Pengaruh Iklan Goyang Shopee Bersama Cr7 (Cristiano Ronaldo) Terhadap Citra Perusahaan Shopee

Andi Setiawan, Wulan Purnama Sari
| Abstract views: 393 | views: 446

Abstract

The number of e-commerce companies in Indonesia has encouraged every company including Shopee to create a unique advertisement and can have a good influence on Shopee's corporate image. The research was conducted with the aim to determine the effect of Shake Shopee adverts with Cristiano Ronaldo on Shopee's corporate image. This research uses a quantitative approach with the research method used is descriptive. In this study the authors used survey research methods. The study was conducted by distributing pretest questionnaires to 30 respondents after being tested valid then proceed to the posttest test to 100 respondents who used the Shopee application. The theory used in this research is advertising and imagery. The data validity technique used is the classical regression assumption test, simple linear regression test, correlation analysis, coefficient of determination analysis, and t test. With the t test results show the t value is 9.592> from 1.984, and the results of the correlation test with a value of 0.696 which indicates that advertising and image variables have a strong correlation, so that in this study the results obtained indicate that the advertising function of Shake Shopee ads has an effect on image of Shopee company.

Banyaknya perusahaan E-commerce di Indonesia menjadi dorongan setiap perusahaan termasuk Shopee untuk membuat iklan yang unik dan dapat membawa pengaruh baik pada citra perusahaan Shopee. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Goyang Shopee bersama Cristiano Ronaldo terhadap citra perusahaan Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian survey. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pretest kepada 30 responden setelah teruji valid kemudian dilanjutkan ke uji posttest kepada 100 responden yang menggunakan aplikasi Shopee. Teori yang digunakan di penelitian ini adalah iklan dan citraTeknik keabsahan data yang digunakan adalah uji asumsi regresi klasik, uji regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Dengan hasil uji t menunjukkan  nilai t hitung adalah 9,592 > dari 1,984, dan dan hasil uji korelasi dengan nilai 0,696 yang menandakan variabel iklan dan citra memiliki korelasi yang kuat, sehingga dalam penelitian ini hasil yang didapat menunjukkan bahwa fungsi iklan dari iklan goyang Shopee berpengaruh pada citra dari perusahaan Shopee.

Keywords

advertising; e-commerce; image; shopee

Full Text:

PDF

References

Aaker, David. (2010). Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Ardianto, Alvinaro. (2011). Handbook Of Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Javabatika. (2014, Agustus 3). Apakah Kota Asal Penjual Online Berpengaruh Pada Minat Calon Pembeli?. Mei 21, 2020.

Kompas.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita?page=all

Komunitas.bukalapak.com. https://komunitas.bukalapak.com/s/hwxc6b/apakah_kota_asal_penjual_online_berpengaruh_pada_minat_calon_pembeli

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Moriarty, Sandra., Mitchell, Nancy., & Welss, William. (2011). ADVERTISING. Jakarta: Kencana.

Nusarika, Luh. K., & Purnami, Ni Made. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi pada Produk Fashion Online di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (8), 2381. Maret 22, 2020. Terarsip di: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14260/9988

Sari, Wulan P. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, 7 (2), 205. April 16, 2020. Terarsip di: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/18

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tashandra, Nabilla. (2018, Maret 22). 80 Persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita. Mei 21, 2020.

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.