MEDIASI EFIKASI DIRI TERHADAP PENGARUH FAKTOR PENENTU MINAT BERWIRAUSAHA

Isi Artikel Utama

Kania Febrianti
Ida Puspitowati

Abstrak

Tingkat pengangguran membaik seiring pertumbuhan ekonomi. Semangat berwirausaha merupakan komponen kunci penggerak pembangunan ekonomi Indonesia. Beberapa kunci yang mempengaruhi dinamika kewirausahaan meliputi motivasi untuk berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, penggunaan media sosial, serta efikasi diri. Oleh karena itu, pemahaman terhadap faktor-faktor ini sangat penting untuk mendorong minat berwirausaha. Penelitian ini bertujuannuntuk menguji pengaruh motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha melalui efikasi diri pada mahasiswa di Jakarta Barat. Melalui penggunaan kuisioner daring, 200 responden menjadi sampel yang dikumpulkan untuk penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunakkSmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha pembelajaran kewirausahaan, dan efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Sedangkan, penggunaan media sosial berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap minat berwirausaha. Lalu, motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Selain itu, motivasi berwirausaha dan penggunaan media sosial berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap minat berwirausaha melalui efikasi diri. Dan pembelajarannkewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadapmminatbberwirausaha melalui efikasi diri. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan pemanfaatan media sosial dalam kehidupan berwirausaha mahasiswa.


 


The unemployment rate improves as the economy grows.  The entrepreneurial spirit is a key component of Indonesia's economic development drivers. Several key factors that influence the dynamics of entrepreneurship include motivation to become an entrepreneur, entrepreneurial learning, the use of social media, and self-efficacy. Therefore, understanding these factors is crucial to encourage entrepreneurial interest. This study aims to examine the influence of entrepreneurial motivation, entrepreneurial learning, and the use of social media on entrepreneurship interest through self-efficacy among students in West Jakarta. Through the use of an online questionnaire, 200 respondents made up the sample gathered for this study. Hypothesis testing was conducted using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with SmartPLS software. The result of this study indicates that entrepreneurial motivation, entrepreneurial learning, and self-efficacy have a positive and significant effect on entrepreneurship interest. Meanwhile, the use of social media has a positive but not significant effect on entrepreneurship interest. Furthermore, entrepreneurial-motivation, entrepreneurial learning, and the use of social media have a positive and significant effect on self-efficacy. In addition, entrepreneurial motivation and the use of social media have a positive but not significant effect on entrepreneurial interest through self-efficacy. On the other hand, entrepreneurial learning has a positive and significant effect on entrepreneurial interest through self-efficacy. Based on the findings, this research is expected to contribute to enhancing the utilization of social media in students’ entrepreneurial activities.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31-39. doi: https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955

Abdullah, D., & Septiany, F. R. (2019). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha: (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). Jurnal Co Management, 1(3), 316-331. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i2.124

Adinda, R., (2022). Memahami Self Efficacy atau Efikasi Diri. Gramedia Blog. Retrieved September 22, 2024, from Gramedia: https://www.gramedia.com/best-seller/efikasi diri-efikasi-diri/#google_vignette

Afiyati, L. S., & Santoso, J. T. B. (2022). Self Efficacy Memediasi Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Teaching Factory, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha. Business and Accounting Education Journal, 3(3), 347-363. doi: https://doi.org/10.15294/baej.v3i3.57080

Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga, pengetahuan kewirausahaan, kepribadian, dan motivasi, terhadap minat berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel moderating. Economic Education Analysis Journal, 7(3), doi: https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28317878-893.

Ahmad, N. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). Retreived from http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14749

Alvin, A., Nastiti, P., & Marsella, E. (2023). Identifikasi Faktor Loyalitas Pengguna pada Shopee Games Menggunakan Expectation-Confirmation Model (ECM). Edu Komputika Journal, 10(1), 38-45. doi: https://doi.org/10.15294/edukomputika.v10i1.61821

Andini, G. M. A., Farida, E., & Hardaningtyas, R. T. (2024). Pengaruh Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Motivation Terhadap Entrepreneurial Intention Dengan Entrepreneurial Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Islam Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01), 1005-1015. Retreived from https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/24185

Arifin, Z dan Ziyad, M., (2018). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua, Pendidikan Kewirausahaan dan Asal Etnis Terhadap Minat BErwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan Vol 2 No. 1: 1-11

Ariyanto, T., Herwin, H., & Sujati, H. (2023). Uji Validitas Dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Tes Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan CFA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2977-2987. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7482

Atmaja, A. T., & Margunani, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Aktivitas Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 774-774. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13578

Boahene, K. O., Fang, J., & Sampong, F. (2019). Social media usage and tertiary students’ academic performance: Examining the influences of academic self-efficacy and innovation characteristics. Sustainability, 11(8), 1-17. doi:https://doi.org/10.3390/su11082431

Bps.go.id (2023, 22 Desember). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III – 2023. Retreived September 21, 2024, from https://www.bps.go.id/id/infographic?id=918

Chindya, P., & Lubis, P. K. D. (2024). Pengaruh Media Sosial Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020 Universitas Negeri Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12614-12625. doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32380

Christianingrum & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Integrated Journal of Business And Economics (IJBE), 1(1), 45-55. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/255744-effect-of entrepreneurship-learning-on-i-3f048f0c.pd

Dewi, V. N., Casmudi., & Deden. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Kreativitas Usaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMA Patra Dharma Balikpapan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Edueco, 2(2), 36-41. doi:

https://doi.org/10.36277/edueco.v2i2.43

Dhitara, P. Y. A., & Ardiansyah, E. H. (2022). Pengaruh Use of Sosmed dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Variabel Intervening Efikasi Diri. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(1), 1-12.

Dora, Y,M. (2019). Minat, Jiwa Kewirausahaan, dan Pengetahuan untuk kesiapan berwirausaha. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. 3(1), doi: https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3535

Ekadjaja, M., & Adiwijaya, E. (2023). Modul Pelatihan Smart PLS: Penggunaan Smart PLS 4.0 Dalam Penelitian. Jakarta: Laboratorium Manajemen.

Firman, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Social Media Utilization, Campus Environment and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Point Of View Research Management, 1(4), 131-143. Retrieved from https://journal.accountingpointofview.id/index.php/POVREMA/article/view/101

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review, 31(1), 2-24.doi: https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Indraswati, D., Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., & Maulyda, M. A. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa PGSD Universitas Mataram. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 17-34. doi: https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p17-34

Irawan, P., Purwandari, E., Ratu, L. P., Khoirudin, A., & Iskandar, E. (2023). The Role of Entrepreneurship Learning in Growing Student Entrepreneurial Interest. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 97-106. doi: 10.31932/jpe.v8i1.2306

Isma, A., Yusri, M., Bahri, S., Wati, I., & Oktavio, A. (2024). Do Family Environment and Entrepreneurship Learning among Students Contribute to Entrepreneurial Interest through Self Efficacy as an Intervening Variable?.International Journal of Health, Economics, and Social Sciences, 6(1), 114-122. doi: https://doi.org/10.56338/ijhess.v6i1.4749

Julindrastuti, D., & Karyadi, I. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 7-20. doi: https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.98

Karya, D. F., Anshori, M. Y., Elfita, R. A., Sahrin, L. A., & Gita, M. N. (2023). Internal Locus of Control, Entrepreneurial Learning, Risk Tolerance on Self-efficacy, and Entrepreneurial Intention. In Proceedings of the 19thInternational Symposium on Management (INSYMA 2022), 223, 339-348.doi: 10.2991/978-94-6463-008-4_44

Kemendikbud (2021, 31 Juli). Kemendikbudristek Dorong Tumbuh Wirausaha Baru Melalui Pendidikan Kecakapan Wirausaha. Retrieved September 22, 2024, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/kemendikbudristek-dorong-tumbuh-wirausaha-baru-melalui-pendidikan-kecakapan-wirausaha

Kemenkeu.com. (6 Mei 2024). Pertumbuhan Ekonomi Triwulan I 2024 Tetap Kuat di Tengah Perlambatan Ekonomi Global. Retrieved September 21, 2024, from https://fiskal.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers-detil/571.

Kemenkeu.go.id (2021, 2 November). Pengaruh Positif dan Negatif Sosial Terhadap Masyarakat. Retreived September 21, 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/pengaruh-positif-dan-negatif-media-sosial-terhadap-masyarakat.html

Martini, I. A. O., Sari, D. M. F. P., Sarmawa, I. W. G., Qomariah, N., & Ridwan, W. (2024). Mediation of Entrepreneurial Motivation: The Role of Entrepreneur Learning, Self-Efficacy and Family Environment in Increasing Interest in Entrepreneurship. Jurnal Aplikasi Manajemen, 22(2), 294-311. doi: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2024.022.02.02

Maulidya, N. N., & Patrikha, F. D. (2022). Pengaruh mata kuliah kewirausahaan dan family environment terhadap interest entrepreneurship melalui self-efficacy pada mahasiswa feb universitas negeri surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14142-14152. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4680

Mugiyatun, M., & Khafid, M. (2020). Pengaruh prakerin, 90nstrumentkewirausahaan, dan lingkungan keluarga dengan self efficacy sebagai variabel intervening terhadap minat berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 100-118.

