Perancangan Jaringan LTE di Kecamatan Sukarame, Sukabumi, Way Halim dan Kedamaian di Kota Bandar Lampung

Main Article Content

Tazakka Viddien Caya
Uke Kurniawan Usman

Abstract

Kota Bandar Lampung merupakan ibukota dari provinsi Lampung. Demi menunjang perkembangan social & ekonomi di Kota Bandar Lampung, maka diperlukan pembangunan infrastuktur. Salah satunya adalah infrastuktur telekomunikasi. Maka diperlukan perancangan jaringan Long Terms Evolution (LTE) yang dapat mencakup daerah Kota Bandar Lampung. Penelitian ini akan mengkaji perancangan jaringan LTE pada frekuensi 1800 MHz dengan metode perencanaan kapasitas (capacity planning) dan perencanaan cakupan (coverage planning) pada 4 kecamatan di kota Bandar Lampung, yaitu daerah kecamatan Sukarame, Sukabumi, Way Halim & Kedamaian. Pada perencanaan kapasitas, didapatkan jumlah site sebanyak 4 di Sukarame, 6 di Sukabumi, 2 di Way Halim, dan 2 di Kedamaian dengan total 14 site dengan luas site 3-5 km2 dan radius sel lebih dari 1 km. Untuk perhiutngan pathloss, digunakan metode COST-231 dan didapatkan nilai pathloss terbesar yaitu 143,47 dB di kecamatan Sukarame dann terkecil yaitu 141,3 dB di kecamatan Way Halim. Nilai-nilai tersebut masih berada dalam jangkauan nilai maksimum yang diperbolehkan (MAPL) perangkat yaitu 144,73 dB. Dengan parameter yang telah memenuhi standar penerapan, maka rancangan yang ada dapat di implementasikan

Article Details

Section
Articles

References

Ridho Ahmad, M. (2018) “Perancangan Jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) 1800 MHz di Kota Mataram”. FTI UIN Yogakarta Skripsi 2018.

bandarlampungkota.bps.go.id. Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung. [online] Dapat diakses di: https://bandarlampungkota.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3 [Diakses tanggal 11 May 2019].

Telkomsel. Annual Report Telkomsel 2016. [online] Available at: https://www.telkomsel.com/about-us/investor-relations [Accessed 11 May 2019].

bandarlampungkota.bps.go.id. Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung. [online] Dapat diakses di: https://bandarlampungkota.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3 [Diakses tanggal 11 May 2019].

Wang Tao. 2011.“LTE Radio Network Capacity Dimensioning”. China: Huawei Technologies CO.

Zettira Zukhrufuljannah, Z. (2017). ” Perancangan Jaringan LTE pada Wilayah Kota Cirebon”. Telkom University, Bandung.

Pratama, Wisnu Hendra., Usman, Uke Kurniawan., Mardianto, Saleh Dwi. (2014). “Analisa Perencanaan Jaringan Long Term Evolution (LTE) Menggunakan Metode Frekuency Reuse 1, Fractional Frekuency Reuse Studi Kasus Kota Bandung”. e-Proceeding of Engineering: Vol.1, No.1 Desember 2014. Page 111. Telkom University, Bandung.