Hubungan Kebiasaan Berolahraga Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2020-2021

Main Article Content

Ivan
Susy Olivia Lontoh

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kasus kejadian COVID-19 di Indonesia, pemerintah menetapkan kebijakan physical distancing. PJJ memilki dampak negatif yaitu dapat menimbulkan stres pada mahasiswa. Ada beberapa cara untuk meredakan stres diantaranya: Kognitif, emosi, perilaku, dan fisik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kebiasaan berolahraga dengan tingkat stres pada mahasiswa. Metode penelitian ini adalah data cross sectional menggunakan analisis chi square dengan pengukuran tingkat stres menggunakan kuesioner Perceived Stres Scale 10 dan pengukuran kebiasaan olahraga dengan menggunakan Kuesioner Baecke. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa 31 orang (53%) mahasiswa/i tidak melakukan olahraga secara rutin dan 27 orang (47%) telah melakukan olahraga secara rutin. Mahasiswa/i mengalami tingkat stres sedang/berat 41 orang (71%) dan yang mengalami stres rendah jumlahnya 17 orang (29%). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan berolahraga dan tingkat stres pada mahasiswa/i Universitas Tarumanagara angkatan 2020-2021 selama masa PJJ (pembelajaran jarak jauh).


Kata Kunci: Kebiasaan Berolahraga, Tingkat Stres, COVID-19, Perceived Stres Scale, Baecke Quitionnaire.

Article Details

Section
Artikel Asli

References

Hawari D. Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2008.

Purwati S. Tingkat stres akademik pada mahasiswa reguler angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia [Skripsi]. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia; 2012

World Health Organization. Listings of WHO’s response to COVID-19 [Internet]. World Health Organization. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: https://www.who.int/news/item/29-06-2020-covidtimeline

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia; 2020. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara- daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Jurnal SPORTIF. Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol. 6 No. 3, Desember 2020, pp. 713-728 https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i3.14937

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. Infografik Masalah Psikologis Terkait Pandemi COVID-19 di Indonesia [Internet]. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: http://pdskji.org/home

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta, Indonesia: Kemenkes; 2018

Greenwood BN, Fleshner M. Exercise, learned, helplessness and the stresresistant brain. Neuromolecular Medicine. 2008: (10): 81-98.

Andalasari R. Kebiasaan Olah Raga Berpengaruh Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Ilmu dan Teknol Kesehat. 2018;Vol 5(2):179–91

Ibnu AS. Pengaruh Stres dengan Perilaku Olahraga Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Selama Pandemi COVID-19. Jurnal ilmu kesehatan Sandi Husada. 2021;10(1)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta, Indonesia: Kemenkes; 2018

World Health Organization , GHO. Prevalence of insufficient physical activity. World Health Organ [Internet]. 2016; Available from:

https://www.who.int/gho/ncd/risk_factors/physical_activity_text/en/

Sawitri N. Pengaruh Olahraga terhadap Stres pada Remaja di Masa Pandemi COVID- 19. Naskah publikasi Universitas Aisyah Yogyakarta.

Füzéki E, Groneberg DA, Banzer W. Physical activity during COVID-19 inuced lockdown: Recommendations. J Occup Med Toxicol. 2020;15(1):1–5. Available from: https://doi.org/10.1186/s12995-020-00278-9