HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2021 DAN 2022

Main Article Content

Sheira Aulia Putri Rammadani Ilham
Oentarini Tjandra

Abstract

Ketakutan yang disebabkan oleh bahaya yang dirasakan, baik dari luar maupun dari dalam, dikenal sebagai kecemasan. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah rerata nilai akhir dari seluruh Indeks Prestasi (IP) yang merupakan hasil proses belajar selama beberapa semester perkuliahan. Mahasiswa kedokteran lebih rentan mengalami gangguan kecemasan terkait hasil belajar karena tingkat stres mereka yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di mata kuliah lain yang merupakan salah satu faktor penyebab mengapa mahasiswa kedokteran lebih rentan mengalami kecemasan terhadap IPK. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah ada hubungan antara kecemasan terhadap IPK mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angakatan 2021 dan 2022. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan studi potong lintang pada 250 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angakatan 2021 dan 2022. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner Beck Anxiety Inventory yang telah tervalidasi dan dianalisis dengan uji Pearson Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan IPK sangat baik pada 143 (57,2%) orang dan IPK baik pada 107 (42,8%) orang. Didapatkan juga tingkat kecemasan berat-sangat berat pada 119 dari 204 orang (58,3%) yang memiliki IPK sangat baik, sementara 24 dari 204 orang yang memiliki IPK sangat baik mengalami kecemasan ringan-sedang dengan p = 0,446 (p>0,05) dan rr = 0,828. Kesimpulan, tidak terdapat hubungan signifikan antara kecemasan dengan indeks prestasi kumulatif pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021 dan 2022.


Kata Kunci: kecemasan, indeks prestasi kumulatif, mahasiswa fakultas kedokteran

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Harold I. Kaplan, Benjamin J. Sadock, Jack A. Grebb, I Made Wiguna S., Widjaja Kusuma. Kaplan dan Sadock Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. 7th ed. Vol. 1. Jakarta: Binarupa Aksara; 1997.

Putu N, Cyntia KP, Gita D, Kareri R, Djie S, Rante T, et al. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana [Internet]. Vol. 21, Hubungan Tingkat Kecemasan Cendana Medical Journal. 2021 [cited 2023 Dec 4]. Available from: https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/CMJ/article/view/4930

Demak IPK, Muharam DN, Salman M. Hubungan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Blok Dengan Nilai Ujian Mahasiswa Kedokteran Tahun Kedua Universitas Tadulako. Molucca Medica. 2019 Jun 19;12(1):11–7.

Winda Setya Putri. Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Selama Masa Pandemi COVID-19 Studi Cross Sectional Pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Umum Fakultas Kedokteran Unissula. 2021;

Armyanti I, Arundina A, Tejoyuwono T, Fitrianingrum I. Gambaran Tingkat Kecemasan Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Rendah Pada Mahasiswa Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tanjungpura Angkatan 2007 Sampai Dengan 2010 [Internet]. 2017 [cited 2023 Dec 4]. Available from: Armyanti I, Tejoyuwono AAT, Fitrianingrum I. Gambaran Tingkat Kecemasan Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Rendah Pada Mahasiswa Kedokteran

Chapell MS, Blanding ZB, Silverstein ME, Takahashi M, Newman B, Gubi A, et al. Test Anxiety and Academic Performance in Undergraduate and Graduate Students. J Educ Psychol. 2005 May;97(2):268–74.

Saptarina D, Winata Nurikhwan P, Dwi Santoyo D, Bakhriansyah M, Limantara S. Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap IPK Mahasiswa PSKPS FK ULM. Homeostasis. 2023 May 23;6(1):145.

Saputera JD, Saputera MD, Chris A. PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK BERDASARKAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan. 2018;2(1):11–7.

Fauziah Rachim AS. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Indeks Prestasi Semester I Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Achmad FR, Asep S. Perbedaan Derajat Kecemasan Antara Mahasiswa Tahap Akademik Tingkat Awal dengan Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Medula. 2019;9(1):78–82.

Nasution DP. Hubungan simtom stres dengan nilai blok mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2018.

Helmahani MA, Biromo AR. Hubungan Tingkat Stres Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017. Vol. 28, EBERS PAPYRUS. 2022.

Riezky AK, Sitompul AZ. Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. J Aceh Med. 2017;1(2):79–86.