahuan dan faktor-faktor pendukungnya. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 159-167. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol18.no2.159-167