PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN TAHAP AKADEMIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Latar Belakang : Dimulainya pandemi Covid-19 pada akhir 2019 memaksa setiap orang untuk berjaga jarak, sehingga berdampak pada seluruh aspek kehidupan, termasuk sistem pendidikan di seluruh dunia. Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan bagi sekolah dan institusi pendidikan untuk menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari virus Covid-191. Perubahan dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring dilakukan dalam waktu yang singkat dan melibatkan seluruh pihak yang terlibat sehingga penting untuk diketahuinya persepsi mahasiswa dalam sistem yang sedang berjalan. Penelitian cross sectional dipilih untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik periode Februari – Maret 2022. Didapatkan dari 91 responden, persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring persepsi rendah 0%, sedang 65,9%, tinggi 34%. Persepsi mahasiswa terhadap kesiapan pembelajaran daring persepsi rendah 5,5%, sedang 46,1%, tinggi 48,3%. Persepsi mahasiswa terhadap tantangan selama pembelajaran daring persepsi rendah 26,3%, sedang 60,4%, tinggi 13,1%. Mayoritas persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring cenderung sedang. Hasil yang cenderung sedang didapatkan karena berbagai macam keunggulan yang didapatkan dari sistem pembelajaran daring meskipun terdapat juga beberapa tantangan yang dirasakan dalam menjalanani sistem pembelajaran tersebut. Persepsi yang didapatkan juga dipengaruhi dari berbagai faktor yang ada seperti kalangan usia, dan kualitas jaringan internet yang ada.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain dan tidak sedang dalam proses untuk dimuat dalam majalah lain dalam waktu yang bersamaan. Naskah yang diterbitkan merupakan hak milik penerbit dan tidak akan dikembalikan, sedangkan naskah yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan. Naskah yang masuk akan dinilai oleh mitra bestari. Tim editor mempunyai hak melakukan pengeditan sesuai gaya selingkung untuk naskah yang akan diterbitkan.
References
SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) [Internet]. Kemdikbud.go.id. [cited 2023 Jan 11]. Available from: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
WHO Coronavirus (COVID-19) dashboard [Internet]. Who.int. [cited 2023 Jan 11]. Available from: https://covid19.who.int/
Mukuka A, Shumba O, Mulenga HM. Students’ experiences with remote learning during the COVID-19 school closure: implications for mathematics education. Heliyon [Internet]. 2021;7(7):e07523. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07523
KEMENDIKBUD. SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9) [Internet]. Kemdikbud.go.id. [cited 2023 Jan 11]. Available from: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Lemay DJ, Bazelais P, Doleck T. Transition to online learning during the COVID-19 pandemic. Comput Hum Behav Rep [Internet]. 2021;4(100130):100130. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100130
Khan MA, Vivek V, Nabi MK, Khojah M, Tahir M. Students’ perception towards E-learning during COVID-19 pandemic in India: An empirical study. Sustainability [Internet]. 2020;13(1):57. Available from: http://dx.doi.org/10.3390/su13010057
Muflih S, Abuhammad S, Al-Azzam S, Alzoubi KH, Muflih M, Karasneh R. Online learning for undergraduate health professional education during COVID-19: Jordanian medical students’ attitudes and perceptions. Heliyon [Internet]. 2021;7(9):e08031. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08031
Zuriati S, Briado B. PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI EMPAT TANJUNGPINANG. Menyongsong Era Merdeka Belajar. 2020.Emotional development [Internet]. HHS Office of Population Affairs. [cited 2023 Jan 11]. Available from: https://opa.hhs.gov/adolescent-health/adolescent-development-explained/emotional-development
Emotional development [Internet]. HHS Office of Population Affairs. [cited 2023 Jan 11]. Available from: https://opa.hhs.gov/adolescent-health/adolescent-development-explained/emotional-development
Young adults: Ages 20-25 [Internet]. The Digital Wellness Lab. 2014 [cited 2023 Jan 11]. Available from: https://digitalwellnesslab.org/parents/young-adults-ages-20-25/