STUDI PERUBAHAN KEGIATAN PERDAGANGAN PADA KORIDOR KOMERSIAL STUDI KASUS : JALAN RAYA BEKASI BARAT

Main Article Content

David David
Eduard Tjahjadi
Wita Simatupang

Abstract

Koridor perdagangan kawasan Jatinegara adalah kawasan perdagangan berupa koridor komersial yang didominasi oleh bangunan ruko dan sudah ada sejak abad ke-17. Menurut sejarah, kawasan Jatinegara merupakan salah satu pusat perdagangan lama yang terkenal selain Glodok, Senen dan Tanah Abang. Dilihat dari nilai sejarahnya Kawasan Jatinegara ini pun masuk dalam kawasan strategis provinsi yang ditetapkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta dan direncanakan untuk perkembangan infrastruktur khususnya pada bidang transportasi. Kegiatan perdagangan pada kawasan Jatinegara yang berkembang secara natural ini mengalami dampak dari kebijakan pemerintah dalam rangka pertumbuhan ekonomi Jakarta. Kebijakan pemerintah tersebut antara lain: KRL sistem commuter line dan Bus TransJakarta dengan koridor barunya yang merupakan transportasi massal yang menghubungkan Jakarta dengan kota penunjangnya (Bekasi). Pasca implementasi kebijakan transportasi terjadi perubahan kegiatan perdagangan di kawasan Jatinegara terutama pada kegiatan ekonomi kawasan khususnya pada kegiatan perdagangan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui elemen dan faktor pendorong yang menyebabkan terjadinya perubahan kegiatan perdagangan sehingga mengetahui tren yang akan terjadi pada kawasan Jatinegara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif desktiptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kawasan perdagangan pada koridor komersial kawasan Jatinegara mengalami penurunan yang disebabkan oleh 2 faktor pendorong, yaitu faktor pendorong eksternal dan faktor pendorong internal. Faktor pendorong mempunyai pengaruh ke arah yang baik, penurunan dan adapun yang tidak berpengaruh. Secara garis besar faktor pendorong internal maupun eksternal pada kawasan ini menyebabkan perubahan kegiatan perdagangan yaitu penurunan atau depresiasi. Analisa dari faktor pendorong menghasilkan tren perubahan ke depan yang akan terjadi pada koridor komersial kawasan Jatinegara.

Kata kunci: Koridor komersial, Kegiatan Perdagangan, Pengaruh Transportasi, Faktor Pendorong, Tren Perubahan

Article Details

Section
Articles

References

Bishop, K.R. (1989). Designing Urban Corridors. American Planning Association, Washington DC.

Bohl, Charles C. (2002). Place Making: Developing Town Center, Main Streets and Urban Village. The Urban Institute, Washington DC.

Gilbert, D. (2003). Retail marketing management (2nd ed.). Prentice-Hall, England.

Grewel, D. & Krishnan, R. & Levy M. & Munger, J. (2006). Retailing In The 21st Century : Retail Success and Key Drivers. Springer, Berlin.

Levy, M. & Weitz, B. (2009). Retailing Management. McGraw-Hill/Irwin, New York.

Pintel,G. & Diamond, J. (1971). Retail Trade Management. Prentice-Hall, England.

Pintel,G. & Diamond, J. (2005). Retail Buying. Prentice-Hall, England.

Risch, E.H. (1991). Retail merchandising. MacMillan Publishing Company, USA.

Rondinelli, A.D. (1985). Applied Methodes of Regional Analisis : The Spatial Dimensions of Development Policy. West-view Press, Boulder and London.

Soefaat. (1997). Kamus Tata Ruang edisi 1. Direktorat Jenderal Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia, Jakarta.

Schneekloth, Lynda H. & Shibley, Robert G. (1995). Placemaking: The Art and Practice of Building Communities. John Wiley & Sons, Inc, New York Practice of Building Communities.

John Wiley & Sons, Inc : New York.Tiesdell, S. Oc. T., and T. Heath. (1996). Revitalizing Historic Urban Quarters. Architectural Press, London.

Peraturan Pemerintah

Kajian Perencanaan Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional 2013.

Peraturan Pemerintah No.38 Pasal 7 Tahun 2004 Tentang Jalan.

Informasi On-Line Via Internet

Batavia Digital, “Sejarah Jatinegara”, http://bataviadigital.pnri.go.id/home/ (23 September 2016).

Christie Sutanto, “Jatinegara dan Sejarah yang Hilang”,

http://nasional.kompas.com/read/2008/09/19/16442388/jatinegara (23 September 2016).

Foreign Trade Online, “Harmonized System Codes (HS Code 2017)”,

http://www.foreign-trade.com/reference/hscode.htm (23 September 2016).

Project for public Space, “Project for public Space”,

http//www.pps.org./info/placemakingtools/issues/commercialize (20 September 2016).