Pengaruh Diskon 9.9 Super Shoping Day Shopee terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee

Aditya Putra Pratama, Moehammad Gafar Yoedtadi
| Abstract views: 1085 | views: 851

Abstract

This study aims to determine the effect of the Shopee discount program on the purchase interest of Shopee application users. The study population was the community in the neighborhood RT03 RW024 Perumahan Villa Gading Harapan, Bekasi. The theory used is the marketing mix theory, discount theory, and purchase interest. In this study, the authors of a questionnaire to 48 Shopee applications who live in the residential area of Villa Gading Harapan, Bekasi. The questionnaire was distributed via a Google form. Data analysis techniques use resistance test, regression analysis test, and hypothesis testing. Sampling using purposive sampling technique. From the results of questionnaire data processing assisted by the SPSS program, it was found that the program had (moderate) effect on the purchase interest of Shopee user applications. And each discount variable has a percentage of 50% which indicates that there is an effect of the discount program from Shopee.

Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui pengaruh program diskon Shopee terhadap minat beli pengguna aplikasi Shopee. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di lingkungan RT03 RW024 Perumahan Villa Gading Harapan, Bekasi. Teori yang digunakan adalah teori bauran pemasaran, teori diskon, dan minat beli. Pada penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner kepada 48 orang pengguna aplikasi Shopee yang berdomisili di lingkungan Perumahan Villa Gading Harapan, Bekasi. Kuesioner disebarkan melalui Google form. Teknik analisa data mengguanakan uji korelasi, uji analisis regresi,dan uji hipotesis. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil pengolahan data kuesioner yang dibantu dengan program SPSS didapatkan hasil bahwa ternyata program diskon berpengaruh (sedang) terhadap minat beli pengguna aplikasi Shopee. Dan di setiap variabel diskon memiliki presentase sebesar 50% yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh program diskon dari Shopee.

Keywords

buying interest; discount; marketing mix

Full Text:

PDF

References

Amir, Faesol (2013) Efektifitas disokon dan hadiah sebagai sarana romosi penjualan untuk menarik niat beli konsumen. Jurnal Managemen Bisnis. 3 (1). 44-53.

Dewi, Kusumawati , (2018) Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan bisnis online (survei pada mahasiswa fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya angkatan 2013/2014 konsumen traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis. 56 (1). 155-163.

Dwitasari, (2019) Pengaruh kemudahan penggunaan dan kenikmatan berbelanja serta kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen di aplikasi jual beli online shopee pada fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Jember. Digital Repository Universitas Jember. 1-87.

Shintya, (2019) Seputar e-Commerce, Manfaat Hingga Jenisnya. 6 September 2019 , diunduh pada 25 September 2020.

Silaningsih, Utami, (2018). Pengaruh marketing mix terhadap minat beli konsumen pada usaha mikro kecil dan menengah (umkm) prouk olahan makanan ringan. Jurnal Sosial Humaniora . 9 (2). 144-158.

Siyoto,Sodik,, (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Sleman: Literasi Media Publishing.

Susantio, Chandraningrum, (2019) Pengaruh Brand Image Oi-Dakk dengan penggunaanEndorser untuk promosi di Instagram terhadap Minat Beli Konsumen. Prologia. 3 (1). 238 -24.

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.