Viral Marketing Berbasis Komunitas (Studi Kasus terhadap Dance Cover Playcrew)

Main Article Content

Indra Ridwan Maulana
Sinta Paramita

Abstract

Viral marketing is another form of word of mouth, or "news from one mouse click to the next click (word of mouse)." Which encourages consumers to tell products and services developed by the company or audio, video and written information to others online. In human community, the individuals within it can have intentions, beliefs, resources, preferences, needs, risks and a number of other similar conditions. The purpose of the research is to find out how community- based viral marketing (case study of Playcrew dance cover). This research is a qualitative research using a case study method. theories used in this research are Viral Marketing, Popular Culture, Advertising and Mass Communication, Community and Dance cover theories. This research uses interviews with key informants and informants, literature studies, and documentation for data collection. The results of this study are dance cover playcrew able to influence people to find out about the hallyu culture of South Korea.

Viral marketing adalah bentuk lain berita dari mulut ke mulut, atau “berita dari satu klik mouse ke klik berikutnya (word of mouse).” Yang mendorong konsumen menceritakan produk dan jasa yang dikembangkan perusahaan atau informasi audio, video, dan tertulis kepada orang lain secara online. Dalam komunitas manusia, individu- individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Adapun maksud dari penelitian tersebut untuk mengetahui bagaimana viral marketing berbasis komunitas (studi kasus terhadap dance cover Playcrew). penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Viral Marketing, Budaya Populer,Iklan dan Komunikasi Massa, Komunitas dan Dance cover. penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan informan kunci dan informan, studi pustaka, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah dance cover playcrew mampu mempengaruhi masyarakat untuk mengetahui tentang budaya hallyu dari korea selatan.

Article Details

How to Cite
Maulana, I. R., & Paramita, S. (2021). Viral Marketing Berbasis Komunitas (Studi Kasus terhadap Dance Cover Playcrew). Prologia, 5(1), 101–107. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8153
Section
Articles
Author Biographies

Indra Ridwan Maulana, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ajeng T. (2013). Komunikasi Nonverbal Mahasiswa Melalui Kegiatan “Cover Dance” Sebagai Penggemar Aliran Musik K-Pop (Studi Deskriptif Tentang Komunikasi Nonverbal Mahasiswa Melalui Kegiatan “Cover Dance” Sebagai Penggemar Aliran Musik K-pop Dalam Menunjukan Eksistensi Dirinya di Kota Bandung). Universitas Komputer Indonesia: Bandung.

Cover Dance dari Indonesia Berhasil Viral Karena Mirip Banget dengan Stray Kids. (2020). https://www.kapanlagi.com/korea/cover-dance-dari-indonesia-berhasil-viral-karena-mirip-banget-dengan-stray-kids-250ac5.html

Emzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hamzah, I. F. (2019). Pengalaman Menulis pada Penulis nonfiksi: sebuah wawancara online kualitatif. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3426

Kompasiana. (2020). https://www.kompasiana.com/andzjjlin/555470036523bda6144aefc1/seru-nyamenjadidance-cover-kpop/ diakses pada 12 Mei 2020 pukul 18:27.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Potensi Bisnis dari Komunitas Dance Cover K-Pop. (2020). https://kumparan.com/kumparank-pop/potensi-bisnis-dari-komunitas-dance-cover-k-pop

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi.

Suka Duka Para Fans yang Tergabung dalam Komunitas K-Pop Dance Cover. (2020). https://kumparan.com/kumparank-pop/suka-duka-para-fans-yang-tergabung dalam-komunitas-k-pop-dance-cover

Yelly A, (2017). Pengaruh Konten Video dance K-Pop di YouTube terhadap komunitas cover dance di Bandar Lampung unruk melakukan cover dance K-Pop.