REKOMENDASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI PESERTA DIDIK PADA UNIVERSITAS TARUMANGARA MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE DENGAN ALGORITMA C4.5

Reynaldo Reynaldo, Bagus Mulyawan, Tri Sutrisno

Abstract


Pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan seseorang, penjurusan dalam jenjang pendidikan sekolah dasar sampai sekolah menengah atas masih belum membingungkkan. Pada saat ingin masuk perguruan tinggi yang memiliki jurusan yang cukup banyak jika di bandingkan pada tingkat SMA atau SMK, hal ini yang membuat para siswa yang akan berubah statusnya menjadi mahasiswa bingung dan sering kali juga salah dalam memilih jurusan yang akan diambil dalam perguruan tinggi tersebut.

Sistem rekomendasi jurusan ini menggunakan Data Mining yaitu metode Decision Tree dengan algoritma C4.5 dan dibantu dengan Confusion Matrix yang berfungsi untuk mengetahui tingkat akurasi yang dihasilkan.

Hasil pengujian dari beberapa skema percobaan yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa, fakultas Teknologi Informasi memiliki tingkat akurasi yang paling besar yaitu 80.76% yang dihitung dengan menggunakan rumus akurasi dari Confusion Matrix jika dibandingkan dengan percobaan pada fakultas lain. Dari pengujian tersebut dapat diketahui bahwa faktor nilai masukkan atau faktor x dan juga nilai keluaran yang akan dihasilkan atau faktor y mempengaruhi presentase yang akan dihasilkan. Semakin banyak variabel nilai masukkan yang diproses jika dibandingkan dengan variabel nilai keluaran yang dihasilkan maka hasil presentase akan semakin besar, dan juga sebaliknya.

References


Anita Mary Florence and Ms.Savithri. Talent Knowledge Acquisition Using C4.5 Classification Algorithm. International Journal Of Emerging Technologies in Computational and Applied Sciences (IJETCAS). 2013

Hamidah, 2014. Analisis Dan Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Berdasarkan Data Nilai Akademik. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2014. 2014

David Hand, Heikki Mannila dan Padhraic Smith, Principles of data mining, (London: A Bradford book The MIT Press, 2001), h. 104.

Sunjana , 2010, Aplikasi Mining Data Mahasiswa Dengan Metode Klasifikasi Decision Tree, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta.

Saedsayad, Decision Tree-Classcation https://www.saedsayad.com/decision_tree.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.