HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2022
Main Article Content
Abstract
Kesehatan mental merupakan suatu kondisi emosional dan psikologis yang baik, dimana tiap individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi maupun emosi dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari- hari. Kesehatan mental memiliki pengaruh terhadap kegiatan belajar mahasiswa kedokteran, penurunan kesehatan mental dapat berdampak pada hasil belajar yang ditunjukan dalam bentuk Indeks Prestasi Mahasiswa (IPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kesehatan mental terhadap prestasi belajar mahasiswa kedokteran angkatan 2022 di Universitas Tarumanagara. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Data penelitian kemudian diolah menggunakan teknik quota sampling. Hasil dari 176 responden yang diteliti, 93 di antaranya memiliki IPK yang baik dan kesehatan mental yang baik, sementara 5 mahasiswa memiliki IPK kurang baik dan kesehatan mental yang buruk. Hasil dari uji Chi-Square tidak ditemukan pengaruh yang signifikan (p > 0.05) antara kesehatan mental dan IPK pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain dan tidak sedang dalam proses untuk dimuat dalam majalah lain dalam waktu yang bersamaan. Naskah yang diterbitkan merupakan hak milik penerbit dan tidak akan dikembalikan, sedangkan naskah yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan. Naskah yang masuk akan dinilai oleh mitra bestari. Tim editor mempunyai hak melakukan pengeditan sesuai gaya selingkung untuk naskah yang akan diterbitkan.
References
Mental health [Internet]. www.who.int. [cited 2024 May 16]. Available from: https://www.who.int/news- room/fact-sheets/detail/mental- health-strengthening- our- response/?gad_source=1&gclid =Cj0KCQjw3ZayBhDRARIsAPWz x8ofoiCbzsYh20s mgILif_nOg5BclepL3PWdwW9e6 IwsFgPSEMYGcaAimlEALw_wcB
Kartika Sari D. Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press; 2012. Available from: http://eprints.undip.ac.id/38840 /1/KESEHATAN_MENTAL.pdf
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar. 2013.
Handayani ES. Kesehatan Mental (Mental Hygiene). 2022.
Hernández-Torrano D, Ibrayeva L, Sparks J, Lim N, Clementi A, Almukhambetova A, Nurtayev Y, Muratkyzy A. Mental health and well-being of university students: a bibliometric mapping of the literature. Front Psychol. 2020 Jun;11:1-16.
Alfikalia. Laporan Riset Kesehatan Mental dan Academic Adjustment Mahasiswa Universitas Paramadina pada Masa Belajar di Rumah. 2020.
Lamers, S. M. A., Westerhof, G. J., Bohlmeijer, E. T., ten Klooster, P. M., & Keyes,
C. L. M. (2011). Evaluating the psychometric properties of the mental health Continuum-Short Form (MHC-SF). Journal of Clinical Psychology, 67(1), 99- 110.
Bakhtiar A. Hubungan Tingkat Stres Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. 2020.
Furu NRL. Hubungan Tingkat Kehadiran, Tempat Tinggal Dan Beasiswa Dengan Performa Akademik Mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. 2018;11–3.
JURNAL FISKAL KEMENKEU RI, 2021.
Jannah F. Description of Student Identity Against Burnout Incidents in Preclinical Students for Class of 2018, 2019, and 2020 Faculty of Medicine Uin Syarif Hidayatullah Jakarta [Internet]. Thesis Faculty of Medicine UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2022. Available from: https://repository.uinjkt.ac.id/ds pace/handle/123456789/64336
Wenur R, Marcela Salamor J. Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Hein Namotemo. LELEANI J Keperawatan dan Kesehat Masy. 2021;1(1):42–7.
Nisa K El. Hubungan Kekatifan Berorganisasi dan Motivasi
EBERS PAPYRUS
EBERS PAPYRUS VOL. XX, NO.X, DESEMBER 20XX 12
Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Tahap Akademik Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA; 2021.
Ainiyah CER, Fauziyah S, Anisa R. Pengaruh Kualitas Tidur Dan Manajemen Waktu Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Pre-Klinik Selama Pembelajaran Daring. J Kedokt Komunitas. 2022;1–14.
Widjaja YV. The Implementation of Learning Strategies According to Learning
Styles and The Relationship with Undergraduate Medical Student’s Academic
Feriyanto DD, Sulistyani S, Ichsan B, Herawati E. Hubungan Tingkat Stres Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fakultas Kedokteran. 2021;11(1):268–73. Available from: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/ xmlui/handle/11617/12634
Ulfah. Pengaruh Kesehatan Mental terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Annu Guid Couns Acad Forum. 2023;23–8.
Aker S, Mıdık Ö. The Views of Medical Faculty Students in Turkey Concerning the COVID- 19 Pandemic. J Community Health. 2020 Aug;45(4):684- 688. doi: 10.1007/s10900-020- 00841-9. PMID: 32415519; PMCID: PMC7225400.
Putri IF. Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Pencapaian Akademik Mahasiswa Tahun Pertama FK UII. J Chem Inf
Model
;53(9):21–5.
from: http://www.elsevier.com/locate /scp
Zada S, Wang Y, Zada M, Gul F. Pengaruh Masalah Kesehatan Mental terhadap Kinerja Akademik di Kalangan Mahasiswa di Pakistan. J Int Promosi Kesehat Ment. 2021.