Pengetahuan Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Mengenai Manfaat Pemberian ASI Pada Anak Usia 0-2 Tahun

Main Article Content

Gracia Angel Christy
Wiyarni Pambudi

Abstract

Pemberian ASI direkomendasikan oleh WHO kepada bayi dari lahir sampai usia enam bulan, ASI eksklusif untuk mencapai pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan yang optimal. ASI juga direkomendasikan untuk diteruskan pemberiannya kepada anak sampai berusia dua tahun. Pemberian ASI memiliki banyak manfaat bagi bayi dan ibu, dimana ASI dapat memproteksi bayi yang baru lahir dari infeksi, mengurangi angka mortalitas akibat diare, dan memproteksi dari infeksi saluran kemih pada bayi. Manfaat yang bisa didapatkan ibu dari menyusui adalah dapat membantu menurunkan risiko ibu terkena kanker ovarium, kanker payudara, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan mengenai manfaat pemberian ASI. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik observasional dengan pendekatan potong lintang pada subyek mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2019-2022. Penelitian ini melibatkan 134 responden, dengan hasil 17 (25,4%) responden laki-laki memiliki pengetahuan baik dan 6 (8,9%) responden perempuan memiliki pengetahuan baik mengenai manfaat pemberian ASI. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini didapatkan 23 (17,2%) responden memiliki pengetahuan baik dan 111 (82,8%) responden masih memiliki pengetahuan yang kurang mengenai manfaat pemberian ASI. Penelitian ini juga mendapatkan hubungan yang bermakna (p=0,012) dari pengetahuan mahasiswa mengenai manfaat pemberian ASI berdasar faktor gender, yaitu mahasiswa memiliki pengetahuan 2,83 kali lebih baik dibandingkan mahasiswi.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

World Health Organization, Infant and young child feeding. 2021.

Tersedia di: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding. [diunduh pada 8 April 2023].

World Health Organization. Exclusive breastfeeding for six months: Best for babies everywhere. 2011. Tersedia di: https://www.who.int/news/item/15-01-2011-exclusive- breastfeeding-for-six-months-best-for-babies-everywhere). [diunduh pada 8 April 2023].

Mohamad N, Saddki N, Azman KNK, Aziz IDA. Knowledge, attitude, exposure, and future intentions toward exclusive breastfeeding among Universiti Sains Malaysia final year medical and dental students. Korean J Fam Med. 2019;40:261-8.

World Breastfeeding Week 2022. Step up for breastfeeding. WBW. 2022. Tersedia di: https://worldbreastfeedingweek.org/the-roles-of-actors-in-the-warm-chain/. [diunduh pada 8 April 2023].

Pereira H, Campos R, Silva P, Cruz M. Newborn feeding knowledge and attitudes among medical students. European Journal of Investigation in Health Psychology and Education.2023; 13(3):556-567.

Hatamleh DW, Sabeeb DZA. Knowledge and attitude toward breastfeeding among nursing students. Journal of Natural Sciences Research. 2015; 5(16):147.

Kang N-M, Song Y, Im EO. Korean university students’ knowledge and attitudes toward breastfeeding: a questionnaire survey. International Journal of Nursing Studies. 2005;42(8):863–70.

Čatipović M, Puharić Z, Puharić D, Čatipović P, Grgurić J. Behaviour, attitudes and knowledge of healthcare workers on breastfeeding. Children. 2022;9(8):1173.