Strategi Penyampaian Informasi Melalui Instagram Dengan Tampilan Infografis (di Kementerian Perdagangan RI)

Edy Juliyanto, Farid Rusdi
| Abstract views: 551 | views: 636

Abstract

Penelitian ini mengenai penggunaan infografis sebagai medium komunikasi dalam menyampaikan informasi, yang berkaitan dengan aktivitas Kementerian Perdagangan RI. Informasi disebarkan melalui media sosial instagram Kementerian Perdagangan RI. Studi ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan konsep teori “medium is the message” dari Marshall McLuhan, teori elemen desain, dan new media. Hasil penelitian ini yaitu Biro Humas Kementerian Perdagangan RI sudah melakukan langkah yang tepat dalam memilih infografis sebagai medium dalam penyampaian informasinya, untuk menarik perhatian sekaligus memudahkan generasi muda memahami isi pesannya. Terlebih infografis Kementerian Perdagangan RI disebarkan melalui media sosial instagram yang kebanyakan penggunanya adalah generasi muda. Menurut informasi yang dikutip CNN Indonesia dari data Perpustakaan Nasional tahun 2017, minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, ini menjadi salah satu faktor hadirnya Infografis di media sosial Kementerian Perdagangan RI untuk mengatasi masalah rendahnya minat baca ini.

Keywords

Infografis; medium; konten; media baru.

Full Text:

PDF

References

Ambrose, Gavin dan Harris, Paul. (2005). Basic Design: Layout. London: AVA Publishing.

Bungin, Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media.

Estrada, Sylvie. (2010). Graphic Design Project from Start to Finish. Spain: Dami Editorial and Printing Service Co.Ltd

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.

Lankow, J., Ritchie, J., Crooks, Ross. (2014). Infografis: Kedahsyatan Cara Bercerita Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, Deddy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McLuhan, M., Fiore, Q., Agel, J. (1996). The Medium is The Message: An Inventory of Effect. San Francisco: Hardwired

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Mass. Jakarta: Salemba Humanika.

Sihombing, D. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.