PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PEMBUATAN PETA UNTAR

Tri Sutrisno, Yosua Yosua, Muhammad Arief Nugraha, Joni Joni

Abstract


Universitas Tarumanagara adalah salah satu universitas swasta tertua yang berada di Jakarta, Indonesia. Nama universitas ini berasal dari nama kerajaan Tarumanagara serta didirikan pada tanggal 1 Oktober 1959 dengan ditandai berdirinya “Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara” dibawah naungan “Yayasan Tarumanagara” yang berdiri pada tanggal 18 Juni 1959. Universitas Tarumanagara atau disingkat dengan UNTAR pada kampus 1 memiliki luas lebih dari 31.632 m2 dan terdapat lebih dari lima gedung yang ditempati oleh berbagai macam fakultas. Menjadi hal yang wajar apabila seseorang yang awam atau pertama kali menginjakan kaki di UNTAR bingung dengan lokasi yang ingin dia tuju, seperti mencari gedung R atau bahkan toilet karena kondisi UNTAR yang begitu luas. Oleh sebab itu, dirancang sebuah program aplikasi peta berbasis website dengan alamat petauntar.malesbgt.com yang dapat menangani atau memberikan solusi bagi pengguna, melalui rute atau jalur yang dapat dilalui oleh pengguna menuju tujuan yang diinginkan. Program ini menerapkan Algoritma Dijkstra  yang diketahui bahwa algoritma ini dapat memberikan rute atau jalur tercepat. Rute atau jalur yang diberikan program dibandingkan dengan kemungkinan-kemungkinan rute atau jalur yang dapat diambil secara manual, sehingga dapat diketahui total jarak terkecil dari perbandingan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Algoritma Dijkstra dapat menjadi Algoritma yang cocok untuk diterapkan dalam pembuatan peta UNTAR karena dapat memberikan total jarak terkecil sehingga dapat memberikan rute atau jalur tercepat bagi pengguna.

References


Ardana, D. dan Saputra R. 2016. Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016). 10 Oktober 2016, Semarang, Indonesia. Hal. 299-306.

Yulia, W.E., Istiadi, D., dan Roqib, A. 2015. PENCARIAN SPBU TERDEKAT DAN PENENTUAN JARAK TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS DI KABUPATEN JEMBER). Jurnal Nasional Teknik Elektro. 4 (1): 89-93.

Ginting, J.V. dan Barus, E.S. 2018. APLIKASI PENENTUAN RUTE RUMAH SAKIT TERDEKAT MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA. Jurnal Mantik Penusa. 2 (2): 1-8.

Primadasa,Y. 2015. PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA PADA SIG BERBASIS WEB UNTUK DISTRIBUSI MINUMAN (STUDI KASUS PT.COCA-COLA KOTA PADANG). Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer. 2 (2): 47-54.

Setiyadi, I., Adji, T.B., dan Setiawan, N.A. 2015. OPTIMALISASI ALGORITMA DIJKSTRA DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN BOBOT JALUR PADA WAKTU YANG BERBEDA. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015. 6-8 Februari 2015, Yogyakarta, Indonesia. Hal. 31-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.