Hubungan Tingkat Stres Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017
Main Article Content
Abstract
Stres merupakan hal yang tidak asing lagi di pendidikan kedokteran. Stres yang tidak mampu dikendalikan oleh mahasiswa dapat memberikan dampak negatif yang dapat menyebabkan penurunan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan hasil belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran. Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen PSS (Perceived Stress Scale) untuk menilai tingkat stres dan data IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) untuk melihat hasil belajar.Hasil: Pada penelitian ini didapatkan sebagian besar responden (52,5%) mengalami stress berat dan memiliki hasil belajar yang baik (55%). Hasil uji statistik mendapatkan ada hubungan yang bermakna antara tingkat stres dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017 dengan nilai p=0,024 (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Naskah yang diterima adalah naskah asli yang belum pernah dimuat dalam jurnal lain dan tidak sedang dalam proses untuk dimuat dalam majalah lain dalam waktu yang bersamaan. Naskah yang diterbitkan merupakan hak milik penerbit dan tidak akan dikembalikan, sedangkan naskah yang dinilai tidak layak diterbitkan akan dikembalikan. Naskah yang masuk akan dinilai oleh mitra bestari. Tim editor mempunyai hak melakukan pengeditan sesuai gaya selingkung untuk naskah yang akan diterbitkan.
References
Gaol NTL. Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi. 2016;24(1):1–11.
Shahsavarani AM, Marz EA, Kalkhoran MH. Stress: Facts and Theories through Literature Review. International Journal of Medical Reviews. 2015;2(2):230–241.
Sutjiato M. Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU. 2015;5(1):30-42
Saputra IMRA, Suarya LMKS. Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana. 2019;6(01):31-43.
Ritchie H, Roser M. Mental Health [Internet]. Our World in Data. 2018 [cited 2019]. Available from: https://ourworldindata.org/mental-health
Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) [Internet]. Badan Litbangkes. 2020 [cited 2019]. Availablefrom:https://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/
Sugianto D. Menilik Prevalensi Gejala Depresi di Indonesia [Internet]. Into the Light Indonesia. 2018 [cited 2020]. Availablefrom:https://www.intothelightid.org/2018/08/28/menilik-prevalensi-gejala-depresi-di-indonesia/
Aryani F. Stres Belajar "Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling" [Internet]. Test Repository. Edukasi Mitra Grafika; 1970 [cited 2019]. Available from: http://eprints.unm.ac.id/2478/
Maulina B, Sari DR. Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling. 2018;4(1):1–5.
Putra N. Hubungan Tingkat Stres Akademik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Blok BasicScience Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Digital Repository Unila. 2015;
Sohail N. Stress and Academic Performance Among Medical Students. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan . 2013;23(1):67–71.
Ananda OT, Gusyaliza R, Pertiwi D. Hubungan Derajat Kerentanan Stres dan Prestasi Akademik Mahasiswa Indekos FK Unand Angkatan 2016. 2018;7:375–80.
Pratama RP, Eka IA, Affarah WS. Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. 2014;3(1).
Jha SK, Kudachi PS, Goudar SS. International Journal of Basic and Applied Physiology. Perceived Stress And Academic Performance Among Medical Students – A Cross Sectional Study . 2012;1(1):123–6.
Walke YSC, Samuel LJ. International Journal of Medical and Applied Sciences. A Cross Sectional Comparative Study to Assess The Level of Stress and Its Effect On Attendance and Performance Among Second Year Medical Students. 2015;4(1):221–8.
Yee LY, Yusoff MSB. Prevalence and sources of stress among medical students in Universiti Sains Malaysia and Universiteit Maastricht. Education in Medicine Journal. 2013;5(4).
Qamar K, Khan NS, Kiani MRB. Factors Associated With Stress Among Medical Students. Journal of The Pakistan Medical ssociation. 2015;65(7):753–5.