PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANIMASI MULTIMEDIA UNTUK ANAK-ANAK TK

Henri Septanto, Harya Bima Dirgantara

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat dan berpengaruh besar dalam proses kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang digunakan para guru mempunyai pengaruh cukup besar dalam meningkatkan minat serta mempercepat pemahaman para siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Akibat kemajuan TIK yang sangat pesat ini maka mulailah muncul berbagai aplikasi yang dibuat untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar, namun demikian masih banyak sekolah-sekolah khususnya TK yang belum memanfaatkan atau menggunakan aplikasi berbasis animasi multimedia sebagai media pembelajaran..Tujuan penelitian ini adalah membantu para guru dan para siswa TK dalam kegiatan belajar mengajar dengan menciptakan aplikasi pengenalan hewan berbasis animasi multimedia. Hasil penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran untuk anak-anak TK yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar agar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model proses prototyping

References


Dony Ariyus, 2009, Keamanan Multimedia, Edisi 1, ISBN: 978-979-29-0289-1, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Jupriyanto, Erlina, 2011, Pengenalan Adat Tradisional Indonesia Berbasis Multimedia Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Ngadirejan, Journal Speed (Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi), ISSN: 1979-9330 (print) – 2088-0154 (online), Volume 3 No. 4, halaman 2

Septi Eka Hardyana, Herlawati, 2016, Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Khas Pulau Indonesia Berbasis Android Pada TK Kupu-kupu Mungil Bekasi, Jurnal Teknik Komputer AMIK Bekasi, ISSN: 2442-2436, Vol.II No. 1, halaman 2

Widodo, Bekti Wulansari, 2019, Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Professional CS6, ISBN: 978-602-5568-43-5, Gava Media, Yogyakarta

Henri Septanto, 2014, Studi Komparasi Antara Media Evaluasi Berbasis Multimedia Dengan Media Evaluasi Berbasis Kertas Terhadap Hasil Ujian Pengenalan TIK Pada Peserta Pelatihan Kejuruan Operator Kejuruan Operator Komputer di PPKD Jakarta Timur, ICT Journal STMIK Bina Insani, ISSN 2527-9777, Vol. 1, No.1, halaman 3

Wandah Wibawanto, 2017, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Cetakan Pertama, ISBN: 978-602-7534-26-1, Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, Jember-Jawa Timur.

Juki Irfansyah, 2017, Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android, Journal Information Engineering and Educational Technology, Universitas Negeri Surabaya, ISSN: 2549-869X, Volume 01, Nomor 01

Muhammad S. Maulana, Ade M.F.H, 2017, Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-hewan Khas Kalimantan Berbasis Android Mobile Learning, Jurnal Khatulistiwa Informatika, AMIK BSI, p-ISSN: 2339-1928, e-ISSN: 2579-633X, Vol.V, No. 2

I Made Artawan, Made Sudarma, I Made A.S, 2017, Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Virtual Reality Menggunakan Platform Android, E-Journal Spektrum, Universitas Udayana Denpasar, Bali, ISSN: 2302-3163, Vol.4, No.2

Fransisco A. Simbolon, Guntur S., Erwin P., H.T. Sihotang, 2018, Pembuatan Aplikasi Pengenalan Suara Dan Objek Hewan Sebagai Media Pengenalan Bagi Anak Usia Dini Dengan Metode Computer Based Instruction, Journal Of Informatic Pelita Nusantara, STMIK Pelita Nusantara, Medan, Sumatra Utara, e-ISSN 2541-3724, Volume 3 No 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.