MERETAS KEBUNTUAN NARASI, LITERASI STORYTELLING UNTUK PRODUKSI KONTEN YANG MEMILIKI IMPACT

Main Article Content

Nigar Pandrianto

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah melahirkan generasi muda, khususnya Gen Z, yang aktif memproduksi dan membagikan konten di media sosial. Namun, sebagian besar dari mereka masih belum memiliki pemahaman memadai mengenai dasar-dasar storytelling yang efektif. Rendahnya wawasan ini menyebabkan konten yang dihasilkan cenderung reaktif,  serta kurang mampu membangun relasi emosional dengan audiens. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMKN 1 Kota Cimahi sebagai respons atas kebutuhan akan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep storytelling dalam produksi konten, baik analog maupun digital. Metode yang digunakan adalah pelatihan interaktif dengan pendekatan experiential learning. Siswa dilibatkan secara aktif dalam diskusi, refleksi pengalaman pribadi, dan praktik pembuatan narasi. Materi pelatihan meliputi pemahaman dasar storytelling, struktur narasi (tokoh, alur, konflik, ending), dan fungsi storytelling dalam membangun konten yang bermakna dan berdampak. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terkait storytelling dan pengaplikasiannya dalam dunia digital. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan literasi media siswa, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan strategis yang relevan untuk menghadapi tantangan industri kreatif. Dengan pelatihan yang sesuai karakteristik Gen Z, storytelling terbukti menjadi alat penting dalam membentuk kompetensi digital dan ekspresi kreatif remaja masa. Hasil ini akan lebih optimal jika dilanjutkan dengan workshop lain yang bersifat contextualized practice dan project-base learning.

Article Details

How to Cite
Pandrianto, N. (2025). MERETAS KEBUNTUAN NARASI, LITERASI STORYTELLING UNTUK PRODUKSI KONTEN YANG MEMILIKI IMPACT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(2), 492–500. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i2.35289
Section
Articles
Author Biography

Nigar Pandrianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

 

Sinta ID: 6662307

References

Alhaq, M. D. U. (2023). Raysportindo’s Instagram storytelling content production strategy in increasing sales in 2022. Symposium of Literature, Culture, and Communication (SYLECTION) 2022, 3(1). https://doi.org/10.12928/sylection.v3i1.14108

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi Digital Storytelling Pada Media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298

Ayala, O. M. M. (2016). The Emergence of Media Platforms that Produce, Showcase,and Curate Brand Contents Through Digital Storytelling. Post(s), 2. https://doi.org/10.18272/posts.v2i1.812

Chand, S. P. (2023). Constructivism in Education: Exploring the Contributions of Piaget, Vygotsky, and Bruner. International Journal of Science and Research (IJSR), 12(7), 274–278. https://doi.org/10.21275/sr23630021800

Crișan, C., & Borțun, D. (2017). Digital Storytelling and Employer Branding. An Exploratory Connection. Management Dynamics in the Knowledge Economy, 5(2). https://doi.org/10.25019/mdke/5.2.06

Dwidienawati, D., & Gandasari, D. (2018). Understanding Indonesia’s generation Z. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.25.17556

Erwin, E., Saununu, S. J., & Rukmana, A. Y. (2023). The Influence of Social Media Influencers on Generation Z Consumer Behavior in Indonesia. West Science Interdisciplinary Studies, 1(10), 1028–1038. https://doi.org/10.58812/wsis.v1i10.317

Ganguli, R., Chandra Padhy, S., Saxena, T., & Gandhi, M. (2022). The Characteristics and Preferences of Gen Z: A Review of Multi-Geography Findings. The IUP Journal of Organizational Behavior, 21(2).

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hussein, B. (2021). Addressing collaboration challenges in project-based learning: The student’s perspective. Education Sciences, 11(8). https://doi.org/10.3390/educsci11080434

Khairifa, F. (2023). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat. KomunikA, 19(01). https://doi.org/10.32734/komunika.v19i01.11118

Lai, Z., & Yu, L. (2021). Research on Digital Marketing Communication Talent Cultivation in the Era of Artificial Intelligence. Journal of Physics: Conference Series, 1757(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1757/1/012040

Mardhiyani, N. L., & Budiastuti, L. (2021). Implementing The Visual Storytelling Model as a Branding Strategy of Kandri Tourism Village on Instagram @desawisatakandri. E3S Web of Conferences, 317. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131702018

Mithas, S., & McFarlan, F. W. (2017). What Is Digital Intelligence? In IT Professional (Vol. 19, Issue 4). https://doi.org/10.1109/MITP.2017.3051329

Nicoli, N., Henriksen, K., Komodromos, M., & Tsagalas, D. (2022). Investigating digital storytelling for the creation of positively engaging digital content. EuroMed Journal of Business, 17(2), 157–173. https://doi.org/10.1108/EMJB-03-2021-0036

Pirus, M. S. M., & Zulqahar, S. Y. (2018). The understanding of sad appeal in emotional advertisement among audiences in Klang valley, Malaysia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 34(4). https://doi.org/10.17576/JKMJC-2018-3404-19

Prasetyawati, A. (2021). Digital Storytelling Kok Bisa?: Mengubah Keberlimpahan Informasi menjadi Konten Edukasi Digital Storytelling Kok Bisa?: Turning Abundance of Information into Educational Content. In Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi (Vol. 22, Issue 2).

Qelhas, M. (2023). Digital Intelligence in The Age of Artificial Intelligence. Proceedings on Engineering Sciences, 5(4). https://doi.org/10.24874/PES05.04.018

Rahman, T., Amalia, A., & Aziz, Z. (2020). From Digital Literacy to Digital Intelligence A Comparative Study of Digital Literacy Frameworks. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 518(ICoSIHESS 2020).

Rubio-Hurtado, M. J., Fuertes-Alpiste, M., Martínez-Olmo, F., & Quintana, J. (2022). Youths’ Posting Practices on Social Media for Digital Storytelling. Journal of New Approaches in Educational Research, 11(1), 97–113. https://doi.org/10.7821/NAER.2022.1.729

Subiyantoro, R. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Interaksi Sosial Melalui Metode Pengajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantup. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(1).

Susanti, I. L. M. A., & Setiawan, G. H. (2019). The Analysis of Violation of Maxim in Conversational Implicature Found in Djarum 76 Advertisement Jin Version. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21266

Uzunboylu, N., Melanthiou, Y., & Papasolomou, I. (2020). Hello Brand, let’s take a selfie. Qualitative Market Research, 23(1), 109–121. https://doi.org/10.1108/QMR-12-2017-0183

Widiastuti, I. A. M. S. (2023). Exploring The Usefullness of Project-Based Learning in Enhancing Students’ Scientific Writing Skill. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13(2). https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7627

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.