PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS: SMA BINA MULYA GADING REJO, PRINGSEWU)

Heni Sulistiani, Dedi Darwis, Dwi Shinta M. Silaen, Diana Marlyna

Abstract


Teknologi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Perkembangan Teknologi yang pesat saat ini sangat membantu dan mempermudah segala bidang kehidupan terutama pada bidang pendidikan. Teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Akuntansi Persediaan Metode Average Berbasis Multimedia di SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Akuntansi Persediaan Metode Average Berbasis Multimedia dan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif, mendeskripsikan kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan multimedia Luther berdasarkan Sutopo yang terdiri dari Konsep, Desain, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian menggunakan ISO 9126 dengan perhitungan SPSS.  Media ini diujicobakan pada 32 siswa dan 3 guru SMA Bina Mulya Gading Rejo, Pringsewu. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash pada pokok bahasan Akuntansi Persedian Metode Average yang telah dikembangkan, termasuk dalam kriteria baik untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran (dari penilaian ahli materi dan siswa memberikan nilai Cronbach alpha untuk variabel kepuasan sebesar 0.931

References


K. Rahadian, R. Restu and M.P. Wuriandietry, “Game Edukasi Pembelajaran Interaksi Mata bagi Anak Autis,” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2018, p. 68-76.

S. Hernawan and A. Nugroho, “Rekayasa Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Organ pada Manusia Berbasis Web,” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 2015, p. 35-38.

Y. Tri and M. Sriyani, “Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi pada Pokok Bahasan Proses Entry Jurnal.” Universitas Negeri Malang, 2012.

W. Wandah, “Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajran Interaktif,” Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, Jember, Jawa Timur.

Arsyad, “Media Pembelajaran,” Rajawali Pers, Jakarta, 2011.

M. Istiqlal, “Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor I, 2014.

Horngen and Harrison, “Akuntansi,” Erlangga, Jakarta, 2007.

M. Hardi, “Memahami Akuntnasi Dasar (Pendekatan Teknis Siklus Akuntansi),” Mitra Wacana Media, Jakarta, 2013.

Margono, “Metodologi Penelitian Pendidikan,” Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

ISO/IECFDIS 9126-1, “Information Technology Software Proudct Quality,” ANSI, 2000.

G. Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh,” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Madcom, “Adobe Flash Professional CS6 untuk pemula,” Yogyakarta: Andi, 2012.

S. Ariesto Hadi, “Multimedia Interaktif dan Flash,” Yogyakarta: PT Graha Ilmu, 2003.

S. Bambang, “Analisis Regresis Terapan dengan SPSS,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

F. Nur, “Pengembangan Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Myobpada SMK NU 01 Kendal, Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer”, Jalur Studi Sistem Komputerisasi Akuntansi, Sekolah Tinnggi Elektronika dan Komputer, Kendal, 2015.

Wahyuni, Nur, Anis and Susanti, “Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMK Surabaya,” Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.