HUBUNGAN PROKRASTINASI DENGAN STRES PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Main Article Content

Dwi Hidayanti
Arlends Chris

Abstract

Mahasiswa tidak terlepas dari aktivitas belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Ketika menghadapi aktivitas tersebut mahasiswa seringkali menunda, mengabaikan dan memilih melakukan aktivitas lainnya, maka perilaku tersebut dinamakan prokrastinasi. Hal ini dapat mengakibatkan mahasiswa mengalami stres. Stres adalah perasaan tertekan yang dialami seseorang pada situasi tertentu dan dapat menganggu kesehatan fisik atau psikologisnya. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan desain cross sectional pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Subyek penelitian adalah 63 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara yang sedang menjalankan blok muskuloskletal pada bulan Maret 2020. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yaitu kuesioner Procrastination Assesment Scale-Student (PASS) dan Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42). Hasil analisis Chi-square didapatkan p value (0,011) menunjukkan hasil yang signifikan antara prokrastinasi dengan stres. Hasilnya, pada tingkat prokrastinasi kategori ringan adalah 10 responden (15,9%), tingkat prokrastinasi kategori sedang adalah 44 responden (69,8%), dan tingkat prokrastinasi kategori tinggi adalah 9 responden (14,3%). Hasil tingkat stres kategori normal adalah 9 responden (14,3%), tingkat stres kategori ringan adalah 25 responden (39,7%) tingkat stres kategori sedang adalah 21 responden  (33,3%), dan tingkat stres kategori berat adalah 8 responden (12,7%). Kesimpulan pada penelitian ini prokrastinasi dapat mempengaruhi stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (p-value 0,011).

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Arlends Chris, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Histologi

References

Zakeri H, Esfahani BN, Razmjoee M. Parenting styles and academic procrastination. Procedia - Soc Behav Sci [Internet] 2013; 84: 57–60. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.509

Hussain I, Sultan S. Analysis of procrastination among university students. Procedia - Soc Behav Sci [Internet] 2010; 5: 1897–904. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.385

Abbasi IS, Alghamdi NG. The prevalence, predictors, causes, treatment, and implications of procrastination behaviors in general, academic, and work setting. Int J Psychol Stud 2015; 7: 59–66.

Balkis M, Duru E. The evaluation of the major characteristics and aspects of the procrastination in the framework of psychological counseling and guidance. Educ Sci Theory Pract [Internet] 2007; 7: 376–85. Available from: http://www.kuyeb.com/pdf/en/cfb29b1a83d77954d7a5b765f0db356fiseng.pdf

Özer BU, Demir A, Ferrari JR. Exploring academic procrastination among turkish students: Possible gender differences in prevalence and reasons. J Soc Psychol 2009; 149: 241–57.

Gultom SA, Wardani ND, Fitrikasari A. Hubungan adiksi internet dengan prokrastinasi akademik. Diponegoro Med J (Jurnal Kedokt Diponegoro) 2018; 7: 330–47.

Gargari RB, Sabouri H, Norzad F. Academic procrastination: The relationship between causal attribution styles and behavioral postponement. Iran J Psychiatry Behav Sci 2011; 5: 76–82.

Saleh Baqutayan SM. Stress and coping mechanisms: A historical overview. Mediterr J Soc Sci 2015; 6: 479–88.

Shahsavarani AM, Azad E, Abadi M, Kalkhoran MH. Stress: Facts and Theories through Literature Review. Int J Med Rev 2015; 2.

Gazzaz ZJ, Baig M, Al Alhendi BSM, Al Suliman MMO, Al Alhendi AS, Al-Grad MSH, et al. Perceived stress, reasons for and sources of stress among medical students at Rabigh Medical College, King Abdulaziz University, Jeddah, Saudi Arabia. BMC Med Educ 2018; 18: 1–9.

Besral B, Widiantini W. Determinan Stres pada Pegawai Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kesmas Natl Public Heal J 2015; 9.

Kurniati T. Hubungan prokrastinasi akademik dengan tingkat stres pada mahasiswa DIV bidan pendidik anvullen di STIKES Aisyiyah Yogyakarta 2014; 85: 2071–9.

Wahyuningtiyas EP, Fasikhah SS, Amalia S. Hubungan manajemen stres dengan perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. J RAP (Riset Aktual Psikol Univ Negeri Padang) 2019; 10

Psychology Foundation of Australia. Depress anxiety Stress Scale [Internet] 2016;4:64–75. Available from:http://www2.psy.unsw.edu.au/dass/Download files/Dass42.pdf

Malik JA, Ashraf M. Academic stress predicted by academic procrastination among young adults: Moderating role of peer influence resistance. J Liaquat Univ Med Heal Sci 2019; 18: 65–70.

Christopher HG. Hubungan perilaku prokrastinasi terhadap tingkat stres mahasiswa bimbingan dan konseling IKIP Gunungsitoli 2020; 14: 2363–70.

Burka JB, Yuen JN. Why you do what to do about it now. U.S Da Capo Press; 2018. p. 1–16