Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Komunikasi Dengan Keaktifan Diskusi Tutorial Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Main Article Content

Nova Risky Ardhian Bella Putri
Oentarini Tjandra

Abstract

Diskusi tutorial merupakan salah satu sistem pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yaitu fasilitas agar mahasiswa berpikir kritis, belajar mandiri, berkolaborasi dengan tim dan melatih kemampuan berkomunikasi telah dianggap efektif dalam pendidikan etika. Metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah diterapkan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara sejak 2007. Pada beberapa studi, didapatkan mahasiswa fakultas kedokteran sering cemas karena mereka dituntut untuk  aktif berpartisipasi terutama dalam diskusi tutorial. Padahal keaktifan mahasiswa dalam diskusi tutorial sangat penting untuk mencapai tujuan dari sistem pembelajaran tersebut, salah satunya membantu mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran, akhirnya tujuan pembelajaran jadi tidak tercapai. Studi analitik kuantitatif dengan pendekatan potong lintang dengan pengumpulan sampel secara cluster sampling untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan keaktifan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara saat diskusi tutorial menggunakan kuesioner kecemasan komunikasi penelitian Adifa (2017) dan instrumen penilaian keaktifan diskusi tutorial Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Data di analisis dengan uji Chi Square dengan program software. Dari hasil penelitian 217 responden, didapatkan hubungan antara tingkat kecemasan komunikasi dengan keaktifan saat diskusi tutorial responden Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021 dengan (p-value = 0.001) atau (p<0.05). Mahasiswa dengan tingkat kecemasan komunikasi tinggi 17 kali kurang aktif dibandingkan mahasiswa dengan tingkat kecemasan rendah-sedang (PRR = 17.83).

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia Konsil Kedokteran Indonesia Indonesian Medical Council Jakarta 2012 Konsil Kedokteran Indonesia. 2012.

Pioh VE, Mewo Y, Berhimpon S. Efektivitas Kelompok Diskusi Tutorial Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. 2016. https://doi.org/10.35790/ebm.v4i1.12141

Matlala S. Educators’ perceptions and views of problem-based learning through simulation. Curationis 2021;44(1); doi: 10.4102/curationis.v44i1.2094.

Harasym PH, Tsai T-C, Munshi FM. Is problem-based learning an ideal format for developing ethical decision skills? Kaohsiung J Med Sci 2013;29(10):523–529; doi: 10.1016/j.kjms.2013.05.005.

Dent JA, Harden RM, Hunt D, Hodges BD. A Practical Guide for Medical Teachers 5th ed. New York; Elsevier; 2017.

Azka Z. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Komunikasi dengan Keaktifan Diskusi Tutorial pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret [skripsi]. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret; 2015.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/keaktifan

Rikawati K, Sitinjak D. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC) 2020;2(2):40; doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6059.

American Psychological Association. https://www.apa.org/topics/anxiety

Untuk Mahasiswa P. Modul Blok Belajar Sepanjang Hayat Dan Biomedik Dasar Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. 2021.

Shafira NNA, Fitri AD. Penilaian Keefektifan Kelompok Diskusi Tutorial Mahasiswa Kedokteran Universitas Jambi Menggunakan Tutorial Group Effectiveness Instrument. Jambi Medical Journal “Jurnal Kedokteran dan Kesehatan” 2020;8(1):85–93; doi: 10.22437/jmj.v8i1.9480.

Amran R. Pembelajaran Daring Pada Kegiatan Tutorial. 2015;5(1). https://doi.org/10.56260/sciena.v1i5.71

Thinagar M, Westa W. Tingkat Kecemasan Antara Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Udayana dan Implikasinya Pada Hasil Ujian. Intisari Sains Medis 2017;8(3):181–183; doi: 10.15562/ism.v8i3.122.

Hashemi Z, Shokrpour N, Valinejad M, et al. Communication apprehension and level of anxiety in the medical students of Rafsanjan University of Medical Sciences. J Educ Health Promot 2020;9(1):350; doi: 10.4103/jehp.jehp_401_20.