ANALISIS RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI STATUS IMUNISASI (SISI) ONLINE

Alusyanti Primawati, Aulia Paramita

Abstract


Dalam upaya mencegah penyakit, pemerintah telah menyelenggarakan kegiatan imunisasi. Pencatatan Pelayanan Imunisasi menjadi tolak ukur pelaporan imunisasi untuk melihat cakupan imuniasi. Dalam Pedoman Pelayanan Imunisasi, cakupan imunisasi harus tinggi dan merata disemua wilayah. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya daerah yang menciptakan wabah atau penyakit menular sehingga terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) khususnya di wilayah Jawa Barat. Oleh sebab itu alangkah baiknya imunisasi dijadikan budaya untuk pencegahan dan diperlukan alat bantu ataupun aplikasi pendukung. Sistem Informasi Status Imunisasi (SISI) Online merupakan salah satu pengembangan alat bantu di masyakakat yang memudahkan pencarian informasi pencatatan status imunisasi Ibu dan Anak. Aplikasi pendukung berbasis website pada SISI Online dirancang untuk mempermudah tenaga ahli kesehatan untuk mengelola rekam medis imunisasi pada anak (sebagai administrator). Selain itu Sisi Online dapat mempermudah tenaga ahli kesehatan dan masyarakat dalam mengelola sertifikat imunisasi yang diperlukan untuk menunjang berbagai persyaratan kesehatan ataupun pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Grouded Research dengan pendekatan penelitian terapan, sedangan rancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian berupa Rancangan Website SISI Online, yang diharapkan dapat menjadi bahan untuk selanjutnya dibuat aplikasinya

References


Menteri Kesehatan RI, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Imunisasi,” Kementeri. Kesehat., pp. 1–162, 2017.

G. Susanto and Sukadi, “Sistem Informasi Rekam Medis Pada Rumah Sakit Umum Daerah ( Rsud ) Pacitan Berbasis Web Base,” Sist. Inf. Rekam Medis Pada Rumah Sakit Umum Drh. Pacitan Berbas. Web Base, 2011.

B. Glaser, “Grounded theory methodology,” Introd. Qual. Res. Psychol., 2013.

M. Petre, “UML in practice,” in Proceedings - International Conference on Software Engineering, 2013.

J. Sundari, “Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web,” Indones. J. Softw. Eng., 2016.

Pressman, Roger S. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Yogyakarta: Andi. 2012.

Nugroho, E. P. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Bandung: Politeknik Telkom. 2009.

Rosa & Shalahuddin. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula


Refbacks

  • There are currently no refbacks.