PERANCANGAN PROTOTIPE PENGENDALI KECEPATAN PADA SEPEDA MOTOR DENGAN SCECS MELALUI APLIKASI BLYNK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Motorcycle safety is a requirement that must be met when driving. With the increasing number of motorbike users as the main means of transportation in many countries, especially in developing countries and high population density areas. The use of motorbikes as a means of daily transportation has basic reasons that make them very popular, including being more cost efficient and affordable in terms of purchase price, operational costs, fuel consumption and maintenance. Another reason why many motorbikes are used is the ease of maneuvering and avoiding traffic jams, where motorbikes are more agile and can easily pass through traffic jams, making them an effective solution for moving around cities with high levels of congestion. Apart from its convenience, the use of motorbikes also has a negative impact if the rider lacks an understanding of safe driving techniques and traffic rules, especially parents who let their children ride motorbikes at a young age, is a big concern for society because of the potential increasing accidents. One potential for accidents is due to driving exceeding the speed limit. This contributes significantly to the severity of injuries in motorcycle accidents. Based on this, this research proposes a prototype smart card system to limit motorbike speed automatically using a microcontroller that monitors changes in the gas handle to control speed. The system also has a monitoring feature that allows supervision. The test results show an average error rate of 3.5% for the speed linearity test and 1.9% for the Limit Speed Machine test of the total data tested
Abstrak
Keselamatan berkendara sepeda motor adalah persyaratan yang harus dipenuhi dalam berkendara. Dengan meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor sebagai sarana transportasi utama di banyak negara, terutama di negara-negara berkembang dan wilayah kepadatan penduduk tinggi. Penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari memiliki alasan mendasar yang membuatnya sangat populer diantaranya lebih efisien biaya dan terjangkau dari segi harga pembelian, biaya operasional, konsumsi bahan bakar, maupun pemeliharaan. Alasan lain banyak penggunaan sepeda motor adalah kemudahan manuver dan menghindari kemacetan, dimana sepeda motor lebih lincah dan dapat dengan mudah melewati kemacetan lalu lintas, membuatnya menjadi solusi efektif untuk bergerak di kota-kota dengan tingkat kemacetan tinggi. Selain memiliki kemudahan, penggunaan sepeda motor juga memiliki dampak negatif jika pengendara kurang memiliki pemahaman tentang teknik berkendara dan tata tertib lalu lintas yang aman, terutama orang tua yang membiarkan anak-anak mereka mengendarai sepeda motor pada usia muda, menjadi keprihatinan besar bagi masyarakat karena potensi kecelakaan yang meningkat. Salah satu potensi terjadinya kecelakaan adalah karena berkendara yang melebihi batas kecepatan. Hal ini berkontribusi yang signifikan terhadap tingkat keparahan cedera dalam kecelakaan sepeda motor. Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini mengusulkan prototipe sistem smart card untuk membatasi kecepatan sepeda motor secara otomatis menggunakan mikrokontroler yang memantau perubahan handle gas untuk mengontrol kecepatan. Sistem ini juga memiliki fitur pemantauan yang memungkinkan pengawasan. Hasil pengujian menunjukkan tingkat kesalahan rata-rata sebesar 3.5% untuk pengujian linieritas kecepatan dan 1.9% untuk pengujian Limit Speed Machine dari total data yang diuji
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Penulis
Sebagai Penulis Jurnal, Anda memiliki hak untuk berbagai kegunaan untuk artikel Anda, termasuk penggunaan oleh institusi atau perusahaan yang mempekerjakan Anda. Hak penulis dapat dilaksanakan tanpa perlu izin khusus. Penulis yang menerbitkan dalam jurnal TESLA: Jurnal Teknik Elektro memiliki hak luas untuk menggunakan karya-karya mereka untuk tujuan pengajaran dan ilmiah tanpa perlu mencari izin, termasuk: digunakan untuk pengajaran di kelas oleh penulis atau lembaga penulis dan presentasi di pertemuan atau konferensi dan mendistribusikan salinan kepada peserta; gunakan untuk pelatihan internal oleh perusahaan penulis; distribusi ke kolega untuk penggunaan penelitian mereka; digunakan dalam kompilasi karya penulis selanjutnya; termasuk dalam tesis atau disertasi; penggunaan kembali sebagian atau kutipan dari artikel dalam karya lain (dengan pengakuan penuh atas artikel final); persiapan karya turunan (selain untuk tujuan komersial) (dengan pengakuan penuh atas artikel akhir); posting sukarela di situs web terbuka yang dioperasikan oleh penulis atau lembaga penulis untuk tujuan ilmiah (harus mengikuti CC dengan Lisensi SA).
