Penurunan Prestasi Akademik akibat Stres selama pandemi COVID-19

Main Article Content

Yulius Charles Charles
Susilodinata Halim

Abstract

Pandemi COVID-19 yang bermula pada tahun 2019 menyebabkan berbagai perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari seseorang, akibat perubahan ini banyak faktor stres baru yang bermunculan terutama kepada mahasiswa akibat pembelajaran melalui daring dan adaptasi metode pembelajaran baru yang menyebabkan penurunan prestasi akademik, stres sendiri didefinisikan ketidaksesuaian perasaan seorang individu dengan situasi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara stres dengan prestasi akademik pada mahasiswa FK Untar Angkatan 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan data responden menggunakan google form yang berisi kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10) untuk mengukur tingkat stres sedangkan untuk mengukur hasil belajar atauĀ  Indeks Prestasi Kumulatif(IPK) mahasiswa diperoleh melalui pengisian google form pada kolom indeks prestasi akademik 3 blok selama semester 1. Uji analisis data menggunakan uji statistik chi-square dengan pendekatan cross-sectional. Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebesar 89,7% responden tidak mengalami stres dan sebanyak 10,3% responden mengalami stres. Sebagian besar responden berjumlah 144 atau 87,3% memliki IP >= 2.00, sedangkan yang memiliki IP< 2.00 sebanyak 21 atau 12,7%. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara stres dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022 karena P-value= 0.520. Kesimpulan: Penelitian yang dilakukan belum dapat menunjukkan adanya hubungan antara stres dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2022.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2013 ; 1(2) : 143-150

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta ; Raja Grafindo Persada : 2006

Putri, R.M. Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion mempengaruhiand Behavior ; 2020

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han. Et al. The physchological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res. 2020;287 : 1-5

Perz Ca., Lang Ba., Harrington R. Validation of the Fear of COVID-19 Scale in a US College Sample. International journal of mental health and addiction. 2020 Jun ; 25:1

Rifa ,F., Rinka Citra Awinda., Besral. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Jurnal FKM UI, 2021 ;1(2) : 1.

Sohail N. Stress and academic performance among medical students. J Coll Physicians Surg Pak. 2013 Jan 1;23(1):67-71

Werdani, Y.D.W. Pengaruh Tingkat Stres Terhadap Mekanisme Koping Pasien Kanker Berbasis Manajemen Terapi Kanker. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 2020 ; 8(3) : 346-360.

Cohen,S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. A Global Measure of Perceived stress. Journal of health and social behavior, 1983; 24(4), 385-396

A. Oshri et al. Socioeconomic hardship and delayed reward discounting: associations with working memory and emotional reactivity, 2019;37.

Peraturan Universitas Tarumanagara(PUT) 143 pasal 59

Chiara., C., Guisi B., Stefania, M. et al. Perceived Stress in a Gender Prespective : A Survey in a Population of Unemployed Subjects of southern Italy. Frontiers in Public Health ; 2021:9

Shalini G.N. Impact of Procrastination and Time-Management on Academic Stress among undergraduate Nursing Students: A Cross Sectional Study. International Journal of Caring Sciences. 2019, 12;1480

Awoke M, Mamo G, Abdu S, Terefe B. Perceived Stress and Coping Strategies Among Undergraduate Health Science Students of Jimma University Amid the COVID-19 Outbreak: Online Cross-Sectional Survey. Front psychol. 2021 Mar 30;12:639955. Doi: 10.3389/fpsyg.2021.639955.PMID: 33859594; PMCID: PMC8042268

Windi C., Yuliana., Kamariyah. Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia. 2020, 1;2