PEMBUATAN GAME VR PARKING SIMULATOR DENGAN UNITY

Main Article Content

Resky Gamadya Wiratamtama
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game “VR : Parking Simulator” adalah sebuah game yang berjenis simulator. Game ini dirancang dengan menggunakan Unity3D dan ditargetkan untuk platform mobile. Game ini memiliki desain 3d game. Game ini dirancang menggunakan Unity sebagai engine dalam pembuatan game, Microsoft visual studio 2017 sebagai pembuat scripts. Pemain harus menyelesaikan game dari level 1 kemudian baru lanjut ke level 2 dan selanjutnya hingga ke level 9. Setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda–beda. Untuk level 5 dan level 6 pemain harus memarkirkan kendaraanya secara pararel. Dan untuk level 8 dan level 9 pemain harus memarkirkan kendaraannya secara parkir mundur. Pemain juga dapat membeli mobil yang tersedia di dalam game dengan mengumpulkan koin yang di dapat dari bermain game. Pengujian dilakukan melalui survei pada 30 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game “VR: Parking Simulator” merupakan game yang mirip dengan parkir mobil yang sebenarnya.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Resky Gamadya Wiratamtama, Tarumanagara University

Fakultas Teknologi Informasi

References

Yohan Kurniadi et al., “Pembuatan Aplikasi Simulasi Ujian Praktik Pengambilan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Roda Empat” https://media.neliti.com/media/publications/109157-ID-pembuatan-aplikasi-simulasi-ujian-prakti.pdf, 5 January 2019Vince, The Many Different Types of Video Games & Their Subgenres, https://www.idtech.com/blog/different-types-of-video-game-genres, 28 Agustus 2018.

Riswan Abidin, Pengertian Virtual Reality dan Perbedaannya dengan Augmented Reality, Tekno Jurnal, https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/, 14 Agustus 2018.

Martin Gozali, Pembuatan Game Survival Horror “Buried Treasure” Dengan Fitur Virtual Reality. Skripsi,Jakarta: Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi. Universitas Tarumanagara (Skripsi tidak dipublikasikan), Agustus 2018. Wolfgang Kramer, What is a Game?, The Games Journal,http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml, 23 Agustus 2018. Merriam-Webster, Definition of Video Game by MerriamWebster,https://www.merriamwebster.com/dictionary/video%20game, 23 Agustus 2018. Eko Nugroho, 7 Tahap Pengembangan Game, https://tekno.kompas.com/read/2013/08/21/1226508/7.Tahap.Pengembangan.Game?page=all, 30 july 2019 . Garth Henson, What is The Definition for Simulation Games, Altered Gamer, https://www.alteredgamer.com/pc-gaming/58403-from-planes-to-pets-to-people-the-growth-and-breadth-of-simulation-games/, 24 Agustus 2018. Israel LeCours, Urban Dictionary – replay value, UrbanDictionary, https://www.urbandictionary.com/define.php?term=replay%20value, 29 Agustus 2018.