KAJIAN AKSESIBILITAS WEB DI LINGKUNGAN KALBIS INSTITUTE MENGGUNAKAN PEDOMAN WCAG 2.0 UNTUK PENILAIAN WEBOMETRICS

Main Article Content

Paramaresthi Windriyani
Harya Bima Dirgantara

Abstract

Di era 4.0 sangat dibutuhkan sebuah eksistensi dalam dunia maya. Kalbis Insitute adalah sebuah institusi pendidikan yang berada di Jakarta yang membutuhkan keeksistensian salah satunya dengan cara pemeringkatan Webometrics. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengetahui hasil evaluasi kriteria teknis dari aksesibilitas sebuah website di lingkungan Kalbis Institute agar dapat meningkatkan keeksistensiannya pada dunia maya. Pada penelitian ini menggunakan pedoman WCAG 2.0 sebagai pedoman aksesibilitas dan menggunakan TAW3 sebagai alat evaluasi kriteria teknisnya. Hasil penelitian ini dijabarkan sesuai dengan prinsip yang ada pada pedoman WCAG 2.0 dan digambarkan dalam beberapa grafik

Article Details

Section
Articles

References

B Xing, T Marwala, 2017, Implications of The Fourth Industrial Age for Higher Education, The Thinker, vol. Third Quater, hal 10-15

Anonim, 2017, Objectives of the Webometrics Ranking of World’s Universities 2017, http://www.webometrics.info/en/About_U

Anonim, 2017, www.kalbis.ac.id.

W. Marwiyah, Hartati, and L. Sugiyanta, 2016, Analisis Implementasi Website Universitas Negeri Jakarta Berdasarkan Kriteria Webometrics, vol.2, hal 17-27.

A. Darmasaputra, F. A. Muqtadiroh, and H. M. Astuti, 2016, Rekomendasi Konten Website Jurusan di Institut, Prosiding SESINDO 2016, November 1.

P. Windriyani, R. Ferdiana, and W. Najib., 2014, Accessibility evaluation using WCAG 2.0 guidelines webometrics based assessment criteria (case study: Sebelas Maret University, Proceeding of 2014 International Conference on ICT For Smart Society (ICISS), Bandung, September 24-25