Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Akademik Siswa SDN Gedong 10 Pagi Jakarta Timur Periode Januari - April 2024

Main Article Content

Deviana Asri
Melani Rakhmi Mantu

Abstract

Status gizi adalah keseimbangan yang diperoleh dari asupan nutrisi dan kebutuhan nutrisi setiap individu untuk mempertahankan cadangan dan mengkompensasi kehilangan dalam tubuh. Status gizi setiap individu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan dan tempat tinggal, asupan gizi dan infeksi penyakit. Nutrisi yang tidak memadai berdampak kepada status gizi kurang pada anak yang dimana dapat memperlambat perkembangan fisik dan neurokognitif, namun jika nutrisi yang didapatkan seorang anak memadai maka perkembangan yang didapatkan akan optimal. Berdasarkan penelitian pada tahun 2013, status gizi anak usia sekolah yaitu antara 5 hingga 12 tahun memiliki gambaran yang beragam. Terdapat 4,4% laki-laki dan 3,5% perempuan yang mengalami status gizi sangat kurus, 7,7% laki-laki dan 6,7% perempuan memiliki status gizi kurus, sedangkan 10,8% laki-laki dan 10,7% perempuan mengalami status gizi gemuk serta 9,7% laki-laki dan 6,6% perempuan mengalami status gizi obesitas. Penelitian ini menyelidiki hubungan antara status gizi dengan prestasi akademik siswa. Sebanyak 295 siswa SDN Gedong 10 Pagi Jakarta Timur memenuhi kriteria yang diperlukan dalam penelitian ini dan mengikuti proses pengukuran berat badan serta tinggi badan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis chi-square dan didapatkan hasil tidak ditemukannya hubungan antara status gizi dengan prestasi akademik siswa baik pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (p = 0,437), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (p = 591), Bahasa Indonesia (p = 0,900) dan Matematika (p = 0,979). Penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut dengan mempertimbangkan penambahan variabel faktor internal dan eksternal lainnya yang dimana dapat mempengaruhi prestasi akademik siswa.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Fernández-Lázaro D, Seco-Calvo J. Nutrition, Nutritional Status and Functionality. Nutrients. 2023;15(8).

Hidajat B, Nasar S, Sjarif D. Tinjauan Mutakhir tentang Makronutrien. Buku Ajar Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik. 1st ed. IDAI, 2014;

Akubuilo UC, Iloh KK, Onu JU, Iloh ON, Ubesie AC, Ikefuna AN. Nutritional status of primary school children: Association with intelligence quotient and academic performance. Clin Nutr ESPEN 2020;40:208–213.

Saavedra JM, Prentice AM. Nutrition in school-age children: a rationale for revisiting priorities. Nutr Rev. 2023;81(7):823–843.

Goriounova NA, Mansvelder HD. Genes, cells and brain areas of intelligence. Front Hum Neurosci. 2019;13.

Maqbool A, Parks E, Shaikhkhalil A. Nutritional Requirements. Nelson Textbook of Pediatrics. 21st ed. Canada: Elsevier, 2020;

Amany T, Sekartini R. Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa SDN 03 Pondok Cina Depok Tahun 2015. Sari Pediatri 2017;18(6).

Gahagan S. Overweight and Obesity. Nelson Textbook of Pediatrics. 21st ed. Canada: Elsevier, 2020;

Ayalew M, Bayray A, Bekele A, Handebo S. Nutritional Status and Educational Performance of School-Aged Children in Lalibela Town Primary Schools, Northern Ethiopia. International Journal of Pediatrics (United Kingdom) 2020;2020.

Kumar Patsa M. Relationship Between Nutritional Status and Academic Performance of Primary School Children in Rural Bankura Region of West Bengal, India. Biosci Biotechnol Res Commun 2021;14(2):686–691.

Hioui M El, Azzaoui F-Z, Ahami AOT, Aboussaleh Y. Nutritional Status and School Achievements in a Rural Area of Anti-Atlas, Morocco. Food Nutr Sci 2011;02(08):878–883.

Marbun RM, Karina SM, Meilinasari M, Mulyo GPE. Correlation of Characteristics, Maternal Nutrition Knowledge with Nutritional Status (H/A) in Baduta in Sumbang District, Banyumas Regency, Central Java, Indonesia. Open Access Maced J Med Sci 2022;10(E):471–474.

KEMENKES. Laporan Nasional RISKESDAS 2018 [Homepage on the Internet]. [cited 2024 May 10]; Available from: https://dinkes.babelprov.go.id/sites/default/files/dokumen/bank_data/20181228%20-%20Laporan%20Riskesdas%202018%20Nasional-1.pdf

M EH, AOT A, Y A, S R. The Relationship between Nutritional Status and Educational Achievements in the Rural School Children of Morocco. J Neurol Neurol Disord 2017;3(1).

Opoola F, Adebisi S, Ibegbu A. The study of nutritional status and academic performance of primary school children in Zaria, Kaduna State, Nigeria. Annals of Bioanthropology 2016;4(2):96.