SISTEM PENGELOLAAN DOKUMEN SURAT MENGGUNAKAN METODE ALPHABETICAL FILING DAN CHRONOLOGY SYSTEM

Ria Resti, Langgeng Listiyoko, Meliana Saragih, Anggun Presilia

Abstract


Pelayanan kepada masyarakat oleh pemerintah di tingkat Kecamatan Pasar Kemis saat ini menuntut adanya peran teknologi informasi dalam mengelola arsip dokumen cetak. Secara konvensional setiap dokumen surat disimpan dalam sebuah rak berisi map dengan identitas sesuai keperluan. Penelitian ini bertujuan membuat sistem pengelolaan surat untuk meningkatkan efisiensi pengambilan kembali dalam rangka kegiatan investigasi maupun referensi kedinasan. Metode Alphabetical Filing dan Chronology System digunakan dalam perancangan system karena sederhana dan mudah diimplementasikan. Sementara itu aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman Delphi XE2 dan database MySql

References


Devitra, J. d. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Arsip Berbasis Web. Penelitian Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 228.

Agus Garnida, D. J. (2013). Manajemen Perkantoran. Bandung: Alfabeta.

Dahlan Abdullah, N. Y. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Pada PDAM Tirta Mon Pase Aceh Utara. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA.

Muhammad Hafizh, N. M. (2018). Sistem Penyimpanan Arsip Dikantor Camat kota XI Tarusan Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 20.

Hapsari, R. D. (2014). Perancangan Sistem Informasi Arsip Digital Di Bagian Program dan Pelaporan Direktorat Jenderal Imigrasi. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.

Muhammad Arief, R. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Madcoms. (2011). Aplikasi web Database dengan Dreamweaver dan PHP-MySql. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.