FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN APARTEMEN MEDITERANIA GARDEN RESIDENCE DI JAKARTA BARAT

Main Article Content

Mimi SA
Khairina Natsir

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Variabel independen dibatasi pada kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi dan harga, sementara variabel dependent adalah kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan di Apartemen Mediterania Garden Residence-1, Jakarta Barat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan penghuni dari apartemen tersebut. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling. Dengan menggunakan teknik analisis linier berganda dan penggunaan perangkat lunak SPSS untuk pengolahan data, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 0.409. Besarnya pengaruh variabel Fasilitas terhadap variabel kepuasan konsumen adalah sebesar 0.223, sementara pengaruh yang diberikan oleh variabel lokasi terhadap variabel kepuasan konsumen diperoleh sebesar 0.175.  Variabel harga memberikan pengaruh sebesar 0.248 terhadap kepuasan konsumen.  Kualitas pelayanan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Kata kunci: kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi,harga, kepuasan konsumen

 

This study seeks to analyze the factors that influence consumer satisfaction. Independent variables are limited to service quality, facilities, location and price, while the dependent variable is consumer satisfaction. The research was conducted at Mediterania Garden Residence-1 Apartment, West Jakarta. Data collection was done by distributing questionnaires to 100 respondents who are residents of said apartment. Sampling technique used was probability sampling technique. By using multiple linear analysis technique and using SPSS software for data processing, the result of this study indicates that service quality, facilities, location and price positively and significantly impact consumer satisfaction. Service quality affects consumer satisfaction by 0.409. The significance of the influence of Facility variable on consumer satisfaction is 0.223, while the influence of location on consumer satisfaction is 0.175. Price variable contributes 0.248 to consumer satisfaction. Service quality becomes the most important factor affecting consumer satisfaction.

Keywords : Service Quality, Facility, Location, Price, Consumer Satisfaction.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Mimi SA, TARUMANAGARA UNIVERSITY

Fakultas Ekonomi - Universitas Tarumanagara, Jakarta

References

Afriadi, Y., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(June 2016).

Ahror, U. Al, & Soekotjo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Milkmoo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(3).

Ali, M. T. R., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(September 2017).

Arimbi Ramadhiani. (N.D.). Jakarta Barat Dan Selatan Masih Jadi Favorit Pengembang Apartemen Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul “Jakarta Barat Dan Selatan Masih Jadi Favorit Pengembang Apartemen”, Https://Properti.Kompas.Com/Read/2016/11/03/162302421/Jakarta.Barat.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Ibm Spss 23. Semarang: Badan Penerbit – Universitas Diponegoro.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (10th Ed.). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid I Dan Ii. Jakarta: Pt. Indeks.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Pt. Prenhallinda.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 Dan 2 (8th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. (2009). Manajemen Pemasaran. (13th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (12th Ed.). Jakarta: Pt.Indeks.

Maharani, & Dhiah, A. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Syariah Cabang Semarang, Semarang, (Universitas Diponegoro Semarang).

Santoso, S. (2000). Spss Statistik Parametrik (1st Ed.). Jakarta: Pt Elexmedia Komputindo.

Stanton, W. J. (2008). Fundamental Of Marketting. Mc Graw Hill, Inc.

Supranto, J. (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Pt. Asdi Mahasatya.

Swastha, B., & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi.

Yoestini, B. H. M., Nugraheni, R., & Kamal, M. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, IV(2), 91. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo