Dampak Pengobatan Albendazol Dosis Tunggal Terhadap Nematoda Usus Pada Murid Sekolah Dl Daerah Pedesaan

Main Article Content

Magdalena L J Herjanto
Purnomo Purnomo
Harijani A Marwoto
Ayda Rahmad
Lianasari Winaga
Rita Marlita Dewi

Abstract

Dampak pengobatan Albendazol dosis tunggal terhadap Nematoda usus pada murid sekolah di daerah pedesaan.

Prevalensi penyakit cacing yang ditularkan melalui tanah pada anak­anak sekolah dasar masih sangat tinggi. Berbagai macam obat telah dipakai untuk mengobati dan diperlukan obat cacing ideal, yang dapat dipakai untuk pengobatan massal. Obat tersebut harus efektif, berspektrum luas, dengan sedikit atau tanpa efek samping, mudah diberikan dan harganya tidak mahal. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengobatan albendazol dosis tunggal terhadap   infeksi geohelmin.  Pemeriksaan tinja dilakukan terhadap 305 murid sekolah dasar di Desa Nanga dan Dobo Kabupaten Sikka (Flores Timur) dengan tehnik modifikasi KATO. Murid­murid diberi pengobatan dengan albendazol 400 mg dosis tunggal dan tinjanya diperiksa lagi 1-2 hari dan 7-10 hari setelah pengobatan.

Prevalensi telur cacing pada tinja 217 murid sekolah yang dapat diteliti selama 3 kali pemeriksaan adalah Ascaris lumbricoides 49,83%, Trichuris trichiura 62,29% dan cacing tambang 32,2.9%. Angka penyembuhan adalah 99,54% untuk Ascaris lumbricoides, 87,56% untuk Trichuris trichiura dan 98,16% untuk cacing tambang. Angka pengurangan jumlah telur adalah 97,97% untuk Ascaris lumbricoides,71,68% untuk Trichuris trichiura dan 62,35% untuk cacing tambang. Terhadap hasil penelitian dilakukan uji Chi Square.

Article Details

Section
Artikel Asli