PENGARUH PENGELUARAN per MAHASISWA, MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Romauli Nainggolan
| Abstract views: 207 | views: 715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengeluaran per mahasiswa, motivasi belajar dan tingkat kecerdasan spiritual terhadap indeks prestasi mahasiswa Manajemen Universitas CIputra. Hal ini disebabkan fenomena yang terjadi yaitu rendahnya indeks prestasi mahasiswa justru terjadi dikalangan mahasiswa yang mempunyai biaya pengeluaran hidup yang lebih tinggi. Karena fenomena ditemukan mahasiswa status ekonomi tinggi mempunyai peningkatan IPK dibawah mahasiswa status ekonomi lemah, maka peneliti bertujuan untuk mengamati pengaruh pengeluaran tiap mahasiswa, tingkat motivasi dan tingkat kecerdasan spiritual mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober – Februari 2017 dan jumlah populasi mahasiswa manjemen sebanyak 1.308 mahasiswa. Model Analisis pada penelitian ini adalah model Regresi logistik. Sample sebanyak 86 responden dengan metode pengambilan purposive sampling dengan instrument angket dan pengolahan data dengan program SPPS. Dari analisis deskriptif dan statistic diperoleh hasil bahwa indeks prestasi mahasiswa Manajemen UC berada pada kategori menurun dan sangat menurun bukan dipengaruhi oleh pengeluaran per mahasiswa, tingkat motivasi belajar dan kecerdasan spiritual. Karena ke -3 variabel ini hanya 3, 6% memberi efek kepada indeks prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Implikasinya adalah para dosen dan orangtua mahasiswa harus tetap memberikan dukungan materi, motivasi dan dukungan spiritual kepada mahasiswa untuk menhindari indeks prestasi yang menurun.

Kata Kunci: Pengeluaran mahasiswa, Motivasi belajar, Kecerdasan spiritual, Indeks prestasi.

Keywords

Pengeluaran mahasiswa; Motivasi belajar; Kecerdasan spiritual; Indeks prestasi

Full Text:

PDF

References

Arikunto S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Clinton. (2015). Survei Biaya Hidup Mahasiswa Berdasarkan Pengeluaran Konsumsi Makanan dan Non Makanan (Study kasus Mahasiswa Fakultas MIPA), IPB, Bogor.

Dumairi. (1999). Perekonomian Indonesia. Erlangga, Yogyakarta.

Effendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Aflabeta, Bandung.

H. Akther, K. A. Lima. (2015). Consumption Expenditure and Students’ Academic Performance. An Econometric Analysis Of PublicUniversity Students in Bangladesh, International

Journal of Multidisciplinary Academic Research Vol. 3, No. 1.

Hasan, A.W. (2006). Aplikasi Strategi Dan Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullulah di Masa Kini. Yogyakarta.

Hosmer, D.W., Lemeshow, S. (2000). Applied Logistic Regression, Second Edition. NewYork: Wiley and Sons.

M.M. Abadi, M. Tabbodi. (2013). The Relationship between Spiritual Well-Being and Academic Achievement. European Online Journal of Natural and Social Sciences, No.3, Special Issue on Accounting and Management, 2013.

Michelle B, Bud Meyers, and John D. (2014). Spending and Student Achievement: Money Matters When Equity is at Issue. A Publication of The University Of Vermont James M. Jeffords Center, Issue Brief Vol 4, No 1 January 2014.

Samuelson, Paul A., William D. Nordhaus. (1996). Makro Ekonomi, Edisi Keempatbelas, Cetakan Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta,Bandung.

William, E, & Larry, M, (2012). The Relationship Between per Pupil Expenditures and Student Achievement in Tennessee. American Inetrnational Journal of Contemporary Research, Vol 2, No. 3, March 2012.

WS. Winkel. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia, Jakarta.

Copyright (c) 2017 Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.