Penulis dapat menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, dan mencampur, memodifikasi, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial, tetapi mereka harus memberikan kredit yang sesuai (mengutip artikel atau konten), memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Jika Anda mencampur, memodifikasi, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kembali kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
Perjanjian Transfer Hak Cipta (untuk Penerbitan)
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, publikasi hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan / ditransfer ke TESLA: Jurnal Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara sebagai Penerbit Jurnal. Setelah menerima artikel, penulis akan diminta untuk menyelesaikan 'Perjanjian Transfer Hak Cipta' (lihat informasi lebih lanjut tentang ini). E-mail akan dikirim ke penulis terkait yang mengkonfirmasi penerimaan naskah beserta formulir 'Perjanjian Transfer Hak Cipta' dengan versi online dari perjanjian ini.
TESLA: Jurnal Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara, Editor dan Dewan Penasihat Nasional dari Dewan Penasihat, berupaya sebaik mungkin untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah, menyesatkan, opini atau pernyataan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TESLA: Jurnal Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Ingat, meskipun kami meminta transfer hak cipta, penulis jurnal kami tetap (atau diberikan kembali) hak ilmiah yang signifikan seperti yang disebutkan sebelumnya.
Formulir Copyright Transfer Agreement (CTA) dapat diunduh di sini: [TESLA Copyright Transfer Agreement Form (CTA): Journal of Electrical Engineering 2020]
Formulir hak cipta harus ditandatangani secara elektronik dan dikirim ke Kantor Editorial dalam bentuk email asli di bawah ini:
Ir. Wahidin Wahab, MSc, PhD. (Pemimpin Redaksi)
Kantor Editorial TESLA: Jurnal Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara
Jl. Letjen S. Parman No. 1 Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia 11440
Tel: 085156207206 (a.n Sofyan maulana)
E-mail: tesla@ft.untar.ac.id
Referensi
M. J. W. Wahda, T. Listyorini, and R. Meimaharani, “3D Hologram Pengenalan Alat Transportasi,” Simetris, vol. 8, no. 1, pp. 291–298, 2017.
A. Surahman, A. T. Prastowo, and L. A. Aziz, “Rancang Alat Keamanan Sepeda Motor Honda Beat Berbasis Sim Gsm Menggunakan Metode Rancang Bangun,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 3, no. 1, pp. 17–24, 2022.
I. G. A. M. Y. Mahaputra, I. G. A. P. R. Agung, and L. Jasa, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan GPS Tracker Berbasis Mikrokontroler dan Aplikasi Android,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 18, no. 3, pp. 361–368, 2019.
A. Afif Mauludi, Z. Djunaidi, and L. Saiful Arif, “Perilaku Berisiko Sebagai Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Pengemudi Sepeda Motor Komersial: Systematic Review,” J. Keselam. Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), vol. 8, no. 1, pp. 12–25, 2021, doi: 307.
D. Handayani, R. O. Ophelia, and W. Hartono, “Pengaruh Pelanggaran Lalu Lintas terhadap Potensi Kecelakaan pada Remaja Pengendara Sepeda Motor,” e-Jurnal Matrks Tek. Sipil, vol. 5, no. 3, pp. 838–843, 2017.
A. Asmara Putra, E. Susanto, and N. Prihatiningrum, “Sistem Perekam Kecepatan Sepeda Motor Saat Kecelakaan Menggunakan Microsd Motorcycle Speed Recording System During an Accident Using a Microsd,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 6, pp. 11479–11484, 2021.
M. Sholihin, S. Adi Wibowo, and R. Primaswara Prasetya, “PENERAPAN IoT (Internet of Things) TERHADAP RANCANG BANGUN SISTEM PERINGATAN BATASAN KECEPATAN DAN PENDETEKSI LOKASI KECELAKAAN BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR BERBASIS ARDUINO,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 597–604, 2021.
C. Wibisono Darmawan, S. R. U A Sompie, and F. D. Kambey, “Implementasi Internet of Things pada Monitoring Kecepatan Kendaraan Bermotor,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 9, no. 14, pp. 91–100, 2020.
I. Argi Himawan, T. Rismawan, and Suhardi, “Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakangps, Rfid Dan Pembatas Kecepatan Dengan Arduino Uno Berbasis Iot,” Komput. dan Apl., vol. 10, no. 3, pp. 399–410, 2022, [Online]. Available: https://otomotif.kompas.com/
I. U. Vistalina Simanjuntak and L. B. Puja Asmara, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint dan GPS Tracker Berbasis IoT,” Techné J. Ilm. Elektrotek., vol. 21, no. 1, pp. 31–44, 2022.