Peran Interaksi Simbolik dalam Perencanaan Komunikasi Pemasaran di Era Pandemi (Studi Kasus Kopi Lain Hati Sukasari Bogor)

Alfari Josita, Muhammad Adi Pribadi
| Abstract views: 231 | views: 218

Abstract

The purpose of marketing is to introduce a product and increase sales. Another Coffee Hati is one of the franchise business fields that has opened four hundred branches in Indonesia, one of which is Kopi Hati Hati Sukasari Bogor. Managing a business during a pandemic is an interesting thing, where cafe owners must of course have ways to attract consumers and also make consumers still feel safe when buying products at the venue. In running its business, of course Kopi Hati Hati Sukasari Bogor has a strategy that can make its business grow. Of course the strategy includes a review, regulations, promotions, and its target market and before implementing the strategy there are also several things that have been considered such as a first review. In this research has a very important role. This research uses a qualitative methodology with a case study method. Collecting data in this method by means of in-depth interviews, documentation, archival records and participant observation. In this research, there is an interaction that symbolizes symbols such as regulations and the use of language in daily activities at Kopi Hati Hati Sukasari Bogor.

Tujuan sebuah pemasaran adalah memperkenalkan suatu produk serta meningkatkan penjualannya. Kopi Lain Hati merupakan salah satu bidang usaha franchise yang telah membuka empat ratus cabang di Indonesia, salah satunya adalah Kopi Lain Hati Sukasari Bogor. Mengelola bisnis di masa pandemi merupakan hal yang menarik, dimana pemilik café tentunya harus mempunyai cara bagaimana menarik konsumen juga membuat konsumen tetap merasa aman ketika membeli produk di tempat tersebut. Dalam menjalankan bisnis nya tentu Kopi Lain Hati Sukasari Bogor mempunyai strategi yang dapat membuat bisnisnya semakin berkembang. Tentunya strategi tersebut meliputi peninjauan, peraturan, promosi, serta target marketnya dan sebelum menjalankan strategi tersebut juga ada beberapa hal yang telah diperhatikan seperti peninjauan terlebih dahulu. Dalam penelitian ini memiliki peran yang sangat penting. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam metode ini dengan cara wawancara mendalam, dokumentasi, rekaman arsip dan observasi partisipan. Dalam penelitian ini terjadi adanya interaksi yang melambangkan simbol-simbol seperti peraturan dan adanya penggunaan bahasa dalam kegiatan sehati-hari di Kopi Lain Hati Sukasari Bogor.

Keywords

case studies; coffee franchises; marketing communications; symbolic interactionism

Full Text:

PDF

References

Creswell, Jhon W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition, Terjemah, Achmad Fawaid, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

J. Moleong, Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kotler Philip, Keller Kevin Lane (2012). Manajemen Pemasaran Terpadu edisi 12. Jakarta: Erlangga

Percy, Larry.,Rossiter, John. (2012). Strategic Advertising Management. Oxford University Press: New York

Pribadi, Muhammad Adi, Suganda, Venus & Susanto, Eko Harry (2018). Dinamika Perusahaan Periklanan Indonesia: Studi Kasus Komunikasi dan Budaya Organisasi Dwi Sapta IMC dan Fortune Indonesia. Disertasi Universitas Padjajaran. Bandung: Universitas Padjajaran.

Richard West, Lynn H.Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 1) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika

Suananda, Rheinard. (2020, April 24). Wawancara Pribadi.

Yin, Robert K. (2014). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.