Pengaruh Brand Awareness dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Produk Spring bed Merek Kangaroo di Toko Prioritas, Pekanbaru)

Amelia Amelia, Rezi Erdiansyah
| Abstract views: 152 | views: 122

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh brand awareness dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk spring bed merek Kangaroo di Toko Prioritas, Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survei dalam pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan menggunakan teknik sampling random sederhana, dimana setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk diteliti. Penelitian  menggunakan 125 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat dari brand awareness dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji determinasi menunjukkan 82,5 % variabel brand awareness dan kepuasan pelanggan dapat memberikan pengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya sebanyak 17,5 % dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Keywords

Brand Awareness; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References

Aaker, David. A. (1991). Managing Brand Equity. New York: The Free Press

Durionto, dkk. (2004). Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 4. semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_____________.(2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit - Undip

Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Dialihbahasakan oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga

Kotler dan Amstrong. (2004). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2, Edisi 9. Jakarta: Indeks

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana

Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia

Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistik Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Jogyakarta: Andi OFFSET

Ariyan. (2013). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua di Kota Padang. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/download/151/138 , diunduh tanggal 7 September 2018

Iskandar dan Sari. (2017). The Effect Of Event And Publicity Toward Brand Awareness On Financial Service Authority (OJK). Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), Vol. 2, September 2017. https://media.neliti.com/media/publications/259344-the-effect-of-event-and-publicity-toward-2eb42d60.pdf , diunduh tanggal 7 September 2018.

Nurullaili dan Wijayanto. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware: Studi Pada Konsumen Tupperware di Uniersitas Diponegoro). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/download/5357/4814 , diunduh tanggal 30 Oktober 2018.

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.