PERAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KEUNGGULAN BERSAING, DAN KREATIVITAS DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA KULINER DI JAKARTA

Main Article Content

Vanessa Catalina
Lydiawati Soelaiman

Abstract

Persaingan yang semakin kompetitif dalam industri kuliner menuntut pelaku usaha untuk memiliki pendekatan bisnis yang adaptif dan inovatif. Orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, dan kreativitas menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi keberhasilan usaha secara berkelanjutan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki peran orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha UMKM kuliner di Jakarta. Teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dipergunakan dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur instrumen penelitian. Sejumlah 55 responden valid berhasil dikumpulkan dalam kuesioner. Data yang berhasil dikumpulkan akan dilakukan analisis validitas dan reliabilitas yang beracuan pada outer model dengan metode PLS-SEM dengan alat analisis SmartPLS versi 4.0. Selanjutnya, setelah lolos uji outer model selanjutnya dilakukan analisis data yang beracuan pada inner model untuk menguji kekuatan prediksi antar konstruk dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, didapat bahwa orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, dan kreativitas masing-masing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner di Jakarta, sehingga hipotesis pertama, kedua dan ketiga didukung. Penelitian ini memperkuat bahwa orientasi kewirausahaan memungkinkan suatu bisnis lebih adaptif terhadap perubahan pasar, dan juga keunggulan bersaing usaha dalam menciptakan nilai lebih pada produk dibandingkan kompetitor, serta kreativitas dalam kemampuannya menghadirkan hal baru dengan konsep yang unik, desain yang menarik dan strategi pemasaran yang inovatif. Temuan ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut dapat menjadi landasan strategis bagi UMKM kuliner dalam menghadapi perubahan pasar, menciptakan nilai tambah, serta mengembangkan ide-ide baru secara berkelanjutan. 


 


The increasingly competitive landscape of the culinary industry demands that business actors to adopt adaptive and innovative business approaches. Entrepreneurial orientation, competitive advantage, and creativity are key factors that can influence business success. This study aims to investigate the role of entrepreneurial orientation, competitive advantage, and creativity in the success of culinary in Jakarta. This descriptive, quantitative study employs non-probability purposive sampling. A total of 55 valid responses were obtained. The data were then analyzed for validity and reliability using the outer model approach in PLS-SEM with SmartPLS version 4.0. After passing the outer model test, inner model analysis was conducted to assess predictive strength and test hypotheses. The results indicate that entrepreneurial orientation, competitive advantage, and creativity each have a positive and significant impact on business success, supporting all three hypotheses. This finding underscores the importance of entrepreneurial orientation for market adaptability, competitive advantage for delivering superior product value, and creativity for developing novel ideas, unique designs, and innovative marketing strategies. These results highlight that these three aspects can serve as a strategic foundation for culinary MSMEs to respond to market changes, create added value, and continuously develop new ideas.

Article Details

Section
Articles

References

Abbas, D. (2018). Pengaruh modal usaha, orientasi pasar, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 5(1), 95–111. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4991

Adam, L., Ermawati, T., Nurjati, E., Yoga Edi, R., Inayah, I., Mulyaningsih, Y., Thoha, M., Sarana, J., Soesilowati, E. S., Saptia, Y., Adityawati, S., & Darwin. (2024). Entrepreneurial orientation in Indonesian SMEs. Cogent Business & Management, 11(1), 1-22. https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2399750

Annisa, N. N., & Elfarina, D. D. (2023). Peran keunggulan bersaing sebagai mediasi pengaruh kompetensi kewirausahaan dan pengetahuan terhadap kinerja UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.33603/jibm.v7i1.8241

Apriyani, R., & Juniansyah, R. (2022). Influence Creativity and Social Media on the Success of Talang Bandung Culinary Village in Districts Ogan Commuting Ulu. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3), 25130-25139. https://doi.org/10.33258/birci.v5i3.6556

Bougie, R. & Sekaran, U. (2020). Research methods for business. A skill building approach. 8th edition. USA: Wiley.

Buli, B. M. (2017). Entrepreneurial orientation, market orientation and performance of SMEs in the manufacturing industry: evidence from ethiopian enterprises. Management Research Review, 40(3), 292-309. DOI: https://doi.org/10.1108/MRR-07-2016-0173

Chandra, H. R. D., Ningrum, M. P. W., Susanti, B. D. A., Nugroho, R. H., dan Ikaningtyas, M. (2024). Strategi perencanaan dan pengembangan bisnis kuliner di Indonesia. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(3), 38-48. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/702/499

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. In G. A. Marcoulides (Ed.), Modern methods for business research (pp. 295–336). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Dahmiri, D., & Indrawijaya, S. (2020). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing terhadap keberhasilan usaha pada rumah makan dendeng batokok di Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 9(3), 172-182. https://repository.unja.ac.id/18797/

