PEMANFAATAN APLIKASI POINT OF SALES UNTUK PREDIKSI STOCK BARANG DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO
Main Article Content
Abstract
Pengadaan barang dan kelengkapan barang menjadi hal yang sangat menetukan berjalannya proses bisnis suatu usaha. Perlu adanya peningkatan strategi manajemen barang sehingga tidak ada barang yang menumpuk di gudang atau sebaliknya barang yang ada tidak dapat memenuhi permintaan pasar. Penggunaan aplikasi Point of Sales menjadi salah satu upaya peningkatan manajemen barang serta karyawan. Sayangnya pemanfaatan aplikasi yang kurang maksimal membuat usaha menjadi stagnan. Lebih jauh, pada penelitian ini memfokuskan pada pemanfaatan data laporan dari aplikasi Point of Sales (POS) untuk menghasilkan prediksi stock barang dengan metode Fuzzy Tsukamoto. Hasil prediksi ini memungkinkan pemilik usaha untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dari sisi pengadaan barang yang berdampak pada kepuasan pelanggan dan juga mengurangi tingkat kerugian usaha
Article Details
References
Grawidi Yuarita, Titania dan Marisa, Fitri, 2017, Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika Vol. 3, No. 2,hlm : 167-171.
Dion, James E., 2003. The Effect of POS Implementation and Retail Technology on Sales and Profitablillity for Small to Mid Sized Retailers.Cresswell, J.W.
Ting Su, Hsiang and Pin Fu, Hsin. 2015. Information Technology Adoption Models in Retaiing Industry. Internation Journal od Management, Economics and Social Science, Vol. 4(1), pp: 32-41.
Abdurrahman, Ginanjar, 2011. Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi BarangBerdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
P. Gilang dan Y. Herman. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Android POS (Point Of Sale) Kafe Untuk Kasir Portable dan Bluetooth Printer. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol.6, No. 1, hlm : 199-208
Sitohang, Sunarsan, dan D.N. Ronal.2017. Fuzzy Logic untuk Menentukan Penjualan Rumah dengan Metode Mamdani (Studi Kasus : PT Gracia Herald).Jurnal Information System Development, Vol. 2, No.2, hlm :91-101