PROTOTYPE DESIGN OF SPEED CONTROL ON MOTORCYCLE WITH SCECS THROUGH BLYNK APPLICATION

Main Article Content

Sutikno
Sofia Ariyani
Moh. Heri Nurfiyanto

Abstract

Motorcycle safety is a requirement that must be met when driving. With the increasing number of motorbike users as the main means of transportation in many countries, especially in developing countries and high population density areas. The use of motorbikes as a means of daily transportation has basic reasons that make them very popular, including being more cost efficient and affordable in terms of purchase price, operational costs, fuel consumption and maintenance. Another reason why many motorbikes are used is the ease of maneuvering and avoiding traffic jams, where motorbikes are more agile and can easily pass through traffic jams, making them an effective solution for moving around cities with high levels of congestion. Apart from its convenience, the use of motorbikes also has a negative impact if the rider lacks an understanding of safe driving techniques and traffic rules, especially parents who let their children ride motorbikes at a young age, is a big concern for society because of the potential increasing accidents. One potential for accidents is due to driving exceeding the speed limit. This contributes significantly to the severity of injuries in motorcycle accidents. Based on this, this research proposes a prototype smart card system to limit motorbike speed automatically using a microcontroller that monitors changes in the gas handle to control speed. The system also has a monitoring feature that allows supervision. The test results show an average error rate of 3.5% for the speed linearity test and 1.9% for the Limit Speed Machine test of the total data tested


Abstrak


Keselamatan berkendara sepeda motor adalah persyaratan yang harus dipenuhi dalam berkendara. Dengan meningkatnya jumlah pengguna sepeda motor sebagai sarana transportasi utama di banyak negara, terutama di negara-negara berkembang dan wilayah kepadatan penduduk tinggi. Penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari memiliki alasan mendasar yang membuatnya sangat populer diantaranya lebih efisien biaya dan terjangkau dari segi harga pembelian, biaya operasional, konsumsi bahan bakar, maupun pemeliharaan. Alasan lain banyak penggunaan sepeda motor adalah kemudahan manuver dan menghindari kemacetan, dimana sepeda motor lebih lincah dan dapat dengan mudah melewati kemacetan lalu lintas, membuatnya menjadi solusi efektif untuk bergerak di kota-kota dengan tingkat kemacetan tinggi. Selain memiliki kemudahan, penggunaan sepeda motor juga memiliki dampak negatif jika pengendara kurang memiliki pemahaman tentang teknik berkendara dan tata tertib lalu lintas yang aman, terutama orang tua yang membiarkan anak-anak mereka mengendarai sepeda motor pada usia muda, menjadi keprihatinan besar bagi masyarakat karena potensi kecelakaan yang meningkat. Salah satu potensi terjadinya kecelakaan adalah karena berkendara yang melebihi batas kecepatan. Hal ini berkontribusi yang signifikan terhadap tingkat keparahan cedera dalam kecelakaan sepeda motor. Berdasarkan hal tersebut, Penelitian ini   mengusulkan prototipe sistem smart card untuk membatasi kecepatan sepeda motor secara otomatis menggunakan mikrokontroler yang memantau perubahan handle gas untuk mengontrol kecepatan. Sistem ini juga memiliki fitur pemantauan yang memungkinkan pengawasan. Hasil pengujian menunjukkan tingkat kesalahan rata-rata sebesar 3.5% untuk pengujian linieritas kecepatan dan 1.9% untuk pengujian Limit Speed Machine dari total data yang diuji

Article Details

How to Cite
[1]
Sutikno, S. Ariyani, and M. H. Nurfiyanto, “PROTOTYPE DESIGN OF SPEED CONTROL ON MOTORCYCLE WITH SCECS THROUGH BLYNK APPLICATION”, TESLA, vol. 26, no. 1, pp. 21–30, Apr. 2024.
Section
Articles

References

M. J. W. Wahda, T. Listyorini, and R. Meimaharani, “3D Hologram Pengenalan Alat Transportasi,” Simetris, vol. 8, no. 1, pp. 291–298, 2017.

A. Surahman, A. T. Prastowo, and L. A. Aziz, “Rancang Alat Keamanan Sepeda Motor Honda Beat Berbasis Sim Gsm Menggunakan Metode Rancang Bangun,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 3, no. 1, pp. 17–24, 2022.

I. G. A. M. Y. Mahaputra, I. G. A. P. R. Agung, and L. Jasa, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan GPS Tracker Berbasis Mikrokontroler dan Aplikasi Android,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 18, no. 3, pp. 361–368, 2019.

A. Afif Mauludi, Z. Djunaidi, and L. Saiful Arif, “Perilaku Berisiko Sebagai Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Pengemudi Sepeda Motor Komersial: Systematic Review,” J. Keselam. Transp. Jalan (Indonesian J. Road Safety), vol. 8, no. 1, pp. 12–25, 2021, doi: 307.

D. Handayani, R. O. Ophelia, and W. Hartono, “Pengaruh Pelanggaran Lalu Lintas terhadap Potensi Kecelakaan pada Remaja Pengendara Sepeda Motor,” e-Jurnal Matrks Tek. Sipil, vol. 5, no. 3, pp. 838–843, 2017.

A. Asmara Putra, E. Susanto, and N. Prihatiningrum, “Sistem Perekam Kecepatan Sepeda Motor Saat Kecelakaan Menggunakan Microsd Motorcycle Speed Recording System During an Accident Using a Microsd,” e-Proceeding Eng., vol. 8, no. 6, pp. 11479–11484, 2021.

M. Sholihin, S. Adi Wibowo, and R. Primaswara Prasetya, “PENERAPAN IoT (Internet of Things) TERHADAP RANCANG BANGUN SISTEM PERINGATAN BATASAN KECEPATAN DAN PENDETEKSI LOKASI KECELAKAAN BAGI PENGENDARA SEPEDA MOTOR BERBASIS ARDUINO,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 597–604, 2021.

C. Wibisono Darmawan, S. R. U A Sompie, and F. D. Kambey, “Implementasi Internet of Things pada Monitoring Kecepatan Kendaraan Bermotor,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 9, no. 14, pp. 91–100, 2020.

I. Argi Himawan, T. Rismawan, and Suhardi, “Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakangps, Rfid Dan Pembatas Kecepatan Dengan Arduino Uno Berbasis Iot,” Komput. dan Apl., vol. 10, no. 3, pp. 399–410, 2022, [Online]. Available: https://otomotif.kompas.com/

I. U. Vistalina Simanjuntak and L. B. Puja Asmara, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Fingerprint dan GPS Tracker Berbasis IoT,” Techné J. Ilm. Elektrotek., vol. 21, no. 1, pp. 31–44, 2022.