Dedy, N. M., & Soelaiman, L. (2023). Pengaruh orientasi pasar dan bauran pemasaran terhadap keunggulan bersaing usaha olahan pala di Kota Ternate. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(4), 1496-1506. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.04.26

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di Kota Manado. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 1214–1329. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5800

Garson, G. D. (2016). Partial least squares: Regression and structural equation models. Asheboro, NC: Statistical Associates Publishers.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk penelitian empiris (Edisi ke-2). Semarang, Indonesia: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2018). Analisis pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(3), 1-9. https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i3.1252

Herminda, H., & Muksin, A. (2021). Competitive advantage strategies and culinary business success. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(4), 580–592. https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i4.847

Hidayat, A. (2025, Maret 18). Investasi di sektor makanan & minuman capai Rp 110,57 T di 2024. detikFinance. Diakses dari: https://finance.detik.com/industri/d-7828733/investasi-di-sektor-makanan-minuman-capai-rp-110-57-t-di-2024

Juliani, V., & Ie, M. (2024). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha dengan dimediasi kesiapan sumber daya manusia. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 259-273. https://doi.org/10.24912/jmieb.v8i1.29775

Kadin Indonesia. (2023). UMKM Indonesia. Diakses dari: https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Liekyhung, L., & Soelaiman, L. (2022). Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha umkm dki jakarta yang dimediasi oleh kompetensi kewirausahaan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 731-738. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i3.19767

Mustikowati, R. I., & Tysari, I. (2014). Orientasi kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja perusahaan (studi pada UKM sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 23-37. https://doi.org/10.21067/jem.v10i1.771

Novriansyah, Y., & Ainun, A. (2022). Pengaruh adaptasi kewirausahaan dan karakter wirausaha terhadap kinerja usaha pengolahan makanan di Kabupaten Bungo. Jurnal Lentera Bisnis, 11(3), 338-343. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.649

Putri, S. M., Desmiyawati, & Hariadi. (2020). Pengaruh keunggulan bersaing dan kompetensi kewirausahaan terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM): Studi empiris pada UMKM di Kabupaten Rokan Hilir. Journal of Public and Business Accounting, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.31328/jopba.v1i2.119

Qalati, S. A., Li, W., Ahmed, N., Mirani, M. A., & Khan, A. (2021). Examining the factors affecting sme performance: the mediating role of social media adoption. Sustainability (Switzerland), 13(1), 1–24. https://doi.org/10.3390/su13010075

Sahrul, E. A., & Nuringsih, K. (2023). Peran e-commerce, media sosial dan digital transformation untuk peningkatan kinerja bisnis UMKM. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 286-299. https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i2.23293

Sari, D., Kusuma, B. A., Sihotang, J., & Febrianti, T. (2023). The role of entrepreneurial marketing & innovation capability in the performance of SMEs during covid-19 pandemic: Evidence of MSMEs in West Java. Cogent Business & Management, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2194091

Sari, S. M., Yunizar, Y., & Sartika, D. (2020). Penentu keunggulan bersaing pada UMKM: apakah kompetensi digital dan orientasi kewirausahaan penting?. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(1), 63-72. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i1.26999

Sofyan, S. (2017). Orientasi kewirausahaan, kinerja inovasi dan kinerja pemasaran usaha mikro, kecil dan menengah pada sentra industri tas desa kadugenep. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 1(1), 65-80 https://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v1i1.2608

Soriyani, H., & Harahap, N. (2022). Pengaruh kreativitas terhadap keberhasilan usaha pada usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. VALUE: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.36490/value.v2i2.219

Suhartini, Y. (2021). Pengaruh karakteristik wirausaha dan orientasi kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha pada warung kelontong di kasihan bantul Yogyakarta. Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(2), 1-9. https://journal.upy.ac.id/index.php/akmenika/article/view/2144?utm

Susanti, E., Mulyanti, R. Y., & Wati, L. N. (2023). MSMEs performance and competitive advantage: Evidence from women’s MSMEs in Indonesia. Cogent Business & Management, 10(2), 1-26. https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2239423

Tempo.co. (2024, September 4). Industri makanan dan minuman tumbuh 5,53 persen, beri sumbangan terbesar ke PDB. Diakses dari: https://www.tempo.co/ekonomi/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-5-53-persen-beri-sumbangan-terbesar-ke-pdb--12737

Vincenzi, T. B. D., & da Cunha, J. C. (2021). Open innovation and performance in the service sector. Innovation & Management Review, 18(4), 382–399. https://doi.org/10.1108/INMR-01-2020-0004

Wiranawata, H. (2019). Pengaruh inovasi dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha pada UMKM kuliner di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Manajemen, 7(4), 16-40. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2491444&val=23696&title

Yulianti, D., Agung Pujianto, M. M., & Nasution, U. C. (2023). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan kreativitas produk terhadap keunggulan bersaing pada pelaku usaha sentra wisata kuliner convention hall keputih di Surabaya. SOSIALITA, 2(2), 1041-1047. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sosialita/article/download/9088/6023