Munawar, A & Suryana (2020). The Influence of Entrepreneurial Learning and The Motivation to the Entrepreneurial Interest of Students with Self Efficacy as Variable Intervening. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), 424-435. doi: 10.31764/jmm.v4i3.2492

Munawaroh. (2015). Analisis Regresi Variabel Mediasi dengan Metode Kausal Step. Jurnal Eksponensial. Vol 6 (2). https://fmipa.unmul.ac.id/files/docs/[24]%20Jur na l%20Munawaroh%20Edit.pdf

Mustapa, A., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jiksau 91 Food. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 264-270. doi: https://doi.org/10.37479/jimb.v5i1.14898

Nengseh, R. R., & Kurniawan, R. Y. (2021). Efikasi Diri sebagai Mediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 9(2), 156-167. doi: 10.33603/ejpe.v9i2.5157

Nurdiana, N., Rahmatullah, R., Hasan, M., Nurjannah, N., & Fitriani, F. (2022). Pengetahuan Wirausaha, Motivasi Berwirausaha, Kondisi Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Keluarga, Pengaruhnya Terhadap Minat Berwirausaha Ibu Rumah Tangga. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 10(2). doi: http://dx.doi.org/10.24127/pro.v10i2.6712

Pagarra, H., Raihan, S., & Yusuf, M. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Self-Efficacy Siswa UPT SPF SD Inpres Batua II Kota Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 1(1), 71-80. Retrieved from http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Serasi, 18(1), 35-46. doi: https://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1040

Purwanto, F. X. A. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya). Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 6(2), 104-127.

Rahayu, M. P., & Kurniawan, R. Y. (2022). Analisis pengaruh pendidikankewirausahaan dan efikasi diri sebagai motivasi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Paedagogy, 9(4), 834-845. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5465

Rahman, A., (2023, 23 Oktober). Manfaat dalam Belajar Kewirausahaan. Kompasiana. Retrieved September 22, 2024, from https://www.kompasiana.com/arfirahman9081/6536870c06b56a04d862bd 92/manfaat-dalam-belajar-kewirausahaan.

Riki, R., Kremer, H., Suratman, S., Ciptoputra, V. A. A., & Hazriyanto, H. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. Jurnal Cafetaria, 4(1), 98-105

Shen, Y., Wang, Q., Hua, D., & Zhang, Z. (2021). Entrepreneurial learning, self-efficacy, and firm performance: Exploring moderating effect of entrepreneurial orientation. Frontiers in psychology, 12, 731628. doi: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.731628

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2). doi: https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sosiady, M & Ermansyah (2023). The Influence of Entrepreneurial Motivation, Entrepreneurial Learning, and the Use of Social Media on Student Entrepreneurship Interest. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 4(2), 1-13. doi: https://doi.org/10.7777/jiemar.v4i2.453

Suandari, P. V. L., & Prianthara, I. M. D. (2024). The Use of Social Media and SelfEfficacy in the Application of Healthy Behavior in Changing Religious 95Behavior Activities in the Province of Bali. The Indonesian Journal of Public Health, 19(1), 143-156. doi: https://doi.org/10.20473/ijph.v19i1.2024.143-156

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung. Retrieved from https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1879&keywords=

Sulistiowati, L. A., Indaryani, M., & Wismar'ein, D. (2024). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening Pada Siswa Smk Negeri 1 Pati. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 8(1), 297-310. doi: https://doi.org/10.35308/jbkan.v8i1.9425

Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T. (2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7(9), 627-652. doi: 10.24843/EEB.2020.v09.i07.p03

Tahir, T., Bahar, N., Hasan, M., Innana, & Supatminingsih, T. (2024). Analisis pola pendidikan ekonomi orang tua dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada keluarga petani Jeneponto. Journal of Entrepreneurial Economic, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.61511/jane.v1i1.2024.644

Taleumbanua, R. (2023). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uniraya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(1), 143-152

Widodo, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Perencanaan Strategi, Isu-Isu Utama dan Globalisasi. Bandung: Manggu Media

Wirjadi, J. E., & Wijaya, A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Berwirausaha dengan Sikap dan Kreativitas Kewirausahaan sebagai Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 540-548. doi: 10.24912/jmk.v5i2.23425

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386-391. doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667

Zuniananta, L. E. (2023). Penggunaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Informasi Di Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(4), 37-42. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/40240